Tips dan Cara Merawat Laptop

gambar laptop
Laptop dirakit dengan komponen yang lebih kecil dari perangkat personal komputer sehingga sangat rentan mengalami gangguan kinerja bahkan kerusakan terutama pada bagian hard drive sehingga gadget ini sensitif terhadap perlakuan pengguna dan faktor luar seperti getaran, debu, air dan bahkan udara.

Berikut ini beberapa tips dan cara merawat laptop agar lebih awet dan tahan lama:

Cooling pad (kipas pendingin tambahan)
Cooling pad (kipas pendingin tambahan) adalah perangkat yang diletakkan di bawah laptop, perangkat ini biasanya dibeli terpisah saat anda memiliki laptop baru. Meski secara default terdapat kipas/blower di dalam laptop yang berguna untuk mendinginkan ruangan di dalam laptop, tetapi tetap saja bila anda terlalu lama menggunakan laptop maka seluruh komponen akan menjadi panas sehingga diperlukan pendingin tambahan.

Hati-hati mendownload software dari internet
Jangan mudah untuk mengunduh atau mendownload sofware atau perangkat lunak apapun dari intrernet, karena bisa saja di dalam perangkat lunak tersebut terdapat virus atau m4lware yang dapat merusak kinerja komputer atau akun pribadi anda. Untuk menghindari hal tersebut maka bila akan mengunduh pastikan dari sumber yang jelas dan terpercaya, atau gunakan virus scan andalan anda.

Gunakan hanya software yang berguna
Mungkin anda akan menemukan begitu banyaknya sofware yang menggoda anda untukdiginstal ke komputer, tetapi Saya sarankan janganlah menginstal sofware yang jarang atau tidak akan pernah anda butuhkan karena hal tersebut sia-sia saja bahkan akan menambah berat loading.

Gunakan anti virus yang handal
untuk mencegah penggunaan yang tidak wajar dari akun pribadi atau serangan virus, sebaiknya gunakan antivirus lokal dan anti virus buatan luar yang telah teruji kehandalannya

Bersihkan laptop anda
Jagalah kebersihan laptop anda dari debu dan kuman penyakit dengan cara  membersihkannya dengan kain lembut setiap habis dipakai. Selain itu gunakan juga pelindung layar dan pelindung keypad.

Jauhkan laptop dari perangkat listrik
Jauhkan laptop anda dari alat-alat elektromagnetik seperti misalnya alat pengeras suara, loudspeaker, mesin, handphone, dan sumber getaran lainnya.

Serahkan kerusakan laptop pada yang ahli
Meski anda mengetahui sedikit tentang elektronika, sebaiknya hindari membetulkan sendiri laptop. karena mungkin saja bukan menjadi benar malah laptop akan semakin parah kerusakannya.

Hindari melepas baterai laptop
Usahakan baterai selalu terpasang pada laptop meski anda sedang menggunakan listrik di rumah, jadi apabila terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba maka laptop tidak akan mati tapi tenaganya langsung digantikan oleh baterai yang terpasang.

0 Response to "Tips dan Cara Merawat Laptop "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.