Kesalahan yang Harus dihindari saat menggunakan Kamar Mandi

Kamar Mandi
Diantara kita mungkin pernah melakukan hal-hal yang tanpa disengaja ternyata meruguikan kesehatan kita, mungkin salah satu kegiatan tersebut dilakukan dimaksudkan untuk kebersihan saat keluar kamar mandi namun malah menambah kotor atau bahkan membawa kuman-kuman dari kamar mandi ke ruangan lain yang ada di penjuru rumah.

Seperti dilansir Huffingtonpost, berikut ini beberapa kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan di kamar mandi berikut cara atau saran mengatasinya:

1. Kebanyakan pakai shampo

Menurut ahli Dermatologi, Dr Zoe Draelos, kulit kepala memproduksi minyak alami yang berfungsi sebagai hair conditioner. Namun bila seseorang menggunakan terlalu banyak shampo, akibatnya minyak-minyak alami itu akan luruh. Namun bila pekerjaan Anda menyebabkan banyak kotoran menempel di tubuh atau kelebihan minyak di kulit kepala maka pemakaian sampo diperbolehkan.

Saran - hindari keramas bila rambut tidak terlalu kotor. Namun bila terpaksa melakukannya karena produksi minyak rambut berlebih boleh saja asal jangan berlebihan.

2. Menggunakan satu spons untuk macam-macam keperluan

Mungkin diantara kita banyak yang memakai satu spons untuk beberapa hal seperti membersihkan shower, cermin di kamar mandi, toilet dan bathtub. Hal tersebut sebaiknya dihindari karena sama saja memindahkan kuman dari satu tempat ke tempat lain.

Cara mengatasi - Pastikan Anda memiliki beberapa spon untuk pemakaian yang berbeda-beda. Selain itu sering-seringlah membersihkan spon setelah dipakai.

3. Cara duduk di toilet yang salah

Ternyata menurut buku standar kedokteran bernama Bockus's Gastroenterology, postur ideal untuk buang air besar adalah jongkok, dengan kedua paha tepat berada di depan perut.

Sebuah studi dari Jepang pun setuju hal ini dengan mengatakan bahwa partisipan yang jongkok saat BAB otot kakinya tidak begitu tegang dan tekanan pada perutnya juga lebih kecil. Studi lain juga mengatakan mereka yang jongkok saat BAB dapat menggerakkan ususnya 79 detik lebih cepat daripada yang duduk. Untung saja masih banyak orang indonesia yang BAB dengan cara jongkok.

Saran: gunakanlah toilet yang khusus untuk jongkok, kecuali di rumah anda ada orang tua yang sudah uzur sehingga kesulitan bila BAB menggunakan toilet jongkok.

4. Cebok pakai tisu

Cara Cebok pakai tisu sering dilakukan oleh orang-orang di Barat yang kadang-kadang mengakibatkan iritasi dan tidak nyaman pada pantat. Sebaiknya menyiram dengan air atau menggunakan tisu basah yang bisa langsung dibuang sehingga akan membuat pantat terasa nyaman dan tidak meradang.

Saran: siapkanlah selalu di kamar mandi tisu basah, tempat air atau selang penyemprot air yang biasa terdapat pada set toilet. Atau bawalah selalu tisu basah ke manapun anda pergi untuk jaga-jaga bila anda akan BAB di tempat lain.

5. Memakai zat kimia untuk bersih-bersih

Untuk membunuh bakteri penyebab infeksi dan penyakit biasanya kita menggunakn zat kimia untuk menguras bak dan menyikat lantai kamar mandi. Namun ternyata sejumlah produk pembersih justru berbahaya bagi kesehatan orang yang menggunakannya.

Saran: Hindari penggunaan zat kimia,cobalah membuat pembersih sendiri  dengan memanfaatkan buah-buahan. Misalkan anggur yang dibelah dua dan dicampur dengan garam adalah pembersih bak yang efektif, sedangkan lemon separuh juga mampu menghilangkan noda air di bak. Baunya juga tentu lebih menyegarkan.

0 Response to "Kesalahan yang Harus dihindari saat menggunakan Kamar Mandi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.