TIPS MEMBERSIHKAN KOMPOR GAS AGAR TERLIHAT BARU

Hal-hal yang diakibatkan oleh kurangnya perawatan pada kompor gas:
  • Permukaan kompor terlihat kotor.
  • Nyala api kurang maksimal karena tersumbatnya lubang tempat keluarnya api oleh jelaga/kotoran.
  • Warna api menjadi merah akibat ikut terbakarnya jelaga/kotoran yang menempel pada lubang tempat keluarnya api sehinggga akan terlihat asap hitam dan terc1um bau gosong.
  • Pemakaian gas menjadi boros karena nyala api yang tersumbat.

Cara membersihkan kompor:

Gambar1
1. Lepaskan dudukan alat masak dari kompor seperti terlihat pada gambar1 kemudian bersihkan kotoran yang menempel pada dudukan alat masak tersebut dengan lap basah yang telah dicelupkan ke dalam air yang telah bercampur sabun cuci piring bila perlu sikat sampai bersih dan dibilas. keringkan dengan kain lap atau dijemur dibawah sinar matahari. 
Gambar2







2. Lepaskan besi tempat keluarnya api (bentuknya bundar dan pinggirannya bergigi) (Gambar2) lalu bersihkan seperti poin 2.






Gambar3






Gambar4
3. Lepaskanlah bagian kompor yang berfungsi menyalurkan gas dari pemantik ke besi tempat keluarnya api(Gambar3), cara melepasnya adalah dengan melepaskan pengunci yang terbuat dari kawat, setelah itu angkatlah bagian penyalur tadi ke atas dan ditarik ke arah belakang kompor. cara membersihkannya dengan spon lembut yang diberi cairan cuka dapur, boleh juga dengan sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon. lalu semprot dengan air ke dalam kedua lobang yang ada di masing masing ujungnya agar kotoran yang ada di dalam ikut terangkat.


4. Pasang kembali semua komponen kompor seperti semula. coba nyalakan, sekarang nyala kompor anda menjadi sempurna dan terlihat bersih seperti baru.

5. Bersihkanlah badan kompor dengan lap kering untuk membersihkan kotoran yang tebal kemudian bersihkan dengan lap lembab yang telah diberi cairan cuka dapur, boleh juga dengan sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon agar lemak dan sisa minyak terangkat.

1 Response to "TIPS MEMBERSIHKAN KOMPOR GAS AGAR TERLIHAT BARU"

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.