Home » , , » CARA MERAWAT KULKAS/LEMARI ES AGAR AWET, BERSIH & TIDAK BAU

CARA MERAWAT KULKAS/LEMARI ES AGAR AWET, BERSIH & TIDAK BAU

Kulkas atau lemari es adalah salah satu alat elektronik yang berguna untuk mendinginkan bahan makanan atau bahan minuman agar segar saat akan digunakan, selain itu penempatan bahan makanan dan minuman di dalam kulkas akan menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang akan menampah awet bahan makanan tersebut, semua keuntungan yang didapat bila kita memasukkan bahan makanan atau bahan minuman ke dalam kulkas tidak akan kita raih bila kulkas yang kita miliki kurang mendapat perawatan sehingga akan berpengaruh pada kualitas kulkas. maka dari itulah di sini Saya sekedar membagi pengalaman saya saat memilikai kulkas di rumah.

  1. Aturlah tombol pengatur suhu yang berada di dalam kulkas, bila sedang membekukan air ke dalam frezer maka aturlah putaran suhu agar berada pada posisi high, bila es di freezer sudah jadi maka tombol pengatur suhu dapat dikembalikan lagi ke posisi normal.
  2. Selain membuat es, tombol pengatur suhu dapat pula diputar pada posisi high bila di dalam kulkas banyak sekali bahan makanan atau bahan minuman tersimpan karena dengan semakin banyaknya bahan makanan di dalam kulkas makan diperlukan suhu yang minimum agar dingin dapat merata ke seluruh area kulkas.
  3. Bagian paling atas dari lemari es adalah freezer maka dari itu pergunakanlah freezer khusus untuk membekukan saja, dan jangan menyimpan bahan makanan lainnya atau minuman botol dan minuman kaleng.
  4. Rak yang berada tepat di bawah freezer adalah tempat untuk menyimpan bahan makanan seperti ikan dan daging, sebelum daging atau ikan diletakkan di rak, maka bungkuslah bahan makanan tersebut dengan plastik atau wadah tertutup untuk mencegah menyebarnya bau dari bahan makanan tersebut.
  5. Setelah rak daging maka bagian rak yang berada di bagian tengah adalah tempat untuk menyimpan bahan makanan lainnya, 
  6. Rak yang berada di urutan paling bawah adalah tempat untuk menyimpan sayuran atau buah-buahan, bentuk dari rak ini umumnya berbentuk kotak dengan penutup kaca di atasnya.
  7. pada bagian pintu yang berada di dalam  terdapat rak kecil yang berada tepat di urutan paling atas, rak ini berguna untuk menyimpan telur, hal ini dapat dicirikan dengan bentuk rang yang berbentuk setengah lingkaran sehingga saat telur diletakkan di atasnya tidak akan bergerak sehingga mencegah telur untuk terjatuh dan pecah.
  8. Di bawah rak tempat menyimpan telur terdapat dua rak yang berfungsi untuk menyimpan minuman kaleng atau minuman botol berukuran kecil
  9. Rak yang berada di urutan paling bawah pintu adalah tempat untuk menyimpan botol minuman yang berukuran besar.
  10. Pastikan anda selalu melihat ke belakanng kulkas untuk membersihkan bak penampungan air
  11. Aturlah jarak kulkas dan tembok minimal 30cm untuk mencegah jamur tumbuh di belakang kulkas.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.