Cara Agar Susu Tidak tumpah Saat Dipanaskan

susu yang dihangatkan dalam panci
Kadang-kadang kita ingin menikmati susu dalam keadaan hangat, dan salah satu cara yang kita lakukan adalah dengan menghangatkannya di dalam panci yang diletakkan di atas kompor.

Mungkin Anda pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan ketika memanaskan susu. Di awal mendidih, hanya terdapat beberapa gelembung di tepinya, tapi begitu Anda mengalihkan pandangan untuk pekerjaan lain, tiba-tiba susu beruap dan menyembur ke luar panci hingga mengotori kompor.

Anda mungkin berpikir susu sama halnya dengan air, ketika mendidih maka cairan akan menguap. Namun, konsentrasi lemak yang tersisa dan protein menyebakan munculnya lapisan tebal di bagian atas panci.

Lapisan hasil konsentrasi ini akhirnya menjadi lebih tebal sehingga uap air yang naik melalui susu tidak dapat tembus dan terjebak. Uap air akhirnya mengumpul dan berusaha menembus dengan cara memberikan dorongan yang lebih kuat sehingga susu tersembur ke luar panci. Sama halnya ketika Anda memasak santan, seperti diulas Thekitchn, Selasa (19/11/2013).

Untuk mencegahnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah mengaduk susu setiap beberapa menit untuk memecah lapisan di atas permukaan susu sehingga memungkinkan uapnya keluar. Pastikan pemanasan terjadi secara merata.

Cara lainnya, dengan meninggalkan sendok bergagang panjang di dalam panci. Pegangan sendok akan menyediakan saluran agar uap dapat keluar ke udara sehingga mencegah susu tersembur ke luar panci. (sumber: Okezone)

Demikianlah Cara Agar Susu Tidak tumpah Saat Dipanaskan, baca juga: "Cara Menjaga Kualitas dan Rasa Susu Cair Saat Dipanaskan"

0 Response to "Cara Agar Susu Tidak tumpah Saat Dipanaskan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.