Cara membuat Lem untuk Kertas Karton

Lem lak, juga dikenal sebagai lak segel, adalah lem batu aki yang digunakan untuk menyegel dokumen. Lem lak juga dikenal sebagai lem bakar, sealing wax, dan siegellack.

Cara membuat Lem untuk Kertas Karton

Lem lak yang dibahas kali ini adalah  sejenis lem lak yang kering untuk merekatkan karton dan kertashampir sama dengan artikel sebelumnya tentang "Cara Membuat Lem Kertas Padat, Awet Bisa Dipakai Suatu Waktu", hanya yang membedakan adalah bahan-bahannya saja sedangkan Cara penggunaan, peralatan dan bentuk produksi yang dihasilkan tidak jauh berbeda.


Bahan baku (Resep /Formula):
  1. 1000 gr Shellac
  2. 1.000 gr Vernice Terpentyn Faetitus
  3. 3.000 gr Rasin (hars)

Alat yang digunakan:

  1. Gelas ukur 100cc dan 500cc  
  2. Sendok besar    
  3. Gayung/ciduk
  4. Timbangan dengan berat maksimum 1.000gr
  5. Ketel rebus
  6. Kompor, Baskom/panci  
  7. cetakan

Cara membuat:
  1. Siapkan 1000 gr Shellac,1.000 gr Vernice Terpentyn Faetitus, dan3.000 gr Rasin (hars). Masukikan semua bahan tersebut ke dalam ketel rebus. Panaskan ketel di atas kompor menyala,  biarkan  sampai mendidih sehingga semua bahan meleleh dan mencair. 
  2. Siapkan cetakan berupa kotak-kotak dengan ukuran yang sesuaikan dengan kebutuhan. Lapisi dinding bagian dalam cetakan dengan kertas tipis untuk memudahkan pengambilan produk. Masukan cairan dari dalam ketel ke cetakan. Setelah seluruh cetakan terisi dengan cairan lem, maka diamkan selama tiga hari untuk proses pengeringan.
  3. Apabila cairan telah berubah menjadi padat dan kering maka lem lak sudah jadi dan selanjutnya sudah dapat dilepaskan dari cetakan.
  4. Bungkuslah lem tersebut dengan kertas selanjutnya dimasukkan ke dalam kotak-kotak karton sebagai kemasannya.

Cara Menggunakan:

Cara menggunakannya adalah dengan merendam lem kertas ini di dalam air, perbandingannya adalah setiap 1.000cc air bersih dapat dipakai untuk lem dengan berat 1.000gr/1kg. waktu perendaman tidak terbatas, asalkan lem sudah hancur dan air sudah berubah menjadi kental maka lem sudah dapat digunakan. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana membuat lem kertas keras ini silahkan dibaca penjelasannya di bawah ini.

Sumber: INDUSTRI RUMAH TANGGA, 'Cara membuat Lem Lak untuk Kertas dan Karton'

Post a Comment for "Cara membuat Lem untuk Kertas Karton"