Home » , » PERALATAN/PERKAKAS PEMELIHARAAN INSTALASI LISTRIK

PERALATAN/PERKAKAS PEMELIHARAAN INSTALASI LISTRIK

Perkakas atau peralatan yang digunakan untuk instalasi listrik perlu dimiliki oleh seorang instalatir atau pemilik rumah yang selalu mengurus sendiri kelistrikan di rumahnya. Tanpa adanya perkakas yang standar maka kita akan kesulitan untuk mengerjakan instalasi listrik karena masing-masing perkakas tersebut memiliki kegunaan atau fungsi yang berbeda-beda. oleh karena itu sangatlah penting untuk memiliki perkakas tersebut apalagi sampai mengetahui kegunaan dan fungsinya. Berikut ini Saya kumpulkan beberapa peralatan standar yang biasa/umum dipakai untuk memasang atau memeliharan instalasi listrik
 mudah-mudahan berguna bagi anda yang sedang belajar atau hanya sekedar ingin menambah wawasan.

1. Obeng plus dan minus, alat ini digunakan untuk melepaskan skrup atau baud, penggunaannya disesuaikan dengan bentuk kepala sekrup, untuk kepala skrup yang berbentuk  "+" maka yang digunakan adalah obeng plus, tapi bila kepala sekrup berbentuk"-" maka yang digunakan adalah obeng minus. 
2. Tang kombinasi, alat ini dapat digunakan untuk berbagai  keperluan seperti:
  • membuat simpul pada sambungan kabel, yaitu dengan cara menjepit kedua ujung kabel lalu diputar satu arah,
  • memotong kabel/kawat, dengan menjepit kabel pada bagian yang tajam, maka kabelpun akan terputus
  • mengupas kabel, pada merek tertentu tang kombinasi ini dilengkapi dengan bagian untuk mengupas kabel tanpa memotong kawat yang berada di dalam pembungkus kabel.


  • 3. Tang monyong atau tang buaya, fungsinya mirip dengan tang kombinasi hanya saja dengan bentuknya yang meruncing dapat digunakan untuk membuat lingkaran/cincin pada ujung kabel untuk dipasang pada sekrup sehingga memudahkan dalam hal pemasangnnya pada titik terminal atau konektor kabel.

    4. Tespen, adalah alat untuk menguji ada tidaknya arus listrik atau setrum pada konduktor, dengan menggunakan alat ini kita dapat mengetahui kabel mana yang bermuatan positip, negatip atau ground.Selain itu alat ini dapat mendeteksi ada tidaknya arus listrik pada alat elektronik sehingga dapat mempermudah saat perbaikan.

    5. Palu, Ternyata alat ini bukan hanya digunakan oleh tukang bangunan saja tetapi tukang listrikpun memerlukannya, palu digunakan untuk memasang klem kabel atau memasang peralatan lain yang menggunakan paku untuk ditancapkan.

    6. Avo meter, adalah alat untuk mengukur arus listrik, tegangan, dan hambatan listrik, pada instalasi listrik digunakan untuk mengukur peralatan elektronik atau peralatan listrik dengan menyetel tombol pada arah panah yang sesuai. pada peralatan listrik biasanya digunakan untuk mengukur koneksi yang terputus.

    7. Tang potong (knife tang), sesuai dengan namanya alat ini digunakan untuk memotong kabel baik kabel tunggal ataupun kabel serabut. Bagi para instalatir listrik tang pemotong biasa digunakan bersama tang monyong,

    8.  Pisau potong (cutter), digunakan untuk mengupas pembungkus kabel tunggal seperti untuk mengupas kabel NYM, selain itu pisau ini berguna untuk mengerik kabel yang berjamur atau karat.

    9. Gerjaji besi, meskipun penggunaannya jarang tapi alat ini berguna untuk memotong pipa PVC yang akan ditanam di dinding tembok untuk jalur kabel. .



    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.