CARA MEREKATKAN KACA DENGAN LEM SILIKON


Berbagai barang yang indah dan unik dapat dibuat dengan benda yang satu ini, salah satu bentuk kaca yang paling populer dan banyak digunakan di setiap rumah adalah jenis kaca datar. dengan beberapa tekhnik dan inovasi maka dibuat beberapa bentuk kaca dengan kegunaan yang berbeda-beda, salah satu produk buatan tangan yang berbahan dasar kaca datar adalah aquarium, dengan memiliki aquarium maka seseorang dapat menikmati keindahan alam air mini dari dalam rumah.

Dengan banyaknya penggemar ikan hias di dalam aquarium maka semakin banyak pula orang yang membuat aquarium untuk dijual. Tapi tahukah anda bahwa membuat aquarium itu tidaklah sulit selama kita memiliki imajinasi, kesabaran, dan tekad bulat yang sungguh-sungguh untuk memulainya.

Tahap awal dalam membuat aquarium adalah membentuk kotak kaca ,caranya adalah:

Peralatan:
  • Alat pemotong kaca, alat ini banyak dijual di toko-toko bahan bangunan atau toko besi dengan harga yang cukup murah.
  • Spidol kecil berwarna gelap seperti hitam, biru atau merah, digunakan untuk menandai kaca yang akan dipotong
  • Batu gerinda(tanpa mesin), digunakan untuk menghaluskan tepian kaca agar tidak merobek kulit kita.
  • Air dalam wadah plastik, membantu kaca yang sedang dihaluskan agar serpihan kaca tidak menyebar.
  • Penggaris. membantu dalam tahap membuat tanda garis untuk memotong kaca. 
Bahan-bahan:
  • Kaca datar, yang ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • lem khusus yang terbuat dari bahan silikon.

Tahapan pengerjaan:
  1. Pengukuran kaca, Ukurlah panjang dan lebar kaca yang akan dipotong sesuai dengan kebutuhan , sebuah aquarium memiliki lima sisi kaca yang digabung menjadi kesatuan yang utuh. Letakkan kaca di atas meja yang permukaan bagian atasnya rata kemudian tandailah garis yang akan dipotong menggunakan spidol dan penggaris.
  2. Pemotongan, setelah kaca ditandai potonglah kaca menggunakan alat pemotong kaca mengikuti garis spidol yang telah dibuat sebelumnya.
  3. Penghalusan, haluskan bagian tepi kaca yang tajam menggunakan gerinda yang dilepaskan dari mesinnya. Untuk mencegah agar serpihan kaca tidak menyebar ke mana-mana sering-seringlah membasahi batu gerinda dengan air saat proses penghalusan dengan begitu maka serpihan kaca yang basah tidak akan tersebar ke mana-mana.
  4. Penempatan kelima sisi kaca yang sudah dipotong, untuk menjaga agar posisi kaca tidak berubah maka tempelkan isolasi lakban berukuran besar(usahakan yang berwarna coklat untuk membedakan warna lakban dengan warna kaca)
  5. Pengeleman, Bila kaca sudah pada tempatnya masing-masing, maka tempelkanlah lem silikon pada setiap pertemuan kaca dengan kaca yang letaknya di dinding aquarium bagian dalam. Saat pengeleman diusahakan serapih mungkin dan serekat mungkin agar tidak ada celah diantara kaca.
  6. diamkanlah kaca yang telah diberi lem selama 24jam agar silikon benar-benar kering dan merekat kuat.
  7. Pengujian, Bila lem sudah kering cobalah memasukkan air ke aquarium, yang bagus adalah biala tidak ada rembesan air yang keluar dari sambungan antar kaca, tetapi bila ada rembesan tamballah segera menggunakan lem silikon.

CARA MERAWAT BATU BATRE/ELEMEN KERING

Batu baterai atau disebut juga dengan nama elemen kering adalah salah satu sumber listrik yang praktis yaitu dapat dibawa ke mana-mana , mudah dalam pemasangan dan tahan lama. batu batre sangat banyak dibutuhkan pada perangkat elektrionik yang berukuiran kecil seperti untuk mainan anak-anak, handphone, laptop,  dan peralatan lainnya, apabila kita kurang tahu tentang bagaimana cara merawatnya maka keunggulan batre ini akan terhapuskan.

Dengan perawatan yang baik maka sebuah batu batre akan tahan lebih lama dan tidak akan membahayakan. di bawah ini Saya jelaskan poin-poin penting tentang cara merawat batu batre yang benar agar manfaat batre dapat kita rasakan.
  • Pada saat pemasangan awal atau penggantian batre lama yang sudah habis setrumnya dan diganti dengan yang baru, maka pastikan kutub batere dipasang dengan benar sesuai instruksi dudukan baterenya, lihatlah pada bagian dudukan batre biasanya terdapat gambar batu batre yang benar lengkap dengan petunjuk positip dan negatipmya, bila kita benar pada tahap pemasangan awal maka dapat dipastikan alat yang memakai batre tersebut akan berjalan dengan baik..
  • Selama pemakaian batu batre pastilah terjadi habisnya setrum di dalam batre, hal ini dapat diketahui dengan tidak berjalannya alat yang dipasang batre tersebut seperti sedia kala untuk itu gantilah semua batere secara bersamaan (jangan mencampur batere lama dengan yang baru), karena pemasangan batu batre yang bermacam-macam pada sebuah alat akan mempengaruhi kinerja alat tersebut, selain itu batu batre yang sudah lemah akan menguras setrum yang ada pada batre yang masih baru, tentu saja hal ini sangat merugikan karena batre yang seharusnya dapat bertahan lebih lama kini sangat boros dan cepat habis strumnya. 
  • Untuk menjaga usia batre agar berumur panjang maka jangan menggunakan/mencampur beberapa batere dengan bahan dasar yang berbeda-beda seperti: CARBON ZINC, NI-CAD, LI-ON dan ALKALINE secara bersamaan karena akan memperpendek umur batere.
  • Janganlah mengisi kembali (rechare) batere yang tidak ada perintah untuk dicharge ulang dari pabrikan baterai karena akan memperpendek umur batre.
  • Pada saat batre sudah habis setrumnya maka Janganlah membuang batre bekas ke dalam api, atau dibawa tanpa kemasan.
  • Janganlah menyimpan batu batre di dalam perangkat elektronik dalam waktu yang sangat lama, karena batu batre yang terpasang terus menerus dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan keluarnya cairan kimia yang ada di dalam batre yang mengakibatkan karat pada bodi batre, selain itu bahan kimia tersebut mungkin saja berbahaya bagi kesehatan, jadi sering-seringlah memeriksa alat elektronik yang menggunakan batu batre jangan sampai tidak katahuan bahwa batre sudah habis setrumnya.
"Jenis batu batere yang tidak dapat diisi kembali(recharge) akan tahan lama bila penanganannya benar"

CARA MERAWAT PINTU KAMAR

Pintu adalah sarana yang ada pada ruangan yang memerlukan privasi, terlebih untuk sebuah kamar, apalagi kamar pribadi sangat memerlukan pintu yang dapat diandalkan jangan sampai sesuatu tentang kita diketahui oleh orang lain hanya karena pintu kamar kita didak dapat dikunci karena rusak.

Rusaknya pintu kamar oleh gejala alam seperti cuaca dan waktu mungkin tidak menjadi masalah, namun ketika pintu kamar kita rusak akibat kelalaian atau akibat kurang memperhatikan dalam hal perawatannya maka dapat diketahui bahwa yang punya kamar belum faham tentang cara menjaga kualitas pintu kamar yang benar. untuk mengetahui cara merawat pintu kamar yang benar maka di bawah ini saya jelaskan beberapa pengalaman saya tentang hal tersebut.
  • Untuk menjaga atau mencegah agar engsel pintu kamar tidak cepat rusak seperti terbelah ataupun patah maka jangan membuat atau menggantungkan gantungan pakaian atau menancapkan paku untuk menggantung pakaian di belakang pintu karena menyebabkan engsel pintu cepat rusak, pasanglah gantungan untuk baju pada tembok.
  • Untuk menjaga keamanan kamar selama anda berada di dalam kamar maka pasanglah  kunci selot beserta pasangannya pada kusen pintu bagian dalam, anda boleh memasang lebih dari satu selot. selain itu dengan memasang selot dari dalam maka kunci yang asli akan tetap awet karena jarang digunakan, pakailah hanya kunci selot selagi anda di dalam kamar, kunci yang asli hanya digunakan bila anda sedang meninggalkan kamar dalam jangka waktu lama.
  • Untuk menjaga kesetabilan kusen agar terpaku kedinding tembok maka pasanglah paku/besi. Uuntuk menghilangkan bunyi berderit saat anda membuka/menutup pintu tetesilah engsel pakai oli atau minyak goreng.
  • Hal lain yang sering menjadi penyebab engsel rusak adalah seringnya pintu dijadikan mainan oleh anak-anak, maka jangan biarkan anak-anak menggelantungi pintu karena engsel dan daun pintu akan cepat rusak dan patah akibat tidak kuat menahan beban berat.
  • Akibat dari faktor usia kayu yang sudah tua maka kekuatannyapun akan melemah, dapat terlihat dengan memudarnya warna cat atu banyaknya serangga yang bermukim di dalam kayu kusen dan pintu, maka dari itu rajin-rajinlah mengecat pintu dan kusen minimal setahun sekali untuk menjaga agar selalu tampak bagus dan mencegah keropos oleh rayap.

CARA MEMPERBAIKI VOLUME SPEAKER AKTIF

Sebelum melanjutkan membaca alangkah baiknya untuk lebih memahami speaker aktif lebih baiknya bila anda membaca postingan Saya sebelumnya yaitu "Panduan Cara mudah Memperbaiki Speaker Aktif" kemudian silahkan kembali ke sini. Speaker aktif adalah alat elektronik yang berfungsi mengubah dan memperkuat sinyal audio dari sumbernya seperti komputer, DVD player, dan yang lainnya agar dapat keluar suara dari speaker dan terdengar oleh telinga manusia. Bentuk speaker aktif ini sangatlah simpel yaitu kotak speaker yang terintegrasi dengan rangkaian tone control dan power amplynya jadi tidak banyak kabel berseliweran saat digunakan sehingga memudahkan dalam pengoperasian tidak seperti pada generasi speaker sebelumnya yang terdapat banyak kabel yang dihubungkan akibat terpisahnya kotak speaker dengan rangkaian tone control dan kotak speaker.

Banyak sekali jenis kerusakan yang dialami oleh speaker aktif ini dan untuk saat ini yang dibahas adalah cara memperbaiki volume speaker aktif, untuk jenis kerusakan seperti ini keluhan yang dialami adalah:
  • Suara mengecil dan membesar sendiri
  • Kalau VOLUME diputar suaranya brisik

Cara memperbaiki:
  1. Bukalah semua sekrup pada bagian belakang kotak speaker aktif, yaitu kotak yang terintegrasi dengan rangkaian tone dan power, ciri-ciri kotak speaker ini adalah terdapatnya kabel penghubung ke stopkontak listrik dan terdapatnya tombol on/off dan tombol-tombol seperti volume, bass, dan treble.
  2. Lepaskan badan kotak speaker depan dan belakang sehingga menjadi dua bagian.
  3. Perhatikan pada rangkaian yang menempel dengan tombol-tombol yang ada di bagian depan, di dalamnya ada komponen yang nyambung dengan knop volume namanya "potensio", bentuk potensio ini bulat dan terhubung dengan tutup potensio volume, komponen ini mempunyai tiga buah kaki yang menempel dan terpatri/ tersolder ke PCB.
  4. pada potensio terdapat logam berbentuk lingkaran, pada bagian belakangnya terdapat lubang di pinggirnya, tetesilah lubang itu dengan minyak tanah, 4lk0h0l atau minyak goreng sambil memutar knop volume, inilah sumber masalah yang kita perbaiki, hal yang menyebabkan suara speaker terganggu dan berisik adalah komponen yang ada di dalam potensio mengalami karat atau tertutup oleh debu dan kotoran sehingga mengganggu konektifitas potensio.
  5. Pasang kembali badan speaker aktif dengan memasukkan semua sekrup yang terlepas, cobalah untuk menyalakannya, mudah-mudahan dengan cara ini suara speaker aktif akan jadi normal kembali.

CARA MEGUSIR TIKUS DI RUMAH

gambar tikus
Hewan yang satu ini memang bikin jengkel, benda apa saja bisa dia rusak dengan giginya, konon cara seperti itu dilakukan karena gigi tikus bagian depan akan bertambah panjang setiap harinya, jadi agar tidak tumbuh terlalu panjang maka seekor tikus selalu menggigit apa saja agar giginya tidak bertambah panjang. Selain itu kotoran dan air kencingnya bau dan membawa penyakit. Oleh karena itu seyogyanyalah kita mengusir jauh-jauh tikus dari rumah agar kesehatan dan kebersihan rumah tetap terjaga. untuk mengusir tikus dari rumah silahkan baca paparannya di bawah ini:


1. Perangkap tikus, ini adalah salah satu cara yang paling aman karena tidak menggunakan bahan kimia atau racun, cukup dengan meletakkan makanan kesukaan tikus di dalamnya, dan biarkan tikus tertarik untuk masuk ke dalam perangkap dan biarkan tikus masuk perangkap. Kelemahan dari cara ini adalah kita hanya dapat menangkap tikus satu ekor dalam satu malam.

2. Lem tikus, Cara ini mirip dengan cara nomor1 cuma medianya adalah lem, dengan meletakkan sepotong makanana di bagian tengah lem akan membuat tikus tertarik untuk mengambilnya dan tanpa disadari kakinya sudah melekat pada lem, cara ini masih kurang efektif karena lem tersebut hanya berhasil pada jenis tikus yang kecil saja sedang yang berukuran besar masih dapat lolos, sering saya jumpai pada permukaan lem menempel rambut-rambut tikus yang tertinggal sedangkan tikusnya tidak ada, ini salah satu bukti bahwa penggunaan lem kurang efektif.

3. Racun tikus, ini salah satu cara yang cukup efektif  karena tikus akan mati setelah memakan makanan yang telah diberi racun tetapi resikonya tikus yang mati akan berada di mana saja karena racun tidak langsung bereaksi seketika jadi tikus masih bisa bergerak ke tempat lain beberapa menit setelah memakan racun. Selain itu racun tikus bukan saja berbahaya bagi tikus tetapi bagi manusia dan hewan lainnya.

4. Alat pengusir tikus elektronik, untuk cara ini anda harus menyiapkan dana yang cukup untuk dapat membelinya, alat ini bekerja dengan mengeluarkan gelombang suara yang mampu membuat tikus tidak nyaman saat mendengarnya sehingga tikus akan menjauh dari rumah. Kelemahan alat ini adalah gelombang suara tersebut dapat mengganggu hewan peliharaan, selain itu kita tahu bahwa tikus adalah salah satu hewan yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya, maka lama kelamaan tikus akan terbiasa mendengar gelombang suara yang dikeluarkan alat tersebut sehingga tikus akan tetap berada di lingkungan rumah.

5. Amonia, Amonia adalah senyawa kimia yang terdapat pada air kencing manusia, untuk mengusir tikus kita tinggal memasukkan amonia ke dalam botol kemudian disemprotkan ke setiap tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Hampir semua hewan termasuk tikus menandai wilayah kekuasaannya dengan membuang air kencing mereka di suatu tempat, maka dengan menyemprotkan amonia di bekas kencing tikus maka bau kencing tikus akan tergantikan dengan bau amonia sehingga penc1uman tikus akan terganggu dan akibatnya tikus akan kebingungan mencari jalan dan mencari alternatif jalan yang lain menjauh dari sana. Kelemahan dari cara ini adalah tempat yang sudah diberi amonia akan terc1um bau pesing yang sangat kuat.

6. Kulit durian dan buah mengkudu masak atau busuk. Aroma dari bahan-bahan yang didapat dari alam tersebut dipercaya dapat menjauhkan tikus dari rumah karena mempunyai bau-bauan yang menyengat. Cobalah taruh kulit durian dan potongan buah mengkudu matang di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Cara ini adalah cara yang paling aman menurut Saya karena menggunakan bahan alami yang aman bagi manusia dan hewan tetapi kita tidak mungkun dapat memiliki cangkang durian atau mengkudu bila bukan musimnya.

7. Kapur barus, tikus adalah hewan yang paling membenci bau-bauan yang menyengat seperti contohnya kapur baruis, dengan menyebar kapur barus di rumah maka tikus tidak berani masuk.

8. Memelihara predator tikus yaitu kucing, Kucing adalah salah satu pemangsa tikus selain dari burung hantu, burung elang, dan ular. Tetapi kucing ini hanya mampu memangsa tikus yang kecil-kecil saja sedangkan tikus got yang berukuran besar dia akan diam atau bahkan takut.

9. Pepermin atau daun pepermin, ambillah beberapa ikat daun  pepermin lalu ambil sarinya dengan cara didisemprotkan ke setiap tempat yang sering dilalui tikus. bila daun min sulit didapat maka alternatif lain adalah dengan menggunakan balsem yang beraroma mint dengan cara dioleskan kesetiap sudut tempat berjalannya tikus.

10. Menutup setiap celah atau lubang yang dapat dilalui tikus.

11. rajin-rajinlah membersihkan rumah jangan sampai ada sisa makanan yang tercecer

12. Tutuplah rapat-rapat tempat pembuangan sampah agar tikus tidak berleliaran atau berkembang biak di sana.

Demikianlah beberapa cara mengusir tikus dari dalam rumah, terserah anda mau pilih yang mana. semoga bermanfaat.

Untuk menghilangkan bau kotoran dan kencing tikus silahkan baca artikel Saya "Cara menghilangkan bau kencing tikus di lantai"

CARA SEDERHANA MEMPERBAIKI SETRIKA LSTRIK

Setrika sudah menjadi bagian kebutuhan hidup manusia di jaman sekarang, karena kegunaannya yang dapat merapihkan pakaian sangatlah diperlukan, coba bayangkan bila pada jaman sekarang tidak ada alat untuk merapikan pakaian yang berupa setrika mungkin penampilan kita akan kurang nyaman karena pakaian yang kita pakai kusut tak teratur. Dengan demikian maka keberadaan setrika yang siap pakai haruslah menjadi prioritas kita, jangan sampai pada saat kita akan menggunakannya ternyata setrika kita rusak, oleh karena itu       perbaikilah setrika yang rusak sesegera mungkin, apabia anda malas untuik membawanya ke tempat serpis maka tidak ada salahnya untuk memperbaiki sendiri setrika listrik di rumah, selain mengirit biaya juga akan menambah pengetahuan kita tentang setrika, tanpa harus mengikuti kursus elektronikapun sebenarnya untuk memperbaiki setrika tidaklah sulit selama ada kemauan yang kuat dan waktu luang maka masalah pada setrika kitapun dapat teratasi. Untuk membantu anda yang ingin belajar memperbaiki setrika listrik atau bagi anda yang sedang bingung bagaimana cara memperbaiki setrika listrik maka di bawah ini saya jabarkan beberapa poin penting yang umum menjadi faktor perusak setrika listrik di rumah.


Peralatan yang diperlukan:

  • obeng plus dan obeng minus
  • tang kombinasi
  • isol;asi khusus untuk kabel listrik
  • AVO meter


Tahap-tahap perbaikan/ langkah kerja:

1.  Periksa secara fisik kabel penghubung dari mulai steker sampai yang masuk ke badan setrika, umumnya bagian inilah yang sering rusak yaitu terputusnya kabel karena penggunaan, pada saat menggunakan setrika posisi setrika sering berubah-ubah mengikuti kehendak pengguna sehingga tanpa disadari kabel penghubung melilit, dengan melilitnya kabel maka kawat yang berada di dalamnya akan terputus sedikit demi sedikit yang lama-lama akan memutuskan kawat tersebut secara keseluruhan. Bila secara fisik baik-baik saja maka cobalah diukur menggunakan AVO meter, caranya adalah dengan mengarahkan posisi penunjuk pada AVO meter ke RX1kohm, ukurlah masing-masing kabel penghubung, apabila jarum avo menunjuk angka nol berarti kabel yang diukur masih dalam kondisi baik tapi apabila jarum pada AVO meter diam (tidak menunjuk angka tertentu) berarti kabel yang diukur putus. gantilah kabel setrika yang putus dengan yang baru.

2. Selain kabel penghubung yang sering putus, kerusakan pada setrika juga sering terjadi pada terminal kabel yang berada di dalam tumit setrika yaitu bagian yang menyambungkan ujung kabel penghubung ke setrika, bukalah baud setrika yang terdapat pada bagian belakang setrika, tepatnya di bawah pangkal kabel penghubung, lalu cabut penutupnya, di sana akan terlihat ujung kabel yang terpasang pada terminal yang dikencangkan oleh baud, bagian inilah yang kadang-kadang rusak yaitu terlepasnya kabel dari baud karena pergerakan setrika atau karena karat, bila kabel terlepas maka pasangkan lagi pada tempat semestinya.

4. Bagian lain yang mungkin rusak adalah terminal penghubung yang ada di dalam setrika, yaitu baud yang terpasang pada kedua ujung elemen pemanas, cara memeriksanya adalah dengan membuka seluruh badan setrika, yaitu dengan membuka seluruh baud yang ada pada bagian luar setrika, dimulai dari bagian belakang  setrika untuk melepaskan kabel penghubung, dilanjutkan dengan melepaskan baud yang ada di bawah tombol pengatur suhu tetapi sebelumnya tombol tersebut harus dilepas dulu agar baud yang berada di bawahnya dapat terlihat. bila baud yang berada di bawah tombol sudah terlihat maka baud dapat dilepas menggunakan obeng maka dengan demikian badan setrika bagian atas dapat dilepas, dengan terlepasnya bagian atas badan setrika maka akan terlihatlah isi di dalam setrika, perhatikanlah kedua ujung elemen pemanas apakah terpasang baik pada baud terminal atau tidak, kadang-kadang akibat karat maka bagian ini dapat patah sehingga untuk membenaarkannya harus disambung dengan logam tambahan.

5.Bagian terakhir yang paling sering rusak adalah elemen/filamen pemanas yang berada di dalam setrika, untuk mengetahuinya bukalah badan setrika seperti pada poin4, setelah itu lepaskanlah konektor penghubung pada kedua ujung elemen pemanas, ukurlah elemen dengan menempelkan kedua ujung pengukur avo ke masing-masing ujung elemen, apabila jarum avo menunjuk angka di bawah 3 berarti elemen pemanas masih dalam kondisi baik tapi apabila jarum pada AVO meter diam (tidak menunjuk angka tertentu) berarti elemen pemanas putus. gantilah elemen pemanas yang rusak dengan bentuk yang sama, bawalah elemen setrika yang rusak ketoko  tempat anda membeli elemen baru karena terdapat banyak merek, bentuk dan ukuran yang berbeda, sehingga apabila elemen yang dibeli berbeda sedikit saja dari yang asli maka tidak akan dapat dipasang karena dudukan elemen sudah pas dengan elemennya.

6. Untuk membuka elemen setrika yang rusak caranya adalah dengan mencungkilnya memakai obeng minus  secara hati-hati dan penuh kesabaran, karena elemen setrika tersebut sudah menempel sedemikian rupa oleh suhu yang berubah-ubah sehingga mengakibatkan daya rekat antara bodi elemen dan alas setrika menyatu dengan kuat sehingga untuk membukanya diperlukan kesungguhan kita tanpa kenal lelah.

Demikianlah ulasan sedikit tentang cara sederhana memperbaiki setrika listrik, cara-cara di atas adalah gambaran global dari cara memperbaiki setrika listrik.

CARA MERAWAT SISIR RAMBUT

Sisir adalah sebagian dari peralatan rumah tangga yang hampir setiap hari dipakai bahkan di tempat tempat tertentu seperti di salon-salon atau tempat cukur rambut hampir seharian digunakan, dikarenakan pemakaiannya yang sering maka sisir rambut mudah dan cepat sekali terkena kotoran yaitu berupa lemak bercampur debu yang didapat dari rambut dan kulit kepala.

Mungkin kita sering menjumpai sela-sela sisir rambut yang kotor oleh lemak dan debu sehingga terc1um bau yang tidak enak di hidung, selain bau yang tidak sedap banyak pula sisir rambut yang ompong karena sebagian jari-jarinya patah.

Hal-hal seperti di atas mungkin tidak akan terjadi bila kita merawatnya dengan baik,
oleh karena sisir digunakan tiap hari maka perawatanpun harus sesering mungkin yaitu dengan cara:


1. Untuk mencegah agar jari-jari pada sisir rambut tidak patah maka janganlah memaksakan menyisir rambut yang kusut dan kering karena selain akan mematahkan jari-jari sisir rambutpun akan putus dan nyangkut di sela-sela sisir.

2. Bila ada rambut yang menempel pada sela-sela sisir maka cepatlah di bersihkan bengan cara mencabutnya dengan jari atau sikat karena rambut yang tertinggal pada sela-sela sisir akan menghambat kita saat menyisir rambut, selain tiu rambut yang tertinggal akn menjadi tempat berkumpulnya lemak, kotoran, dan bakteri.

3. Untuk menghilangkan lemak dan kotoran yang menempel pada sisir kita perlu pencucian yang benar yaitu dengan cara mencuci sisir rambut minimal seminggu sekali dengan cara:
  • Rendamlah dengan air hangat yang dicampur sabun cair untuk mencuci piring, hal ini dimaksudkan agar lemak-lemak dan kotoran yang menempel pada sela-sela sisir dapat terlepas sehingga dapat dengan mudah untuk dibersihkan.
  • Setelah direndam beberapa saat dengan air hangat bersihkan sisir menggunakan sikat gigi bekas yang sebelumnya telah diberi sabun pencuci piring dan sedikit air. usahakanlah gerakan sikat ke arah luar yaitu dari batang ke jari-jari sisir, lakukanlah menyikat sisir pada kedua sisi sisir.
  • Setelah bersih keringkan memakai kain kering atau dapat dijemur pada panas matahari beberapa saat.
4. Agar sisir kita senantiasa terjaga kebersihannya maka simpanlah sisir pada wadah yang tertutup agar terlindung dari debu yang menempel.

CARA MERAWAT JAS HUJAN, RAINCOAT & PONCO

Jas hujan
Jas hujan atau mantel plastik adalah perlengkapan yang mesti dimiliki pada saat musim hujan, pakaian ini sangat membantu kita agar terhindar dari air hujan, bagi pengendara motor jas hujan adalah perlengkapan wajib yang harus selalu ada dan dibawa kemanapun saat mengendarai sepeda motor.

Tetapi kadang-kadang kita lalai dalam menjaga jas hujan ini sehingga jas hujan pun menjadi rusak dan tidak dapat terpakai lagi, beberapa hal yang tidak menyenangklan apabila kita kurang dalam merawat jas hujan adalah:

  • Jas hujan menjadi kotor dan bau dikarenakan jarangnya dibersihkan atau saat masih basah langsung dilipat tanpa menunggu jas hujan tersebut kering. 
  • Terdapat banyak lubang atau sobek yang mengakibatkan tembusnya air ke badan.hal ini dikarenakan cara penyimpanan dan penggunaan jas hujan yang kurang hati-hati.

Cara merawat jas hujan, raincoat, ponco:
  • Bersihkan dan laplah jas hujan / raincoat / ponco sampai bersih dan kering setiap selesai digunakan dengan menggunakan lap yang berdaya serap tinggi atau kain lap yang kering.
  • Janganlah melipat jas hujan dalam keadaan basah karena jas hujan yang dilipat dalam keadaan basah akan mengeluarkan bau yang tidak sedap akibat dari menempelnya keringat dan bakteri pada bagian dalam jas hujan yang telah dipakai.
  • Untuk mencegah agar jas hujan tidak robek akibat terkait  atau terjepit hindari menyimpan jas hujan di besi penjepit barang atau disimpan diantara jok dan tangki sepeda motor.
  • Hampir semua jas hujan terbuat dari plastik yang mudah meleleh bila terkena bara api oleh karena itu  Janganlah menyalakan api sambil memakai jas hujan atau jauhi orang yang sedang menyalakan api.
  • agar jas hujan awet dan terjaga kebersihannya maka simpanlah jas hujan di bagasi motor atau tas.

Cara mengatasi / memperbaiki jas hujan yang sobek:

Peralatan yang dibutuhkan:
  • Plastik yang mirip dengan bahan jas hujan.
  • gunting
  • koran bekas 
  • lem cair super
Pada musim hujan keberadaannya jas hujan sangat penting untuk melindungi tubuh kita dari percikan air hujan, tetapi sayangnya hampir semua jenis jas hujan terbuat dari bahan plastik yang mudah sekali robek, diawali dengan sobek sedikit saja maka dalam waktu yang singkat akan melebar dan membesar, sebelum robekan kecil pada jas hujan membesar tamballah jas hujan yang robek dengan cara-cara yang pernah saya lakukan untuk jas hujan saya, inilah caranya;
  1. Letakkan jas hujan di atas permukaan yang rata (bisa di atas meja yang besar atau lantai rumah) dengan posisi bagian yang robek berada di bawah,
  2. Untuk menahan cairan lem agar tidak tembus ke lantai letakanlah koran di bawah bagian jas hujan yang robek  
  3. Ukur dan guntinglah plastik yang mirip dengan bahan jas hujan kira-kira mampu menutupi bagian jas hujan yang sobek.
  4. Siapkan lem cair serbaguna yang cepat kering dalam hitungan detik dan mampu melekatkan berbagai macam bahan. hati-hati menggunakan lem jenis ini karena baunya sangat menyengat yang dapat merusak mata dan berdaya rekat kuat sekali, jauhkanlah mata dari lem ini dan bila kulit terkena lem cepatlah dibersihkan agar kulit kita tidak menempel pada benda lain atau kulit kita yang lain.
  5. Olesi plastik yang sudah diukur dengan lem kemudian tempelkan ke bagian jas hujan yang robek lalu tahan beberapa saat sampai lem mengering, usahakan plastik yang ditempel dan jas hujan yang robek tidak kusut atau tidak menempel rata karena kalau tidak maka air hujan masih bisa tembus ke dalam jas hujan melalui bagian yang robek meski sudah ditambal.
  6. Setelah lem mengering angkatlah jas hujan dari lantai kemudian lepaskan koran yang ada pada bagian bawah jas hujan.

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MERAWAT KULKAS/LEMARI ES

Kulkas adalah alat rumah tangga yang bekerja seharian penuh tanpa berhenti untuk mendinginkan bahan makanan atau minuman, untuk menjaga agar kulkas kita awet dan tahan lama maka perlu perawatan yang benar, dengan perawatan yang benar maka kulkas di rumah kita akan senantiasa terjaga kualitasnya. untuk lebih jelasnya silahkan baca uraiannya di bawah ini:


  • Kulkas di rumah digunakan untuk mendinginkan atau membekukan bahan makanan dan bahan minuman, oleh sebab itu untuk menjaga kebersihan dan kesehatan janganlah memasukan bahan kimia berbahaya dan benda tajam ke dalam kulkas karena akan mengkontaminasi makanan atau minuman di dalamnya..
  • Telah banyak orang mengetahui bahwa minuman kaleng khususnya yang bersoda bila dimasukkan ke dalam freezer kulkas akan pecah, karena cairan yang dibekukan akan bertambah volumenya  sehingga kaleng atau plastik pembungkus minuman akan pecah, oleh karena itu janganlah  menyimpan minuman kaleng atau botol ke dalam freezer.
  • Untuk menjaga agar udara di dalam kulkas selalu bersih dan segar maka usahakan selalu membungkus bahan makanan seperti sayuran, daging, ikan dengan wadah atau tempat plastik yang tertutup rapat, sehingga aroma atau bau dari bahan makanan tersebut tidak tersebar ke seluruh ruangan kulkas yang mengakibatkan terc1umnya bau yang tidak sedap saat kita membuka pintu kulkas, selain itu dengan membungkus bahan makanan dengan plastik tertutup akan menambah awet bahan makanan tersebut.
  • Hal yang sering terlewatkan adalah mengecek bak penampungan air yang ada di belakang kulkas, sehingga kita baru mengetahui kalau bak penampungan penuh dengan air setelah ada rembesan air yang berada di bawah kulkas, oleh karena itu sering-seringlah melihat ke belakang kulkas agar banyaknya air di bak penampoungan dapat dikontrol sehingga tidak luber saat penuh oleh air, selain itu air yang tergenang di bak penampungan akan menguindang nyamuk untuk bertelur di sana.
  • Suhu yang dingin di dalam kulkas sudah seharusnya distel menurut aturannya, yaitu disesuaikan dengan jumlah bahan makanan atau bahan minuman yang ada di dalamnya, bila anda sedang membekukan air atau di dalam kulkas penuh dengan makanan dan minuman sebaiknya menyetel tombol pengatur suhu pada posisi setengah putaran atau lebih, tapi bila kulkas kita minim bahan makanan atau minuman sebaiknya menyetel tombol pengatur suhu pada posisi low saja.
  • Sering kita menyimpan atau meletakkan posisi kulkas di rumah dekat dengan dinding atau bahkan ada yang rapat sekali dengan dinting sehingga mengakibatkan sulitnya mengontrol isi bak penampungan air atau mudahnya jamur berkembang biak di belakang kulkas, oleh sebab itu aturlah jarak bodi belakang kulkas dengan dinding rumah agar agak renggang minimal 25 senti meter dari dinding yang penting dapat mengeluarkan bak penampungan air tanpa menggeser kulkas dari tempatnya.
  • Badan kulkas adalah terbuat dari bahan yang tidak tahan terhadap cairan kimia yang berbau tajam maka saat membersihkannya cukuplah dengan air biasa saja, jangan menggunakan bensin, minyak tanah, atau 4lk0h0l karena akan merusak lapisan terluar bodi kulkas.

CARA MEMBERSIHKAN KULKAS/LEMARI ES

    Kebersihan perlalatan rumah tangga sangatlah penting karena akan berpengaruh pada kinerja alat dan kesehatan kita, apalagi kulkas adalah peralatan yang selalu berhubungan dengan penyimpanan bahan makanan yang tentu saja harus selalu dibersihkan agar makanan kita selalu higienis dan jauh dari bibit penyakit, berikut ini saya rangkum beberapa cara membersihkan kulkas atau lemari es di rumah.



    Peralatan yang dibutuhkan:
    • Spon lembut
    • Lap kering dengan daya serap tinggi
    • Sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon
    • Air hangat
    Cara membersihkan:
    1. Agar es yang ada di dalam kulkas mencair cabutlah kabel penghubung dari stopkontak listrik, selain itu untuk menghindari sengatan listrik kecil yang biasanya ada pada badan/bodi/sasis kulkas (biasanya terdapat pada kulkas tang tidak dipasang kabel grounding)
    2. Keluarkan seluruh makanan dan minuman yang ada di dalam kulkas dari mulai isi freezer, rak besar, dan rak yang ada di pintu bagian dalam.
    3. Lepaskan semua rak baik yang besar ataupun kecil kecuali rak yang da di bawah freezer (rak tempat menyimpan ikan atau daging) karena rak tersebut yang menampung tetesan air dari freezer untuk selanjutnya disalurkan ke bak penampungan yang ada di belakang kulkas
    4. Cucilah semua rak dengan menggunakan spon lembut yang telah dibasahi air yang telah dicampur sabun penciuci piring, setelah itu dibilas dengan air bersih, tiriskanlah dengan meletakkannya di tempat teduh atau diangin-anginkan, jangan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung karena akan mengakibatkan mudah keroposnya rak.
    5. Bersihkan bagian dalam kulkas menggunakan spon yang basah oleh air hangat yang telah dicampur dengan sabun pencuci piring, sedangkan untuk bagian luar menggunakan air dingin.
    6. setelah seluruh bagian di bersihkan maka tahapan selanjutnya adalah mengeringkannya menggunakan lap  kering, janganlah  dibilas, disemprot, atau disiram.
    7. Pada saat proses pencucian sesekali memeriksa bak penampungan air yang terletak di bagian belakang kulkas, bila bak penampungan sudah penuh dengan air segeralah dibuang lalu pasang kembalim ke tempatnya.
    8. Bila es di dalam freezer sudah habis atau mencair maka lepaskanlah rak yang ada di bawah freezer kemudian cucilah seperti mencuci rak yang lain.
    9. Bersihkanlah freezer seperti mencuci bagian dalam kulkas lalu keringkan menggunakan kain atau lap kering yang berdaya serap tinggi.
    10. Untuk sementara biarkan pintu kulkas dan pintu freezer terbuka lebar agar udara segar dapat masuk ke dalamnya sambil menunggu rak yang telah dicuci mengering.
    11. Setelah semua rak mengering pasanglah kembali pada tempatnya diikuti memasukkan kembali bahan makanan dan minuman ke dalam kulkas, sebelum memasukkan makanan atau munuman ke dalam kulkas bersihkanlah dahulu pembungkus atau botol minuman dengan lap lembab.

      CARA MERAWAT KULKAS/LEMARI ES AGAR AWET, BERSIH & TIDAK BAU

      Kulkas atau lemari es adalah salah satu alat elektronik yang berguna untuk mendinginkan bahan makanan atau bahan minuman agar segar saat akan digunakan, selain itu penempatan bahan makanan dan minuman di dalam kulkas akan menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang akan menampah awet bahan makanan tersebut, semua keuntungan yang didapat bila kita memasukkan bahan makanan atau bahan minuman ke dalam kulkas tidak akan kita raih bila kulkas yang kita miliki kurang mendapat perawatan sehingga akan berpengaruh pada kualitas kulkas. maka dari itulah di sini Saya sekedar membagi pengalaman saya saat memilikai kulkas di rumah.

      1. Aturlah tombol pengatur suhu yang berada di dalam kulkas, bila sedang membekukan air ke dalam frezer maka aturlah putaran suhu agar berada pada posisi high, bila es di freezer sudah jadi maka tombol pengatur suhu dapat dikembalikan lagi ke posisi normal.
      2. Selain membuat es, tombol pengatur suhu dapat pula diputar pada posisi high bila di dalam kulkas banyak sekali bahan makanan atau bahan minuman tersimpan karena dengan semakin banyaknya bahan makanan di dalam kulkas makan diperlukan suhu yang minimum agar dingin dapat merata ke seluruh area kulkas.
      3. Bagian paling atas dari lemari es adalah freezer maka dari itu pergunakanlah freezer khusus untuk membekukan saja, dan jangan menyimpan bahan makanan lainnya atau minuman botol dan minuman kaleng.
      4. Rak yang berada tepat di bawah freezer adalah tempat untuk menyimpan bahan makanan seperti ikan dan daging, sebelum daging atau ikan diletakkan di rak, maka bungkuslah bahan makanan tersebut dengan plastik atau wadah tertutup untuk mencegah menyebarnya bau dari bahan makanan tersebut.
      5. Setelah rak daging maka bagian rak yang berada di bagian tengah adalah tempat untuk menyimpan bahan makanan lainnya, 
      6. Rak yang berada di urutan paling bawah adalah tempat untuk menyimpan sayuran atau buah-buahan, bentuk dari rak ini umumnya berbentuk kotak dengan penutup kaca di atasnya.
      7. pada bagian pintu yang berada di dalam  terdapat rak kecil yang berada tepat di urutan paling atas, rak ini berguna untuk menyimpan telur, hal ini dapat dicirikan dengan bentuk rang yang berbentuk setengah lingkaran sehingga saat telur diletakkan di atasnya tidak akan bergerak sehingga mencegah telur untuk terjatuh dan pecah.
      8. Di bawah rak tempat menyimpan telur terdapat dua rak yang berfungsi untuk menyimpan minuman kaleng atau minuman botol berukuran kecil
      9. Rak yang berada di urutan paling bawah pintu adalah tempat untuk menyimpan botol minuman yang berukuran besar.
      10. Pastikan anda selalu melihat ke belakanng kulkas untuk membersihkan bak penampungan air
      11. Aturlah jarak kulkas dan tembok minimal 30cm untuk mencegah jamur tumbuh di belakang kulkas.

      CARA MEMASANG SELANG REGULATOR KE KOMPOR & TABUNG GAS

      Tahapan-tahapan memasang selang, regulator, kompor, dan tabung gas
      1. Longgarkan sabuk pengikat selang lalu masukkan ke ujung selang
      2. Masukkan ujung pipa yang terletak di belakang kompor ke ujung selang 
      3. Letakkkan sabuk pengikat ke ujung selang yang telah terpasang ke pipa kompor kemudian kencangkan memakai obeng
      4. Masukkan ujung selang yang lainnya ke dalam "pipa pelindung lentur"(terbuat dari logam berbuku)
      5. Longggarkan sabuk pengikat selang yang lain lalu masukkan ke ujung selang
      6. Masukkan regulator ke ujung selang yang lain lalu kencangkan sabuknya.
      7. Periksa! apakah karet seal tabung dalam kondisi baik?  bila baik lanjutkan ke poin8
      8. Pasang regulatur ke leher tabung gas dengan posisi tengak lurus lalu putar penguncinya 180derajat (searah jarum jam)
        
      Cara mengganti tabung gas kosong dengan tabung yang berisai gas 

      Mengganti tabung gas yang kosong dengan tabung gas yang isi adalah merupakan salah satu kegiatan yang umum dilakukan di setiap rumah tangga di Indonesia semenjak diberlakukannya konfersi bahan bakar minyak tanah ke gas 3Kg. Meski terlihat sepele ternyata penggantian tabung gas yang kurang hati-hati dapat menyebabkan masalah yang besar yaitu berupa bencana kebakaran, oleh sebab itu sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pelajarilah cara pemasangan tabung gas dengan benar seperti yang akan diuraikan di bawah ini:
      1. Lepaskan segel plastik yang menutupi lubang pada leher tabung
      2. Letakkan legulator pada lubang tabung kemudian tekan tegak lurus ke bawah
      3. Setelah regulator masuk ke leher tabung putarlah pengunci regulator  180derajat ke arah kanan(searah dengan putaran jarum jam)
      4. perhatikanlah apakah ada suara desis gas di daerah dekat regulator, bila bila tidak terdengar suara yang ganjil dan tidak terhirup bau gas yang menyengat maka kompor sudah dapat digunakan(saat memasukkan regulator ke leher tabung maka akan keluar gas yang sedikit saja dan hanya seaat selanjutnya bila regulator sudah terpasang pada tabung tidak akan ada lagi gas yang keluar, hal itu wajar saja asalkan bau yang keluar saat pemasangan  tidak berkelanjutan dan besar).
      5. Bila setelah regulatur terpasang ke tabung gas ada kebocoran gas dari sela-sela regulator dan leher tabung maka cepatlah mencabut regulator dari tabung dengan sebelumnya memutar tuas pengunci regulator ke arah kiri(berbalik arah denganputaran jarum jam)
      6. Periksa karet pengganjal yang berfungsi menahan kebocoran antara regulator dan leher tabung, bila karet tersebut sudah longgar gantilah dengan karet yang baru.
      7. Bila karet seal sudah diganti cobalah mengulangi memasang regulator ke tabung gas dari awal.

      HAL-HAL YANG MENYEBABKAN KEBOCORAN KOMPOR DAN TABUNG GAS

      Pemakaian kompor gas di Indonesia sudah merupakan pemandangan yang umum semenjak dilakukannya konfersi minyak tanah ke tabung gas tiga kilo gram, pada mulanya kehadiran tabung gas banyak ditolak oleh sebagian anggota masyarakat yang terbiasa memakai minyak tanah sebagai bahan bakar kompornya dengan alasan yang beragam diantaranya yaitu:
      • Masyarakat masih takut akan bahaya kebakaran yang sudah melekat pada bahan bakar jenis gas, ini dapat difahami karena jenis bahan bakar gas mudah sekali terbakar dibanding bahan bakar cair seperti minyak tanah yang sudah terbiasa digunakan.
      • Masih belum fahamnya masyarakat akan cara memakai kompor gas dan cara memasangnya, memang dalam hal ini pemasangan peralatan penunjang seperti memasang selang regulator dari tabung ke kompor perlu pengetahuan yang benar karena berhubungan dengan keselamatan.
      • Masyarakat takut kalau harga gas lebih mahal dari harga minyak tanah.
      Tapi setelah dilakukannya sosialisasi ke seluruh pelosok daerah oleh pemerintah maka sedikit-sedikit masyarakat mulai dapat menerima untuk dapat menggunakan gas sebagai bahan bakar memasak di rumah. meskipun masih banyak dijumpai kejadian kebakaran yang diakibatkan oleh tabung gas 3kg tersebut.

      Kebakaran yang terjadi akibat tabung gas kebanyakan adalah disebabkan oleh kebocoran gasnya bukan ledakan tabungnya, karena banyak ditemukan pada area kebakaran tabung gas 3kg masih tetap utuh. kebocoran gas disebabkan oleh kurang hati-hati saat pemasangan sehingga ada gas yang keluar dan berkumpul di ruangan tempat menyimpan gas tersebut sehingga saat menyalakan kompor maka gas yang berkumpul tadi langsung terbakar. Untuk menghindari bahaya kebakaran yang diakibatkan oleh kompor gas maka di bawah ini saya rangkum beberapa hal yang dapat mengakibatkan kebocoran gas.


      Hal-hal yang  menyebabkan kebocoran pada kompor dan tabung gas 3kg, 
      1. Longgarnya sabuk pengikat selang, longgarnya sabuk ini akibat kurang kencangnya saat pemasangan maka sering-seringlah memeriksa sabuk ini, bila longgar segera kencangkan menggunakan obeng.
      2. Selang yang belah atau sobek, robeknya selang penghubung gas dari tabung ke kompor dapat diakibatkan oleh gigitan tikus atau seringnya terkena tetesan minyak goreng panas atau mungkin memang selangnya yang sudah tua sehingga rapuh dan robek dengan sendirinya.
      3. Pemasangan regulator yang tidak pas ke tabung akibat karet seal yang sudah longgar atau sobek sehingga gas keluar tanpa hambatan, segeralah ganti karet seal yang robek atau sudah longgar dengan yang baru.
      4. Komponen di dalam kompor berkarat, hal ini diakibatkan oleh bahan pembuat saluran gas pada  kompor yang terbuat dari logam yang mudah berkarat ditambah lagi dengan area kompor yang lembab dan aktifitas memasak yang lebih banyak meghasilkan uap air, atau adanya tumpahan air pada saat memasak yang membasahi bagian kompor penyalur gas.
      5. Kurangnya ventilasi di ruangan tempat menyimpan kompor dan tabung, gas adalah suatu zat yang sangat mudah sekali terbakar, sedikit saja ada percikan api maka gas akan langsung terbakar, bila di ruangan tersebut terhirup bau gas segeralah buka pintu dan jendela dan jangan menyalakan kompor, api dan sakelar listrik.
      6. Tabung gas yang berkarat atau penyok yang mengakibatkan tabung berlubang sehingga gas keluar, kebakaran yang diakibatkan oleh hal ini jarang sekali terjadi tapi kemungkinan bisa saja terjadi, maka periksalah tabung gas saat mengisi ulang  janganlah menerima tabung yang terlihat berkarat atau penyok.

        MERAWAT KOMPOR GAS AGAR AMAN-AWET

        Keberadaan kompor bas di Indonesia bisa dianggap baru karena sebelumnya kebanyakan orang menggunakan kompor berbahan bakar minyak tanah untuk kebutuhan memasak di rumah, selain kompor minyak masih banyak pula anggota keluarga di pinggiran kota yang masih menggunakan kayu bakar untuk memasak di rumah, tapi setelah pemerintah membuat suatu kebijakan baru tentang konversi minyak tanah ke gas LPG ukuran tabung 3Kg maka mau tidak mau seluruh warga masyarakat ikut dengan program tersebut, apalagi peralatan diberikan secara lengkap dan gratis untuk masyarakat.

        Memang, untuk sementara waktu banyak masyarakat yang merasa kesulitan untuk melaksanakannya tetapi dengan gencarnya sosialisasi yang diberikan oleh pihak pemerintah maka masyarakatpun mulai mau menerima. Walaupun demikian tetap saja ada beberapa anggota masyarakat yang belum mengerti benar tentang cara memakai kompor gas tersebut sehingga banyak terjadi kebakaran yang salah satunya diakibatkan oleh kelalaian dalam pemasangan instalasi kompor gas, maka dari itulah pada saat iini saya akan memberikan beberapa cara merawat kompor gas agar aman dan awet, silahkan dibaca uraiannya di bawah ini.
        1. Untuk mendapatkan pertukaran udara segar maka di area dapur harus cukup ventilasi dan cahaya, hal ini sangat berguna sekali bila ada gas bocor dari tabung gas maka gas tersebut dapat terbuang lepas ke udara bebas.
        2. Gas adalah benda yang mudah sekali terbakar, benda apapun yang berada di dekatnya akan mudah terbakar jika ada percikan api kecil, maka dari itu jauhkan barang-barang yang muah terbakar dari kompor dan tabung gas.
        3. Selain gas yang mudah terbakar ternyata tabung yang berisi gas dapat meledak bila terbakar atau disimpan dekat area yang panas. jadi jauhkan tabung yang berisi gas dari kompornya.
        4. Pemakaian perlengkapan kompor gas yang berkualitas menjadi faktor penentu dalam menjaga keselamatan  dari bahaya negatip kompor gas, pakailah selang dan regulator standar SNI lengkap dengan pengukur tekanan dan pengaman kebocoran.
        5. Rajin-rajinlah dalam memeriksa komponen penghubung gas dari tabung ke kompor seperti: sabuk pengikat selang ke kompor dan regulator harus dalam keadaan kencang, selang terpasang rapi dan terlindung dan tidak sobek atau belah-belah.
        6. Bila terhirup bau gas di area dekat tabung gas maka segera buka semua pintu dan jendela, jangan nyalakan kompor, lampu, dan r0k0k karena percikan api sedikit saja dapat membakar gas yang ada di area tersebut
        7. Sering-seringlah memeriksa selang regulator, kompor, dan tabung gas agar terjaga dari kebocoran gas.

        MERAWAT DISPENSER AIR MINERAL DI RUMAH

        • Saat akan mengganti botol yang sudah habis dengan botol yang baru maka bersihkanlah dengan tisu khusus bagian yang saling bersentuhan seperti: bagian luar botol, leher botol, mulut dispenser tempat masuknya botol, dan tutup anti tumpah beserta sumbatannya.
        • Setelah botol terpasang di atas dispenser segera bersihkan badan bagian luar dispenser dan botol dari sisa-sisa air yang tercecer sampai kering.
        • Untuk menjaga kualitas air di dalam botol maka tempatkanlah dispenser pada daerah yang terhindar dari sinar matahari langsung.
        • Untuk menghindari tumbuhnya jamur pada dispenser berilah jarak antara dispenser dan tembok minimal 5cm.
        • Segera ganti keran yang bocor dengan yang baru dengan cara:
          
        Cara melepaskan keran dispenser yang rusak
        1.  Lepaskan botol dari dispenser kemudian tutuplah lubang botol dengan penutup yang mampu menutupi permukaan lubang untuk mencegah bibit penyakit masuk ke dalam botol,
        2. Buka seluruh skrup yang ada pada penutup bagian belakang badan dispenser.
        3. Lihat di bagian dalam dispenser di sana terdapat selang yang terhubung ke bagian belakang keran, cabutlah selang yang menuju keran tersebut dengan melepaskan penguncinya (biasanya berupa "ripet"),
        4. Putarlah mur keran ke arah kiri meggunakan tangan yang satu sementara tangan yang lain menahan keran dari depan dispenser agar tidak ikut berputar.
        5. Setelah murnya terlepas maka keran dapat dilepas dengan menariknya ke arah depan dispenser.
        6. Bawalah contoh keran bekas ke toko tempat anda membeli karena ada beberapa macam dan ukuran keran yang berbeda.

         Cara memasang keran dispenser baru:
        1. Lepaskan mur keran lalu  masukkan ujung keran yang berulir ke dalam lubang dari arah depan dispenser.
        2. Pasang mur keran ke ujung keran yang sudah masuk ke lubang dispenser.
        3. Putarlah mur keran searah jarum jam meggunakan tangan yang satu sementara tangan anda yang lain menahan keran air dari depan dispenser agar tidak ikut berputar.
        4. Masukkan selang penyalur air lalu kencangkan selang menggunakan ripet atau tali karet. 

        CARA MERAWAT GUNTING PISAU, GOLOK AGAR TETAP TAJAM

        Perkakas tajam yang kita miliki di rumah kebanyakan terbuat dari logam besi atau baja, pada penggunaannya seringkali berhubungan dengan air dan udara yang dapat mengakibatkan karat pada tekstur logam bagian luar, selain itu pemakaian yang sembarangan juga akan membuat perkakas kita menjadi tumpul yang akhirnya akan menyulitkan dalam penggunaan.

        Meski kita hidup di era digital tetapi untuk mengurus peralatan ini haruslah dirawat dengan tangan kita sendiri agar perkakas kita selalu siap sedia dimanapun dan kapanpun saat akan digunakan. untuk itu saya mengumpulkan beberapa informasi tentang cara merawatnya untuk anda, semoga bermanfaat.

        1. Gunakanlah perkakas ini sesuai kebutuhan pemakaiannya. contoh: pisau dapur digunakan untuk memotong daging, ikan, sayuran, dan bumbu. Gunting kertas digunakan hanya untuk menggunting kertas. Golok digunakan hanya untuk memotong kayu, pohon.

        2. Setiap selesai digunakan maka cucilah sampai bersih semua perkakas di atas lalu dilap sampai kering, untuk mencegah karat pada bagian logamnya maka lumurilah permukaan semua perkakas dengan minyak goreng yang masih bagus, apabila dianggap perlu bungkuslah perkakas dengan bahan yang dapat melindungi dari air dan dapat melindungi alat dari terbentur benda lain.

        3. Jika perkakas anda sudah terasa tumpul segeralah diasah sampai tejam dan rata. untuk pisau dan golok boleh diasah dengan batu asahan sambil sesekali membasuhnya dengan air agar kita dapat langsung bisa mengetahui apakah alat yang kita asah sudah tajam atau belum, bisa juga mengasah dengan gerinda.khusus untuk gunting ada beberapa metoda yang banyak orang lakukan untuk mengasahnya diantaranya yaitu:
        • untuk guntung kertas yang berukuran kecil caranya adalah dengan menggunting beberapa lembar daun tebu atau daun bambu, dengan cara ini diharapkan bagian gunting yang berfungsi memotong akan terasah secara alami sedikit-demi sedikit oleh kedua permukaan daun yang kasar.
        • untuk gunting kain dapat  mengasahnya menggunakan  batu asahan, yang diasah adalah bagian yang miringnya saja yaitu yang tidak saling bersentuhan ketika digunakan, perhatikan bagian gunting yang diasah jangan sampai salah karena jika salah maka bukannya gunting menjadi tajam malah bertambah tumpul.
        4. hati-hatilah dalam menggunakan alat karena permukaan dari perkakas-perkakas ini sangatlah tipis sehingga mudah sekali patah atau rompal bila terkena benda keras lainnya seperti batu dan logam.

        5. Simpanlah semua perkakas tajam di tempat-tempat aman dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

        CARA MERAWAT RICE COOKER/MAGIC JAR/MAGIC COM

        Alat penanak nasi listrik  sudah dirancang dengan berbagai kelebihannya tetapi bila kita kurang faham akan cara merawatnya maka alat ini akan mudah sekali rusak atau berkurang kegunaannya, oleh karena silahkan baca beberapa tips untuk merawat  jenis penanak nasi elektronik di bawah ini:
        • Jangan memasak air dengan rice cooker / magic jar / magic com (kecuali ada rekomendasi pabrik), alat penanak nasi elektronik ini dirancang untuk menanak nasi yang secara otomatis akan mati bila suhu di dalam pancinya mencapai suhu tertentu yang sesuai dengan keadaan nasi yang sudah matang. suhu matangnya nasi berbeda dengan suhu mendidihnya air, bila alat ini dipaksakan untuk memasak air maka yang terjadi adalah kita tidak akan tahu kapan air mendidih karena komponen thermostate tidak akan mematikan listrik secara otomatis yang mungkin terjadi adalah habisnya air di dalam panci karena menguap (kecuali kita melihat langsung ke dalam panci dengan membuka tutupnya)
        • Nasi yang sudah matang matang bisa didiamkan dalam panci magicjar dalam keadaan menyala tidak lebih dari 12jam,.karena bila nasi terlalu lama dalam magic jar yang menyala akan mengurangi rasa nasi dan tekstur nasi sudah berubah dan kering akibat penguapan.
        • Jangan merendam panci magic jar yang masih dalam keadaan panas dengan air dingin karena akan merusak lapisan teflon, suatu benda yang mengalami perubahan suhu secara mendadak dari panas ke dingin akan merusak tekstur benda tersebut
        • Jangan mencuci panci teflon dengan sikat kawat karena akan mengikis lapisan anti lengketnya, pakailah spon lembut untuk membersihkannya.
        • Jangan memcuci beras dengan panci rice cooker dikhawatirkan tekstur beras yang keras dan kasar akan merusak lapisan teflon/anti lengketnya.
        • Bersihkanlah bagian luar dan dalam magic jar yang sudah dingin dengan menggunakan spon basah lembut kemudian dilap sampai kering.
        • Lepaslah kabel penghubung dari stopkontak bila alat penanak nasi sedang tidak digunakan

        CARA MERAWAT SETRIKA/LICINAN/GOSOKAN OTOMATIS

        Setrika listrik adalah salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang dalam penggunaannya mengalami pergerakan yang sangat tinggi dan rentan terhadap kerusakan bila kita kurang paham dalam merawatnya, berikut ini saya rangkum beberapa cara agar setrika anda awet dan tahan lama:
        • Saat menggunakan setrika pakailah alas setrika yang terbuat dari bahan yang tahan panas dan tidak lengket, sekarang telah banyak dijual busa khusus untuk alas setrika yang tahan panas.
        • Aturlah posisi tombol pengatur suhu agar sesuai dengan jenis pakaian yang akan disetrika karena setiap pakaian mempunyai jenis kain yang berbeda-beda sehingga apabila salah dalam menentukan suhu setrika maka pakaian akan menjadi rusak akibat terlalu panas atau sebaliknya pakaian tidak akan rapi karena suhunya terlalu rendah, apabila anda akan menyetrika pakaian yang berbahan katun maka aturlah posisi tombol pengatur suhu pada  "catoon".
        • Karena aktifnya pergerakan setrika saat digunakan maka kabel penghubung ke stopkontak sering sekali melilit yang mengakibatkan terputusnya kabel dan terkelupasnya lapisan pembungkus kabel yang dapat membahayakan pemakainya, untuk mencegahnya segeralah luruskan kabel penghubung yang  melilit setelah digunakan.
        • Hindari menyetrika bagian pakaian yang terbuat dari bahan plastik dan logam seperti kancing dan resleting, karena akan merusak lapisan terluar setrika atau bahan anti lengket, karena bila lapisan anti lengket sudah terkikis maka setrika tidak akan licin lagi saat digunakan.
        • Apabila dengan tidak sengaja menyetrika bagian pakaian yang terbuat dari bahan plastik dan logam seperti kancing dan tresleting lalu bagian bawah setrika kotor oleh plastik yang menempel janganlah mengampelasnya, gunakanlah minyak khusus yang disemprotkan pada saat setrika dalam keadaan panas kemudian dilap dengan kain kering.
        • Simpanlah setrika di tempat aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.

        CARA MERAWAT MEBEUL KAYU ATAU PAPAN PRESS AGAR AWET/TAHAN LAMA

        gambar meja yang terkena noda bekas alas gelasPeralatan rumah tangga yang terbuat dari bahan kayu pres atau particle board mempunyai beberapa kelebihan diantaranya:
        • Bentuk dan warnanya yang indah 
        • Terdiri dari beberapa bagian yang dapat dipisahkan sehingga dapat dibongkar pasang dengan mudah dan cepat .
        Tetapi dibalik kelebihan itu ada beberapa kekurangan yang tersembunyi yang tidak tampak secara langsung dan terasa setelah melewati beberapa waktu, beberapa kekurangannya diantaranya yaitu:
        • Mudah ditumbuhi jamur, mebel kayu yang tidak dilapisi cat akan mudah sekali ditumbuhi jamur seperti yang terbuat dari bahan particle board karena pada umumnya jenis ini melapisi bagian terluarnya dengan bahan kertas.
        • Mudah hancur oleh air yang meresap, bahan kayu pres atau particle board terbuat dari serbuk kayu yang dicampur bahan lem dan di pres sehingga di dalamnya terdapat banyak rongga yang sangat mudah sekali ditembus oleh cairan, dengan meresapnya air ke dalam particle board maka akan terlepaslah bubuk kayu tersebut sehingga mengakibatkan hancurnya papan pres.
        • Tidak tahan beban berat, karena dibuat dari serbuk kayu maka tidak ada serat-serat yang menguatkan jenis papan press ini tidak seperti bahan papan yang diambil langsung dari pohon yang ikatan seratnya sangat kuat.

        Cara merawat meubel yang terbuat dari papan pres atau particle board
        1. Untuk menghindari tumbuhnya jamur cobalah melapisi seluruh permukaan mebel anda dengan cat, plitur, atau vernis. Apabila mebel anda berbahan dasar serbuk gergaji (particle board) maka untuk mencegah tumbuhnya jamur dapat melapisinya dengan cat melamin. 
        2. Tembok yang lembab adalah salah satu tempat pas untuk tumbuhnya jamur maka jauhkanlah mebel kayu anda dari tembok, beri jarak mebel dan tembok minimal 5cm.
        3. Khusus untuk lemari pakaian simpanlah  pewangi yang bisa mengusir serangga, ngengat, rayap dan lain-lain atau yang mengandung bahan anti jamur.
        4. Kebanyakan lemari tidak dirancang untuk menahan berat benda yang ada di atasnya maka hindarilah meletakkan barang-barang yang berat di atas mebel anda.
        5. Lapisan cat pada meja yang berbahan dasar kayu, hampir semua jenis kayu tidak tahan terhadap panas maka usahakan tidak meletakkan wadah yang berisi makanan atau minuman panas seperti kopi panas atau teh panas, bila hal itu anda lakukan juga maka di tempat bekas anda meletakkan wadah yang berisi makanan atau minuman panas akan meninggalkan bekas yang sulit untuk dibersihkan dan hanya dengan mengecat ulang cat masalah itu dapat teratasi, maka usahakanlah memakai tatakan/alas antara meja dengan wadah tersebut.
        6. Kayu adalah salah satu barang yang mudah keropos/hancur bila dalam keadaan basah maka apabila meubel anda terkena air maka cepatlah dilap sampai kering.