MERAWAT KOMPOR GAS AGAR AMAN-AWET

Keberadaan kompor bas di Indonesia bisa dianggap baru karena sebelumnya kebanyakan orang menggunakan kompor berbahan bakar minyak tanah untuk kebutuhan memasak di rumah, selain kompor minyak masih banyak pula anggota keluarga di pinggiran kota yang masih menggunakan kayu bakar untuk memasak di rumah, tapi setelah pemerintah membuat suatu kebijakan baru tentang konversi minyak tanah ke gas LPG ukuran tabung 3Kg maka mau tidak mau seluruh warga masyarakat ikut dengan program tersebut, apalagi peralatan diberikan secara lengkap dan gratis untuk masyarakat.

Memang, untuk sementara waktu banyak masyarakat yang merasa kesulitan untuk melaksanakannya tetapi dengan gencarnya sosialisasi yang diberikan oleh pihak pemerintah maka masyarakatpun mulai mau menerima. Walaupun demikian tetap saja ada beberapa anggota masyarakat yang belum mengerti benar tentang cara memakai kompor gas tersebut sehingga banyak terjadi kebakaran yang salah satunya diakibatkan oleh kelalaian dalam pemasangan instalasi kompor gas, maka dari itulah pada saat iini saya akan memberikan beberapa cara merawat kompor gas agar aman dan awet, silahkan dibaca uraiannya di bawah ini.
  1. Untuk mendapatkan pertukaran udara segar maka di area dapur harus cukup ventilasi dan cahaya, hal ini sangat berguna sekali bila ada gas bocor dari tabung gas maka gas tersebut dapat terbuang lepas ke udara bebas.
  2. Gas adalah benda yang mudah sekali terbakar, benda apapun yang berada di dekatnya akan mudah terbakar jika ada percikan api kecil, maka dari itu jauhkan barang-barang yang muah terbakar dari kompor dan tabung gas.
  3. Selain gas yang mudah terbakar ternyata tabung yang berisi gas dapat meledak bila terbakar atau disimpan dekat area yang panas. jadi jauhkan tabung yang berisi gas dari kompornya.
  4. Pemakaian perlengkapan kompor gas yang berkualitas menjadi faktor penentu dalam menjaga keselamatan  dari bahaya negatip kompor gas, pakailah selang dan regulator standar SNI lengkap dengan pengukur tekanan dan pengaman kebocoran.
  5. Rajin-rajinlah dalam memeriksa komponen penghubung gas dari tabung ke kompor seperti: sabuk pengikat selang ke kompor dan regulator harus dalam keadaan kencang, selang terpasang rapi dan terlindung dan tidak sobek atau belah-belah.
  6. Bila terhirup bau gas di area dekat tabung gas maka segera buka semua pintu dan jendela, jangan nyalakan kompor, lampu, dan r0k0k karena percikan api sedikit saja dapat membakar gas yang ada di area tersebut
  7. Sering-seringlah memeriksa selang regulator, kompor, dan tabung gas agar terjaga dari kebocoran gas.

Post a Comment for "MERAWAT KOMPOR GAS AGAR AMAN-AWET"