Tips Membersihkan Lampu Kristal

Lampu Kristal
Lampu kristal yang tergantung di dalam rumah merupakan aksesoris yang membuat bagian ruangan rumah menjadi lebih inda. Keunikan jenis dari lampu kristal adalah cahaya lampu yang dihasilkan menjadikan suasana terasa berbeda dibanding menggunakan lampu biasa.

Perawatan yang benar perlu dilakukan mengingat material dan bentuk desain lampu yang beragam yang berbeda dengan jenis lampu lainnya. Untuk menjaga agar cahaya lampu kristal dapat terjaga kualitasnya maka diperlukan perawatan agar tidak ada materi yang dapat menutupi lapisan terluar dari lampu, seperti yang dijelaskan berikut ini.

Sebelum melakukan aktifitas pembersihan pastikan anda telah memutuskan arus listrik yang tersambung ke lampu kristal, hal ini dilakukan untuk menghindari Anda tersengat setrum saat melepaskan lampu dari dudukannya. Atau untuk lebih amannya matikan listrik di rumah dengan meng "OFF"-kan MCB.

Cara membersihkan lampu kristal

Bahan-bahan yang diperlukan:
1. Pisahkan bagian-bagian lampu kristal. Namun sebelumnya lepaskan dulu lampu kristal dari pengait gantungannya.

2. Siapkan satu ember air lalu tambahkan 250 gram detergen. masukkan bagian lampu ke dalam air tersebut kemudian diamkan selama satu malam. Setelah direndam maka air akan berwarna hitam, buanglah alir lalu lakukan perendaman berulang sampai mendapati air rendaman menjadi jernih yang menunjukkan kalau kotoran yang menempel sudah luruh.

3. Ambillah beberapa lembar kertas koran lalu letakkan di atas sebuah meja yang datar, letakkan lampu kristal diatasnya dan diamkan kristal kering dengan sendirinya dan jangan dilap.

4. Selanjutnya bersihkan bagian rangka
Untuk rangka yang terbuat dari bahan perak atau stainless steel - Siapkan air hangat sebanyak setengah ember kemudian tambahkan satu sendok makan baking soda dan satu sendok makan garam ke dalam air tersebut. Rendamlah rangka lampu selama semalam. Setelah direndam semalam diangkat dan diangin-anginkan sampai kering.

Untuk rangka yang terbuat dari bahan krom - campurkan detergen 250 gram ke dalam satu ember air lalu masukkan rangka ke dalamnya. Rendam rangka selama satu malam. Setelah bersih, kemudian dilap dan dikeringkan menggunakan lap berserat tinggi misalnya dengan lap Chamois sampai benar-benar kering.

6. Untuk menghilangkan karat pada rangka gunakan ampelas nomor nol.  Atau anda bisa juga menggunakan cairan pembersih keramik untuk menghilangkan karat. Kemudian setelah karat hilang rendam rangka dalam air hangat. Kemudian lap rangka sampai kering.

7. Setelah lampu dan rangka selesai dibersihkan, rangkailah kembali lampu kristal seperti semula.

Dalam membersihkan lampu kristal tak perlu setiap hari, Anda dapat melakukan perawatan sebulan sekali atau saat lampu terlihat kotor. 

0 Response to "Tips Membersihkan Lampu Kristal"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.