CARA MERAWAT SISIR RAMBUT

Sisir adalah sebagian dari peralatan rumah tangga yang hampir setiap hari dipakai bahkan di tempat tempat tertentu seperti di salon-salon atau tempat cukur rambut hampir seharian digunakan, dikarenakan pemakaiannya yang sering maka sisir rambut mudah dan cepat sekali terkena kotoran yaitu berupa lemak bercampur debu yang didapat dari rambut dan kulit kepala.

Mungkin kita sering menjumpai sela-sela sisir rambut yang kotor oleh lemak dan debu sehingga terc1um bau yang tidak enak di hidung, selain bau yang tidak sedap banyak pula sisir rambut yang ompong karena sebagian jari-jarinya patah.

Hal-hal seperti di atas mungkin tidak akan terjadi bila kita merawatnya dengan baik,
oleh karena sisir digunakan tiap hari maka perawatanpun harus sesering mungkin yaitu dengan cara:


1. Untuk mencegah agar jari-jari pada sisir rambut tidak patah maka janganlah memaksakan menyisir rambut yang kusut dan kering karena selain akan mematahkan jari-jari sisir rambutpun akan putus dan nyangkut di sela-sela sisir.

2. Bila ada rambut yang menempel pada sela-sela sisir maka cepatlah di bersihkan bengan cara mencabutnya dengan jari atau sikat karena rambut yang tertinggal pada sela-sela sisir akan menghambat kita saat menyisir rambut, selain tiu rambut yang tertinggal akn menjadi tempat berkumpulnya lemak, kotoran, dan bakteri.

3. Untuk menghilangkan lemak dan kotoran yang menempel pada sisir kita perlu pencucian yang benar yaitu dengan cara mencuci sisir rambut minimal seminggu sekali dengan cara:
  • Rendamlah dengan air hangat yang dicampur sabun cair untuk mencuci piring, hal ini dimaksudkan agar lemak-lemak dan kotoran yang menempel pada sela-sela sisir dapat terlepas sehingga dapat dengan mudah untuk dibersihkan.
  • Setelah direndam beberapa saat dengan air hangat bersihkan sisir menggunakan sikat gigi bekas yang sebelumnya telah diberi sabun pencuci piring dan sedikit air. usahakanlah gerakan sikat ke arah luar yaitu dari batang ke jari-jari sisir, lakukanlah menyikat sisir pada kedua sisi sisir.
  • Setelah bersih keringkan memakai kain kering atau dapat dijemur pada panas matahari beberapa saat.
4. Agar sisir kita senantiasa terjaga kebersihannya maka simpanlah sisir pada wadah yang tertutup agar terlindung dari debu yang menempel.

Post a Comment for "CARA MERAWAT SISIR RAMBUT"