27 December 2012

CARA MENYAMBUNG KABEL LISTRIK UNTUK SAKELAR+STOP KONTAK+LAMPU

Gambar sakelar stopkontak tembok
Gambar stopkontak+sakelar
Artikel ini membahas tentang cara  memasang saklar yang bersatu dengan stopkontak(seperti gambar) yang biasa dipasang/ditanam di dinding tembok. Jumlah kabel yang masuk sebanyak tiga buah yakni: kabel negatip, kabel positip bermuatan listrik/fasa bersumber dari listrik pusat dan kabel untuk disambungkan ke fitting lampu. sebelum membaca lebih lanjut sebaiknya anda ketahui dulu beberapa kata-kata penting ini:

  • Saklar, berfungsi menyambung dan memutus arus listrik sehingga apabila saklar dipasang sebelum lampu maka kita dapat mengontrol hidup dan matinya lampu tersebut.
  • Stopkontak, adalah lubang colokan tempat masuknya steker dari alat elektronik, umumnya terdapat dua lubang.
  • Fitting lampu: tempat/dudukan/mangkuk lampu, cara memasang lampu ke fitting umumnya diputar searah jarum jam.
  • Tespen: alat untuk menguji apakah suatu kabel listrik mengandung setrum atau tidak, terdapat lampu indikator yang akan menyala bila ujung tespen ditempelkan pada kabel yang mengandung setrum.
  • MCB: alat pemutus atau penyambung listrik bila terjadi konslet atau kelebihan daya. umumnya letaknya berdekatan dengan meteran listrik.
  • Jumper, cara menyambung dua buah jalur secara langsung, biasanya menggunakan kabel.
  • Klem, alat untuk menjepit kabel ke kayu/flafon agar kabel terlihat rapi dan kuat tidak berubah posisi.
Untuk lebih jelasnya tentang pemasangan ini, silahkan dibaca uraiannya di bawah ini,

Peralatan:
  • Obeng plus
  • Obeng minus
  • Tang buaya/tang monyong(yang dapat memotong kabel)
  • Tespen
  • Pisau cutter
Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Saklar yang bersatu dengan stop kontak/lubang colokan, satu buah.
  • Fitting lampu, satu buah.
  • Kabel NYM ukuran 2X1,5mm. panjang secukupnya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • klem kabel no.10, satu bungkus.
  • Isolasi khusus untuk kabel listrik.
gambar rangkaian instalasi listrik saklar + stopkontak
Gambar rangkaian instalasi listrik stopkontak+sakelar+lampu

Cara memasang:
  1. Matikan listrik di rumah anda dengan memindahkan posisi sakelar MCB dari ON (1) ke OFF (0).
  2. Sambungkan(jumper) salah satu terminal sakelar dengan salah satu terminal stopkontak memakai kabel pendek.
  3. Sambungkan kabel pendek (pada poin2) memakai kabel hitam ke kabel positip jalur utama instalasi listrik(biasanya berwarna hitam dan bila diuji pakai tespen dan listrik sedang mengalir maka tespennya akan menyala).
  4. Sambungkan terminal stopkontak yang satunya ke kabel negatip jalur utama instalasi listrik.
  5. Sambungkan terminal sakelar yang belum disambung ke mana-mana ke salah satu terminal fitting lampu.
  6. Sambungkan terminal fitting lampu yang belum disambung, ke kabel negatip jalur utama instalasi listrik(biasanya berwarna biru).
  7. jangan lupa untuk mengisolasi setiap sambungan kabel dan memasang klem kabel dengan jarak antar klem 50cm agar kabel menjadi kokoh dan rapi.

Artikel terkait:

8 komentar:

  1. bang kalo dari atas nya 2 kabel bukan bekas stop kontak ajah bisa gak buat bikin stopkontak dan colokan itu bekerja soalnya saya kemaren bikin kalo di matiin lapunya baru bisa nyala yang colokannnya gmana solusinya

    ReplyDelete
  2. mohon diperjelas pertanyaannya, stopkontak adalah lubang tempat masukknya steker, sedangkan saklar adalah untuk menyalakan dan mematikan lampu, kalo colokan=stopkontak.

    ReplyDelete
  3. mas kalo cara masang saklar merk 'broco' gimana ya? pusing soalnya. di belakang nya ada tombol merah 2 trus putih 2. biasa nya saklar2 laen pada pake baut. mohon ya mas penjelasannya,
    ditunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara pasangnya tinggal menggabungkan kedua buah tombol yang warnanya sama (menjadi induk) kemudian sambungkan ke kabel utama yang positif(setrum) , sedangkan sisanya yang tidak disambung ke mana-mana sambungkan ke fitting lampu.

      untuk memasangkan kabel cukup ditekan dan tahan tombol yang berwarna putih atau merah lalu masukkan kabel yang telah dikupas ke lubang yang ada di pinggir tombol tersebut lalu lepaskan lagi tekanan pada tombol, dengan demikian kabel akan terjepit secara otomatis

      untuk lebih jelasnya lihat saja postingan saya yang lain mengenai cara memasang kabel untuk saklar dua lampu lengkap dengan gambar nyata yakni http://perawatanrtdonto.blogspot.com/2012/12/menyambungmerangkaimemasang-kabel.html

      Delete
  4. mohon info, jika saya mau membuat staker baru di dlm kamar sedangkan sudah ada staker, tetati saya mau ambul listriknya dri staker yang sudah ada apakah bisa?? ato saya harus tarik kabel lagi dari MCB?? caranya gmn??
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngak usah tarik kabel dari mcb, langsung aja sambun ke steker yang ada, kabelnya yang satu positif(setrum/tes dulu pake tespen) dan yang satu lagi negatip. jangan lupa matikan listrik sebelum nyambung kabel.

      Delete
  5. mas, kalo saya malah lampunya nyala kalo stop kontaknya dicolokin tapi alat elektronik yg dicolokin nggak nyala, kalo nggak dicolok lampu nggak nyala. itu gimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada kesalahan pada pemasangan jalur kabel menuju stopkontak. coba diperiksa lai.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic