Cara Mengembalikan & Merubah Warna Jeans Dengan Wantek

Gambar celana jeans
Hampir setiap orang memiliki celana jeans, jenis celana yang tak lekang oleh waktu dan banyak digemari oleh seluruh kalangan ini memang sangat nyaman dipakai dalam berbagai situasi. Tapi dengan berlalunya waktu maka celana jeans kesayangan kita akan pudar/luntur warnanya, tekhnik mewantek (mewenter) jeans adalah salah satu cara perawatan jeans agar terlihat seperti baru. Anda ingin mengembalikan warna jeans atau memberi warna baru pada jeans anda? silahkan coba sendiri di rumah dengan menggunakan 'wantek', mudah dan murah.

Zat pewarna tekstil yang mamanya wantek ini adalah bahan pewarna pakaian yang hampir dapat dipakai untuk segala jenis pakaian baik itu kaos, kemeja, celana jeans dan lain sebagainya.

Kelebihan wantek adalah bahwa terdapat warna pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita serta harganya yang terjangkau, harga terakhir dari wantek ini sekitar 3000an, anda dapat menemuinya ditoko-toko kecil hingga toko besar. untuk lebih jelas mengenai cara mewarnai jeans ini silahkan ikuti tahapan-tahapannya di bawah ini.


Peralatan yang diperlukan:
  1. Panci berukuran sedang.
  2. Alat pengaduk, bisa dengan kayu atau alat pengaduk lain yang tahan panas
  3. Kompor

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  1. Celana jeans. 
  2. Wantek, warna dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  3. Pelindung tangan, dapat menggunakan Sarung tangan dari plastik atau karet untuk melindungi tangan Anda dari wantek. 

Tahap pembuatan:
  1. Masukkan  3 liter air bersih ke dalam panci (seperti aturan pada kemasan wantek), kemudian nyalakan komnpor, lalu tunggu hingga air di atas panci mendidih.
  2. Masukkan satu bungkus wantek ke dalamnya, lalu aduk hingga warnanya merata.
  3. Masukkan celana jeans yang igin diberi warna ke dalam panci.
  4. Celup-celupkan jeans menggunakan kayu pengaduk selama 15-30  menit agar warna wantek meresap ke seluruh serat jeans, apabila selama pengadukan/pencelupan ini air menjadi berkurang maka dapat ditambahkan air sedikit demi sedikit.
  5. Setelah wantek terserap jeans, matikan kompor lalu  angkat jeans dari panci lalu diamkan sebentar sampai air beserta jeans menjadi dingin.
  6. Sebelum dijemur cucilah jeans hanya dengan air bersih biasa, hal ini untuk menghilangkan kotoran dari hasil proses pencelupan.
  7. Jemurlah jeans yang sudah dicelup diruangan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, hal ini mencegah pudarnya warna jeans. dan diamkan jeans kering secara alami.
  8. Setelah kering, jeans dapat disetrika untuk kemudian dipakai.

Untuk menghasilkan warna jeans yang sesuai dengan selera, dibutuhkan pengalaman beberapa kali percobaan, yaitu jumlah bungkus wantek yang ditambahkan saat proses pengadukan/pencelupaan, cara-cara di atas dapat diterapkan pada jenis pakaian lain seperti kaus, kemeja, celana berbahan katun, dan lain-lain.

Hati-hati untuk mencelup bahan sutra, silk, brookat. karena bahan ini sangat sensitif terhadap panas sehingga mudah rusak saat proses pengadukan dan pencelupan.

15 Responses to "Cara Mengembalikan & Merubah Warna Jeans Dengan Wantek"

  1. Agar warna tidak luntur setelah pencucian dengan ditergen gmn caranya

    ReplyDelete
  2. Kalo saya pernah coba di celana biasa ko setelah proses pencelupan bahan nya jadi kusut meskipun sudah di setrika,itu kenapa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bahan yang anda pakai untuk dicelup tidak tahan panas saat pencelupan.

      Delete
  3. Kak, saya baru sekali pake celana denim warna Putih
    terus saya rendam pake Pemutih proclin
    eh setelah 1menit saya baru nyadar kalau celana berubah menjadi warna Kuning kecokelatan (dekil)

    Mau ngembaliin jadi warna Putih bersih lagi bisa gak ya? Kalau bisa, apakah ada wantek warna Putih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk wantek, sejauh pengetahuan saya tidak ada untuk warna putih.

      Delete
    2. Massm,saya punya celana panjang,tetapi bukan berbahan jenas,bahkan ada berbahan karet,apakah bisa di ganti warna dengan sempurna mas?

      Delete
  4. kak,kasus saya sama kaya ka lave nia. klo kya gtu buat ngembaliin warna putihnya harus gmna?

    ReplyDelete
  5. Bos adakah alat wantek modern? Ini rencana mau bikin usaha

    ReplyDelete
  6. Selain wantek ada lagi ga cara lain? Pengennya warna indigo soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa menggunakan tumbuhan Tarum (dari bahasa Sunda), nila, atau indigo (Indigofera, suku polong-polongan atau Fabaceae), Orang Jawa menyebutnya sebagai tom. Tarum digunakan untuk berbagai jenis tumbuhan penghasil warna biru, kebanyakan dari marga Indigofera. Tarum yang sejati adalah I. tinctoria. Warna biru indigo diperoleh dari rendaman daun (dalam jumlah banyak). Akar tarum atau tarum areuy yang juga sering dipakai orang adalah Marsdenia tinctoria.

      Warna biru dihasilkan dari perendaman daun selama semalam. Setelah semalam akan terbentuk lapisan di atas yang berwarna hijau atau biru. Cairan ini lalu direbus, lalu dijemur hingga kering. (Wikipedia)

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.