CARA SEDERHANA MEMPERBAIKI SETRIKA LSTRIK

Setrika sudah menjadi bagian kebutuhan hidup manusia di jaman sekarang, karena kegunaannya yang dapat merapihkan pakaian sangatlah diperlukan, coba bayangkan bila pada jaman sekarang tidak ada alat untuk merapikan pakaian yang berupa setrika mungkin penampilan kita akan kurang nyaman karena pakaian yang kita pakai kusut tak teratur. Dengan demikian maka keberadaan setrika yang siap pakai haruslah menjadi prioritas kita, jangan sampai pada saat kita akan menggunakannya ternyata setrika kita rusak, oleh karena itu       perbaikilah setrika yang rusak sesegera mungkin, apabia anda malas untuik membawanya ke tempat serpis maka tidak ada salahnya untuk memperbaiki sendiri setrika listrik di rumah, selain mengirit biaya juga akan menambah pengetahuan kita tentang setrika, tanpa harus mengikuti kursus elektronikapun sebenarnya untuk memperbaiki setrika tidaklah sulit selama ada kemauan yang kuat dan waktu luang maka masalah pada setrika kitapun dapat teratasi. Untuk membantu anda yang ingin belajar memperbaiki setrika listrik atau bagi anda yang sedang bingung bagaimana cara memperbaiki setrika listrik maka di bawah ini saya jabarkan beberapa poin penting yang umum menjadi faktor perusak setrika listrik di rumah.


Peralatan yang diperlukan:

  • obeng plus dan obeng minus
  • tang kombinasi
  • isol;asi khusus untuk kabel listrik
  • AVO meter


Tahap-tahap perbaikan/ langkah kerja:

1.  Periksa secara fisik kabel penghubung dari mulai steker sampai yang masuk ke badan setrika, umumnya bagian inilah yang sering rusak yaitu terputusnya kabel karena penggunaan, pada saat menggunakan setrika posisi setrika sering berubah-ubah mengikuti kehendak pengguna sehingga tanpa disadari kabel penghubung melilit, dengan melilitnya kabel maka kawat yang berada di dalamnya akan terputus sedikit demi sedikit yang lama-lama akan memutuskan kawat tersebut secara keseluruhan. Bila secara fisik baik-baik saja maka cobalah diukur menggunakan AVO meter, caranya adalah dengan mengarahkan posisi penunjuk pada AVO meter ke RX1kohm, ukurlah masing-masing kabel penghubung, apabila jarum avo menunjuk angka nol berarti kabel yang diukur masih dalam kondisi baik tapi apabila jarum pada AVO meter diam (tidak menunjuk angka tertentu) berarti kabel yang diukur putus. gantilah kabel setrika yang putus dengan yang baru.

2. Selain kabel penghubung yang sering putus, kerusakan pada setrika juga sering terjadi pada terminal kabel yang berada di dalam tumit setrika yaitu bagian yang menyambungkan ujung kabel penghubung ke setrika, bukalah baud setrika yang terdapat pada bagian belakang setrika, tepatnya di bawah pangkal kabel penghubung, lalu cabut penutupnya, di sana akan terlihat ujung kabel yang terpasang pada terminal yang dikencangkan oleh baud, bagian inilah yang kadang-kadang rusak yaitu terlepasnya kabel dari baud karena pergerakan setrika atau karena karat, bila kabel terlepas maka pasangkan lagi pada tempat semestinya.

4. Bagian lain yang mungkin rusak adalah terminal penghubung yang ada di dalam setrika, yaitu baud yang terpasang pada kedua ujung elemen pemanas, cara memeriksanya adalah dengan membuka seluruh badan setrika, yaitu dengan membuka seluruh baud yang ada pada bagian luar setrika, dimulai dari bagian belakang  setrika untuk melepaskan kabel penghubung, dilanjutkan dengan melepaskan baud yang ada di bawah tombol pengatur suhu tetapi sebelumnya tombol tersebut harus dilepas dulu agar baud yang berada di bawahnya dapat terlihat. bila baud yang berada di bawah tombol sudah terlihat maka baud dapat dilepas menggunakan obeng maka dengan demikian badan setrika bagian atas dapat dilepas, dengan terlepasnya bagian atas badan setrika maka akan terlihatlah isi di dalam setrika, perhatikanlah kedua ujung elemen pemanas apakah terpasang baik pada baud terminal atau tidak, kadang-kadang akibat karat maka bagian ini dapat patah sehingga untuk membenaarkannya harus disambung dengan logam tambahan.

5.Bagian terakhir yang paling sering rusak adalah elemen/filamen pemanas yang berada di dalam setrika, untuk mengetahuinya bukalah badan setrika seperti pada poin4, setelah itu lepaskanlah konektor penghubung pada kedua ujung elemen pemanas, ukurlah elemen dengan menempelkan kedua ujung pengukur avo ke masing-masing ujung elemen, apabila jarum avo menunjuk angka di bawah 3 berarti elemen pemanas masih dalam kondisi baik tapi apabila jarum pada AVO meter diam (tidak menunjuk angka tertentu) berarti elemen pemanas putus. gantilah elemen pemanas yang rusak dengan bentuk yang sama, bawalah elemen setrika yang rusak ketoko  tempat anda membeli elemen baru karena terdapat banyak merek, bentuk dan ukuran yang berbeda, sehingga apabila elemen yang dibeli berbeda sedikit saja dari yang asli maka tidak akan dapat dipasang karena dudukan elemen sudah pas dengan elemennya.

6. Untuk membuka elemen setrika yang rusak caranya adalah dengan mencungkilnya memakai obeng minus  secara hati-hati dan penuh kesabaran, karena elemen setrika tersebut sudah menempel sedemikian rupa oleh suhu yang berubah-ubah sehingga mengakibatkan daya rekat antara bodi elemen dan alas setrika menyatu dengan kuat sehingga untuk membukanya diperlukan kesungguhan kita tanpa kenal lelah.

Demikianlah ulasan sedikit tentang cara sederhana memperbaiki setrika listrik, cara-cara di atas adalah gambaran global dari cara memperbaiki setrika listrik.

Post a Comment for "CARA SEDERHANA MEMPERBAIKI SETRIKA LSTRIK"