CARA MEMBERSIHKAN KULKAS/LEMARI ES

    Kebersihan perlalatan rumah tangga sangatlah penting karena akan berpengaruh pada kinerja alat dan kesehatan kita, apalagi kulkas adalah peralatan yang selalu berhubungan dengan penyimpanan bahan makanan yang tentu saja harus selalu dibersihkan agar makanan kita selalu higienis dan jauh dari bibit penyakit, berikut ini saya rangkum beberapa cara membersihkan kulkas atau lemari es di rumah.



    Peralatan yang dibutuhkan:
    • Spon lembut
    • Lap kering dengan daya serap tinggi
    • Sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon
    • Air hangat
    Cara membersihkan:
    1. Agar es yang ada di dalam kulkas mencair cabutlah kabel penghubung dari stopkontak listrik, selain itu untuk menghindari sengatan listrik kecil yang biasanya ada pada badan/bodi/sasis kulkas (biasanya terdapat pada kulkas tang tidak dipasang kabel grounding)
    2. Keluarkan seluruh makanan dan minuman yang ada di dalam kulkas dari mulai isi freezer, rak besar, dan rak yang ada di pintu bagian dalam.
    3. Lepaskan semua rak baik yang besar ataupun kecil kecuali rak yang da di bawah freezer (rak tempat menyimpan ikan atau daging) karena rak tersebut yang menampung tetesan air dari freezer untuk selanjutnya disalurkan ke bak penampungan yang ada di belakang kulkas
    4. Cucilah semua rak dengan menggunakan spon lembut yang telah dibasahi air yang telah dicampur sabun penciuci piring, setelah itu dibilas dengan air bersih, tiriskanlah dengan meletakkannya di tempat teduh atau diangin-anginkan, jangan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung karena akan mengakibatkan mudah keroposnya rak.
    5. Bersihkan bagian dalam kulkas menggunakan spon yang basah oleh air hangat yang telah dicampur dengan sabun pencuci piring, sedangkan untuk bagian luar menggunakan air dingin.
    6. setelah seluruh bagian di bersihkan maka tahapan selanjutnya adalah mengeringkannya menggunakan lap  kering, janganlah  dibilas, disemprot, atau disiram.
    7. Pada saat proses pencucian sesekali memeriksa bak penampungan air yang terletak di bagian belakang kulkas, bila bak penampungan sudah penuh dengan air segeralah dibuang lalu pasang kembalim ke tempatnya.
    8. Bila es di dalam freezer sudah habis atau mencair maka lepaskanlah rak yang ada di bawah freezer kemudian cucilah seperti mencuci rak yang lain.
    9. Bersihkanlah freezer seperti mencuci bagian dalam kulkas lalu keringkan menggunakan kain atau lap kering yang berdaya serap tinggi.
    10. Untuk sementara biarkan pintu kulkas dan pintu freezer terbuka lebar agar udara segar dapat masuk ke dalamnya sambil menunggu rak yang telah dicuci mengering.
    11. Setelah semua rak mengering pasanglah kembali pada tempatnya diikuti memasukkan kembali bahan makanan dan minuman ke dalam kulkas, sebelum memasukkan makanan atau munuman ke dalam kulkas bersihkanlah dahulu pembungkus atau botol minuman dengan lap lembab.

      0 Response to "CARA MEMBERSIHKAN KULKAS/LEMARI ES"

      Post a Comment

      Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.