Cara menghemat listrik Komputer

Hemat listrik adalah kewajiban kita bersama, karena dengan berhemat listrik kita akan dapat menekan biaya tagihan listrik perbulannya. Selain itu secara global adalah salah satu cara untuk mengurangi pemanasan global.

Dalam menghemat listrik untuk komputer dapat dilakukan oleh siapa saja, asalkan ada kemauan dan kepedulian yang penuh pemiliknya, di bawah ini akan dijelaskan cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemakaian listrik dirumah terutama untuk komputer.

Penghematan secara manual:

  • Aturlah tampilan layar komputer, atur tingkat terang-gelapnya layar monitor (brightness) secukupnya. makin terang layar monitor, makin besar energi yang dibutuhkan.
  • Pakai jenis monitor hemat energi, Anda dapat mencari jenis ini yang sudah banyak dijual di pasaran. 
  • Beberapa orang beranggapan penggunaan screensaver dan standby power dapat menghemat listrik, sebernarnya tidak juga, karena meski kecil tetap saja ada energi listrik yang digunakan, jadi usahakan matikan komputer bila tidak digunakan. 
  • Usahakan unutk menghindari penggunaan komputer secara berlebihan, misalnya untuk main games semalam suntuk atau menyetel MP3 sepanjang hari.


Penghematan secara otomatis:

  •  Nyalakan komputer lalu pada layar utama atau desktop klik kanan lalu pilih properties, lalu pilih tabulasi screen saver dan tekan tombol yang bertuliskan power. Cara lainnya yaitu dari menu kontrol panel di windows explorer pilih power options.
  • Bila sudah masuk ke  kotak pilihan seting tenaga listrik maka kita tinggal setting sesuai dengan situasi, kondisi, toleransi dan kebutuhan kita. Misalnya untuk turn off monitor, kita bisa mematikan monitor secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Contoh : After 15 minutes berarti layar monitor akan mati setelah 15 menit tidak ada aktivitas di komputer. Turn off hard disks. Artinya, kita bisa mematikan semua hard disk secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Misalnya after one hour berarti semua harddisk akan dimatikan setelah satu jam tidak ada aktivitas di komputer.
  • Selain itu Anda juga dapat memilih sistem standby, artinya bisa mematikan sementara sistem komputer secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Misalnya, after two hours berarti komputer akan akan mati sementara setelah dua jam tidak ada aktivitas di komputer. Dalam mode ini pekerjaan yang sedang dijalankan tidak akan hilang. Langkah lain adalah mengaktifkan system hibernate. Yang bisa dilakukan mematikan komputer secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Jangan lupa pada tabulasi Hibernate pilih enable hibernation. Dalam mode ini pekerjaan yang sedang dijalankan tidak akan hilang.
  • Bila akan memakainya kembali coba goyang atau klik di mouse. Jika tidak bisa coba tekan tombol di keyboard. Jika ternyata power mati coba tekan tombol power di CPU komputer kita. 

0 Response to "Cara menghemat listrik Komputer "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.