Cara membuat Buah Cepat Matang

buah-buahan
Kadang-kadang kita mendapati buah-buahan yang kita petik dari pohon dalam keadaan belum siap dikonsumsi seeprti mangga, alpukat, anggur, dan lain-lain

Untuk membantu pematangan buah adalah dengan memanfaatkan gas Etilen yang dilepaskannya. Etilen merupakan hormon tumbuh yang diproduksi dari hasil metabolisme normal dalam tanaman. Etilen berperan dalam pematangan buah dan kerontokan daun. Etilen disebut juga ethene. Senyawa etilen pada tumbuhan ditemukan dalam fase gas, sehingga disebut juga gas etilen. Gas etilen tidak berwarna dan mudah menguap.

(Baca Juga: "Cara Mematangkan Buah Sawo Agar Manis dan Matang Sempurna")

Etilen sering dimanfaatkan oleh para distributor dan importir buah. Buah dikemas dalam bentuk belum masak saat diangkut pedagang buah. Setelah sampai untuk diperdagangkan, buah tersebut diberikan etilen (diperam) sehingga cepat masak.

Dalam pematangan buah, etilen bekerja dengan cara memecahkan klorofil pada buah muda, sehingga buah hanya memiliki xantofil dan karoten. Dengan demikian, warna buah menjadi jingga atau merah.

Ada cara mudah yang dapat kita lakukan untuk mempercepat pematangan buah, Anda bisa memakai kantong kertas dan beberapa tambahan buah jika ingin membuatnya cepat matang.

Berikut caranya sederhana mempercepat pematangan buah:

  • Dengan kantong kertas: Taruh buah di dalam kantong kertas kemudian tutup dan periksa buah setelah beberapa hari kemudian. Untuk mempercepat proses pematangan, Anda bisa menambahkan apel atau pisang ke dalam kantong kertas karena dua buah ini memiliki kadar gas yang tinggi. Buah pisang, misalnya, bisa melepaskan gas etilena sehingga membantu buah cepat matang. 
  • Disimpan dalam beras: Anda juga bisa bisa menggunakan beras untuk mempercepat pematangan buah, caranya benamkan mangga di beras untuk mempercepat proses pematangan. 
  • Dibungkus kain: Kain serbet yang bersih atau handuk dapat juga digunakan untuk mematangkan buah. Caranya, tempatkan buah bersama batangnya lalu tutup dengan kain tersebut dan tunggu selama beberapa hari. Hasilnya, buah akan memiliki aroma yang kuat dan tingkat kematangan yang pas.

Demikianlah cara sederhana membuat buah cepat matang mudah-mudahan dapat bermanfaat. (Berbagai sumber)

0 Response to "Cara membuat Buah Cepat Matang "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.