MCB OFF Gara-gara Lampu Hemat Energi Murah mati

Bebera bulan ini Saya mendapati MCB di rumah sering off/mati dengan sendirinya, setelah diselidiki ternyata penyebabnya adalah lampu hemat energi yang terpasang konslet, lampu tersebut habis masa hidupnya dengan resiko membuat konslet/hubungan pendek.

Awalnya Saya kurang peduli dengan hal tersebut, namun setelah beberapa kali mengalaminya akhirnya pengalaman ini Saya bagi dengan anda yang mungkin mengalami hal yang sama.

Suatu saat, tiba-tiba aliran listrik di rumah mati, kemudian Saya periksa MCB dan terlihat OFF, lalu Saya nyalakan kembali MCB, tetapi kembali lagi OFF sampai beberapa kali.

Saya matikan seluruh beban listrik seperti kulkas, TV, kemudian MCB Saya nyalakan, namun tetap saja kembali OFF. Kemudian Saya coba mematikan seluruh lampu, lalu saya nyalakan kembali MCB, Alhamdulillah... aliran listrik dapat menyala.

Untuk mengetahui penyebab konslet di rumah, saya mencoba menyalakan satu persatu lampu yang dimatikan, pada saat saya menyalakan lampu luar ternyata MCB kembali OFF. Ternyata penyebabnya konslet adalah lampu di luar rumah yang berupa lampu hemat energi. Setelah Saya ganti lampu tersebut, maka listrik tidak konslet lagi.

Ternyata lampu hemat energi dengan harga yang murah dan merek yang beraneka regam yang banyak beredar di pasaran memiliki kekurangan yakni bila sudah tidak menyala/habis masa hidupnya maka menjadi penyebab konslet, pada beberapa kejadian, lampu tersebut dapat juga terlepas dari dudukannya bila mati dan mengeluarkan suara ledakan, tidak seperti lampu bohlam yang hanya putus dan tidak mengakibatkan konslet.

Pada posting kali ini Saya tidak menganjurkan anda untuk beralih ke model lampu lain, namun bila terjadi konslet di rumah dan bingung apa penyebabnya, coba periksa lampu hemat energi yang terpasang di rumah Anda.

Post a Comment for "MCB OFF Gara-gara Lampu Hemat Energi Murah mati"