TIPS MERAWAT BANTAL GULING

Perlengkapan tidur yang akan kita bahas kali ini paling sering kita gunakan di setiap malam bahkan sebagian orang menggunakannya pada siang hari, oleh karena itu keringat pun banyak menempel dan mengakibatkan bau yang tidak sedap padahal dengan perawatan yang benar maka bantal dan guling terjaga kebersihannya yang nantinya akan berpengaruh pada kualitas tidur kita, bagaimana tidur klita akan nyenyak kalau di tempat tidur terc1um bau apak. Oleh karena itu saya berpikir untuk berbagi tips dalam hal perawatannya. berikut uraiannya:

  1. Gunakan kain pembungkus bantal atau guling dari bahan katun agar mudah menyerap keringat.
  2. Pakailah hanya untuk kebutuhan tidur anda,jangan dipakai alas duduk, dan jangan sampai dipakai mainan anak-anak karena akan menghancurkan busa/kapuk di dalamnya sehingga bantal dan guling menjadi tipis/mengecil.
  3. Untuk menghilangkan lembab,bau,dan tungau atau hewan kecil lainnya penyebab penyakit jemurlah minimal dua minggu sekali dibawah terik sinar matahari (sinar matahari mengandung ultra violet yang dapat menghilangkan bibit penyakit). Saat dijemur harus sering dibolak-balik agar sinar matahari merata ke seluruh permukaannya lalu dipuk*l-p*kul memakai pem*kul khusus yang terbuat dari rotan atau memakai sapulidi (yang bersih) untuk menghilangkan debu yang menempel. Bila anda mempunyai vacuum cleaner pakailah untuk membersihkan permukannya agar kutu atau tungau benar-benar terangkat dari serat kain.
  4. Cuci dan gantilah kain pembungkus seminggu sekali.
  5. Bila basah terkena cairan segeralah dijemur sampai kering.
  6. Bila bantal dan guling yang terbuat dari kapuk terendam air maka untuk mengeringkannya tidak cukup hganya dengan dijemur langsung tapi anda harus melepaskankain pelindung kapuk dan mengeluarkan kapuknya dan ditebar diatas tampah atau permukaan yang datar/rata lalu dijemur di bawah terik sinar matahari langsung sampai benar-benar kering, setelah kering kapuk dimasukkan ladi ke kain pelindungnya.
  7. Untuk yang berbahan dasar busa harus diperas atau dispin pakai mesin cuci baru setelah itu bisa dijemur.

Post a Comment for "TIPS MERAWAT BANTAL GULING"