12 January 2013

CARA MEMASANG KABEL GROUNDING-ARDE LEMARI ES-KULKAS

Sering kita jumpai di setiap rumah terdapat kulkas yang nyetrum bila bersentuhan dengan kulit kita atau terbakarnya stopkontak yang terhubung dengan steker/colokan kulkas, hal itu disebabkan oleh tidak terpasangnya kabel grounding pada stopkontak dan tidak terhubungnya badan/sasis kulkas dengan grounding.

Semua masalah itu dapat teratasi bila pada stopkontak terpasang kabel grunding dan kabel kulkas memakai tiga kabel yang dilengkapi steker yang berfungsi menghubungkan badan/sasis kulkas ke plat grounding pada stopkontak, tapi jarang sekali semua kondisi itu  ada pada kabel kulkas dan stokkontak karena hampir semua kabel listrik pada kulkas memakai steker yang berbentuk pipih yang tidak dilengkapi dengan plat penghubung grounding ke stopkontak ditambah lagi dengan kabelnya sendiri yang hanya berisi dua kabel.

pada stopkontak yang ada di rumah-rumah tempat tinggal jarang yang dilengkapi grounding, padahal kabel grounding sangat berguna sekali penggunaanya untuk alat-alat elektronik yang berdaya/watt besar dan selalu terhubung ke stopkontak.

Mungkin untuk pemasangan grounding pada stopkontak tidak akan saya jelaskan di sini karena tidaklah begitu sulit karena pada umumnya sudah terpasang pada pemasangan awal instalasi listrik oleh PLN. Tetapi untuk pemasangan kabel grounding pada kulkas akan dijelaskan secara sederhana dan sedikit modifikasi.


Peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan:
  • Tang kombinasi
  • Obeng plus
  • Obeng minus
  • kabel NYM serabut atau tunggal dengan diameter maksimal 1,5mm dengan panjang kira-kira 1,5m atau lebih panjang dari kabel listrik kulkas.

 Cara merakit:

grounding kulkas
grounding kulkas 1
1. Kupaslah kulit kabel NYM sampai terlihat kawat tembaganya kemudian hubungkan dengan sekrup yang menempel pada sasis atau rangka besi kulkas yang terletak di belakang kulkas bagian bawah dekat area mesin pendingin(kompresor), bila tidak ada sekrup tersebut maka carilah sekrup lain yang terhubung ke badan kulkas yang terbuat dari logam.
grounding kulkas
grunding kulkas 2
2.Pasanglah kabel NYM pada sekrup sasis kulkas dengan cara: longgarkan baudnya menggunakan obeng tapi jangan sampai terlepas dari ulir sasis kemudian lilitkan tembaga kabel  ke leher baud kemudian kencangkan baudnya sampai kabel terpasang kuat pada sasis kulkas.

3. Urutkan kabel mengikuti alur kabel listrik kulkas sampai mendekati stekernya lalu ikat kabel kulkas dengan kabel grunding yang kita urut tadi menggunakan isolasi.

4. Setelah kabel grounding yang terhubung ke sasis kulkas telah dekat ke steker kulkas maka hubungkanlah kabel itu ke salah satu plat yang terdapat pada kedua sisi stopkontak(plat ini dapat terlihat langsung dari depan stopkontak bukan dari lubang stopkontak), plat ini adalah plat grounding yang terhubung ke arde/grounding instalasi rumah.

5. Ada satu cara lain yang lebih aman untuk menghubungkan kabel grounding yang telah terhubung ke sasis kulkas dengan plat grounding yang terdapat pada stopkontak yaitu dengan mengganti steker kulkas yang pipih dengan steker yang bulat dan agak besar yang mempunyai dua buah plat di kedua sisi terluarnya, dengan menggunakan stopkontak jenis ini maka kabel grounding yang terhubung ke sasis akan secara otomatis terhubung ke plat grounding yang terdapat pada stopkontak. cara memasang kabel pada ssteker yang dilengkapi plat grounding:  Bukalah skrup steker lalu conkel agar seteker terbelah menjadi dua bagian kemudian pasang kabel listrik kulkas ke masing-masing lubang jari steker yang terdapat di dalam badan steker dengan melonggarkan sekrupnya lalu setelah kabelnya masuk kencangkan lagi sekrupnya. hubungkan ujung kabel yang telah terpasang ke sasis kulkas ke plat yang terhubung ke kedua buah plat kecil yang berada di sisi terluar steker dengan cara memasangnya ke plat yang bersekrup yang terletak di tengah-tengah dan bagian dalam steker.

6. Cobalah memasukkan steker kulkas ke stopkontak lalu sentuhlah badan kulkas yang biasa nyetrum bila tersentuh kulit, bila badan kulkas tidak nyetrum berarti pemasangan grounding kulkas sudah benar.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic