Rangkaian Kabel Dispenser Air Panas - Normal (dingin) Miyako

Dispenser Air Panas - Normal (dingin)
Rangkaian Kabel Dispenser Air Panas - Normal (dingin) Merek Miyako
Gambar di atas memperlihatkan skema atau rangkaian perkabelan yang umumnya terdapat pada Dispenser air mineral. Gambar ini Saya buat seperti yang terlihat pada dispenser air panas dingin merek Miyako.

Cara kerja seluruh komponen elektronik pada dispenser air:
  1. Listrik dari Stopkontak akan mengalir melalui kabel steker. Satu kabel dari steker (kabel warna coklat) akan terhubung ke salah satu kaki sakelar.
  2. Sementara satu kabel lain dari steker (kabel warna biru) akan terhubung ke salah satu terminal elemen pemanas/heater dan PCB lampu Indikator (kabel warna hitam)
  3. Listrik dari steker (kabel warna coklat) akan melalu saklar untuk diputus atau disambungkan (secara manual) ke thermostat dan PCB lampu Indikator (kabel warna coklat).
  4. Kabel lain dari thermostat (kabel warna merah) akan terhubung ke heater dan PCB lampu Indikator (kabel warna merah).  
  5. Di thermostat, listrik akan diputus atau disambungkan (secara otomatis). Saat air dalam tabung (yang terdapat heater) dalam keadaan dingin, maka thermostat dalam keadaan terhubung/0n, dan lampu indikator menyala. 
  6. Setelah air dalam tabung mengalami pemanasan dengan suhu tertentu yang sesuai dengan kemampuan thermostat, maka thermostat akan memutus/off arus lustrik menuju heater, dan lampun indikator mati. Dan bila air mengalami penurunan suhu lagi, maka thermostat akan terhubung kembali untuk mengalirkan listrik menuju heater. Begitulah seterusnya.

5 comments for "Rangkaian Kabel Dispenser Air Panas - Normal (dingin) Miyako"

  1. Permisi, ane mau nanya, dispenser ane saklarny rusak tombolnya, cara nyambungin langsung gimana yaa..
    Jdi ga perlu pake tombol on off lg, jdi pakenya langsung colokan gitu, klo mau manasin colok, klo udahan cabut.
    Cara nyambungin langsung gimana ya bang. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. cabut saja saklar om/off yang ada di belakang dispenser, caranya bagian pinggir saklar ditusuk pake obeng minus. kemudian potong kedua kabel yangnyambung ke saklar tersebut. Kupas kabel, lalu sambungkan keduanya, jangan lupa diisolasi.

      Delete
  2. Permisi numpang nanya + belajar dikit.
    Cara nyambungin langsung kabel pemanas gimana ya bang, tanpa harus pake tombol lagi.. Jdi klo mau manasin air colok, klo udh cabut. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. cabut saja saklar om/off yang ada di belakang dispenser, caranya bagian pinggir saklar ditusuk pake obeng minus. kemudian potong kedua kabel yangnyambung ke saklar tersebut. Kupas kabel, lalu sambungkan keduanya, jangan lupa diisolasi.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.