TIPS AMAN MEMAKAI ALAT ELEKTRONIK DI RUMAH

Alat elekrtonik yang kita miliki di rumah memiliki beberapa manfaat yang baik seperti meringankan dan mempercepat pekerjaan di rumah ataupun sebagai alat hiburan. Namun semua manfaat itu harus diikuti dengan pengetahuan kita tentang sifat dari alat elektronik tersebut agar aman bagi kita. Berikut ini saya rangkum beberapa tips aman yang umum untuk pemakaian semua jenis alat elektronik di rumah:


1.Pastikan anda pahan betul semua aturan buku panduan dari alat elektronik yang anda gunakan baik itu cara pakai atau perawatannya.

2. Pastikan kemampuan Voltase alat elektronik anda sama dengan voltase di rumah, biasanya terdapat sakelar pemilih voltase yang ada di bagian belakang badan alat.

3. Sebelum memasukkan steker(colokan) ke stop kontak matikanlah tombol/sakelar power yaitu di posisi "OFF".

4. Jauhkan kabel penghubung listrik dari sumber panas, terrselip/terjepit badan alat atau benda lain yang berat, atau menempel dengan posisi tegang pada sudut yang tajam/runcing.

5. Untuk alat elektronik yang tidak berubah posisi seperti Mesin pompa air listrik, mesin cuci dan lemari es harus sering dilihat kabel penghubung ke stop kontak, karena kabel yang diam dan tersembunyi akan mudah rapuh dan putus digigit tikus, bila ada kabel yang terkelupas tapi masih nyanbung segeralah dibungkus dengan isolasi khusus kabel listrik agar terhindar dari bahaya kesetrum atau hubungan pendek/konsleting.

6. Untuk alat elektronik yang menggunakan daya listrik besar contohnya: mesin pompa air listrik, mesin cuci, dan lemari es maka pada stop kontak yang terpasang steker dari alat elektronik tersebut harus dipasang kabel grounding yang terhubung ke tanah/bumi, karena stopkontak tersebut rentan terjadi percikan bunga api kecil yang mengakibatkan panas di sekitar stopkontak bahkan sampai terbakar, kabel grounding yang terhubung ke bumi akan menetralisir arus liar yang menjadi penyebab percikan bunga api di stop kontak juga menghindari kita dari tersengat aliran listrik.

7. setelah selesai menggunakan alat matikanlah dengan menekan tonbol/sakelar power ke posisi "OFF" lalu cabut steker dari stop kontak, jangan pernah mencabut kabel penghubung dengan memegang kabelnya karena akan mengakibatkan putusnya kabel penghubung ke steker tapi peganglah stekernya lalu cabut dari stop kontak.

8. Pastikan tangan anda kering dan memakai alas kaki kering saat menggunakan alat elektronik untuk menncegah dari bahaya tersengat aliran listrik.

9. Simpanlah alat elektronik anda pada tempat-tempat yang aman dari bahaya tersandung, dipakai mainan anak-anak, dan dirusak hewan peliharaan atau hewan pengerat seperti tikus.

10. Bersihkanlah selalu alat elektronik anda dengan alat pembersih yang aman bagi mahluk hidup dan tidak merusak alat.

11. Pergunakanlah alat elektronik anda secara bijaksana dengan melihat efisiensi waktu,listrik dan tenaga.

12. Bila ada kerusakkan segeralah perbaiki sendiri (bila anda mampu), tapi bila anda kurang paham lebih baik diserahkan kepada yang ahli yaitu tukang serpis berpengalaman yang sudah terbiasa memperbaiki dan mampu di bidangnya.

0 Response to "TIPS AMAN MEMAKAI ALAT ELEKTRONIK DI RUMAH"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.