Cara Memasang Tangki Air Penguin

Untuk anda yang sedang pasang tangki air/toren/tandon air di rumah sebaiknya mengikuti tata cara yang benar sesuai Panduan pemasangan instalasi dari sumber yang tepat, seperti yang akan Saya jelaskan di bawah yang dilansir dari PENGUIN.

Perlu diketahui bahwa Setiap 1000 liter air memiliki berat 1 ton, sehingga sangat penting dalam mempertimbangkan pembuatan pondasi yang mampu menahan berat keseluruhan tangki. Pondasi yang dibuat dengan baik dan benar sangat penting untuk semua tangki air.

Petunjuk penempatan tangki

1. Tempat peletakan tangki :
    -Tower yang terbuat dari kerangka besi (tidak memilikit celah pada alas dudukan tangki).
     Tower yang terbuat dari beton bertulang
    -Dak dari beton bertulang
    -Lantai dasar dibuat dari beton bertulang atau pasangan batu bata
2. Pondasi untuk alas tangki harus bersih, datar, rapat dan rata (usahakan diatur dengan waterpass)
3.Tempat untuk membuat pondasi harus dalam kondisi padat dan stabil
4. Lebar pondasi harus lebih besar daripada diameter tangki.
5. Usahakan untuk tidak menempatkan tangki air di atas instalasi pipa dan/atau kabel tertimbun (untuk memudahkan bila suatu saat pipa atau kabel tersebut akan diservis atau perawatan rutin).
6. Tenpat yang akn dipasang tangki sebaiknya terbebas dari lalu lintas atau mobilitas sehingga seluruh peralatan yang berhubungan dengan tangki aman dari gangguan.
7. Hindari memasang tangki air di atas struktur bawah tanah seperti gudang, tangki septik, saluran limbah, dll
General Tank tidak dirancang untuk instalasi bawah tanah. Maka tidak dapat dipendam sepenuhnya / sebagian
Permukaan Dudukan/Pondasi (Klik gambar untuk memperbesar)

Dudukan/Pondasi yang benar
Dudukan/Pondasi yang salah
Batas toleransi untuk elastisitas pemuaian/ penyusutan yang dimiliki Tangki Polyethylene adalah 3% dari dimensi tangki. Semua sambungan tangki harus memiliki ketentuan yang memungkinkan pergerakan saat tangki memuai/ menyusut karena perubahan suhu dan beban.

Pemasangan tangki - pompa
  1. Gunakan pompa sesuai dengan tekanan yang dibutuhkan.
  2. Pompa diletakkan ditempat yang mudah untuk diperiksa jika terjadi masalah.
  3. Tempatkan pompa sedekat mungkin dengan sumber air, karena dengan memperkecil jarak pipa hisap (suction) akan menambah daya pipa dorong (discharge).
  4. Pemasangan pompa tidak boleh langsung atau dekat dengan outlet tangki.
  5. Gunakan koneksi fleksibel untuk melindungi dinding tangki dari getaran pompa. Lihat gambar
  6. Pompa harus diikat (dibaut) kuat pada dudukan, untuk menghindari pergerakan dan getaran pompa saat sedang beroperasi.
  7. Kurangi jumlah tikungan dalam sambungan pipa untuk mencegah kebocoran dalam instalasi pipa dan meminimalkan hambatan tenaga.
  8. Pasang Saringan Pasir (strainer) untuk sumber air yang mudah terhisap kotoran.
Instalasi Pompa

Instalasi Pompa yang benar


Instalasi Pompa yang salah
Sumber artikel dan gambar dari PENGUIN

2 Responses to "Cara Memasang Tangki Air Penguin "

  1. Salam kenal, saya berencana ingin mendirikan sebuah menara air yang akan saya fungsikan untuk kebutuhan rumah tangga. Sebelum menera tersebut saya dirikan melalui coretan saya ini mohon petunjuk yang sekiranya nanti menara yang saya dirikan menjadi efektif dan hemat biaya. Sebagai bahan pertimbangan air tersebut rencananya akan digunakan untuk water heater gas, mesin cuci bukaansamping dan beberapa kran di dapur dan kamar mandi. saya sudah memiliki tandon dengan kapasitas 2500 liter. Agar aliran air dari tandon mampu menghasilkan tekanan diatas 0,25 kg/cm atau lebih sebagaimana disyaratkan pada buku panduan mesin pemanas air, kira-kira berapa ketinggian minimal menara yang mesti saya dirikan? serta mana lebih bagus menggunakan beton apa rangka baja? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.