CARA MERAWAT MEBEUL KAYU ATAU PAPAN PRESS AGAR AWET/TAHAN LAMA

gambar meja yang terkena noda bekas alas gelasPeralatan rumah tangga yang terbuat dari bahan kayu pres atau particle board mempunyai beberapa kelebihan diantaranya:
  • Bentuk dan warnanya yang indah 
  • Terdiri dari beberapa bagian yang dapat dipisahkan sehingga dapat dibongkar pasang dengan mudah dan cepat .
Tetapi dibalik kelebihan itu ada beberapa kekurangan yang tersembunyi yang tidak tampak secara langsung dan terasa setelah melewati beberapa waktu, beberapa kekurangannya diantaranya yaitu:
  • Mudah ditumbuhi jamur, mebel kayu yang tidak dilapisi cat akan mudah sekali ditumbuhi jamur seperti yang terbuat dari bahan particle board karena pada umumnya jenis ini melapisi bagian terluarnya dengan bahan kertas.
  • Mudah hancur oleh air yang meresap, bahan kayu pres atau particle board terbuat dari serbuk kayu yang dicampur bahan lem dan di pres sehingga di dalamnya terdapat banyak rongga yang sangat mudah sekali ditembus oleh cairan, dengan meresapnya air ke dalam particle board maka akan terlepaslah bubuk kayu tersebut sehingga mengakibatkan hancurnya papan pres.
  • Tidak tahan beban berat, karena dibuat dari serbuk kayu maka tidak ada serat-serat yang menguatkan jenis papan press ini tidak seperti bahan papan yang diambil langsung dari pohon yang ikatan seratnya sangat kuat.

Cara merawat meubel yang terbuat dari papan pres atau particle board
  1. Untuk menghindari tumbuhnya jamur cobalah melapisi seluruh permukaan mebel anda dengan cat, plitur, atau vernis. Apabila mebel anda berbahan dasar serbuk gergaji (particle board) maka untuk mencegah tumbuhnya jamur dapat melapisinya dengan cat melamin. 
  2. Tembok yang lembab adalah salah satu tempat pas untuk tumbuhnya jamur maka jauhkanlah mebel kayu anda dari tembok, beri jarak mebel dan tembok minimal 5cm.
  3. Khusus untuk lemari pakaian simpanlah  pewangi yang bisa mengusir serangga, ngengat, rayap dan lain-lain atau yang mengandung bahan anti jamur.
  4. Kebanyakan lemari tidak dirancang untuk menahan berat benda yang ada di atasnya maka hindarilah meletakkan barang-barang yang berat di atas mebel anda.
  5. Lapisan cat pada meja yang berbahan dasar kayu, hampir semua jenis kayu tidak tahan terhadap panas maka usahakan tidak meletakkan wadah yang berisi makanan atau minuman panas seperti kopi panas atau teh panas, bila hal itu anda lakukan juga maka di tempat bekas anda meletakkan wadah yang berisi makanan atau minuman panas akan meninggalkan bekas yang sulit untuk dibersihkan dan hanya dengan mengecat ulang cat masalah itu dapat teratasi, maka usahakanlah memakai tatakan/alas antara meja dengan wadah tersebut.
  6. Kayu adalah salah satu barang yang mudah keropos/hancur bila dalam keadaan basah maka apabila meubel anda terkena air maka cepatlah dilap sampai kering.

Post a Comment for "CARA MERAWAT MEBEUL KAYU ATAU PAPAN PRESS AGAR AWET/TAHAN LAMA"