Cara Membuat Lem Untuk Karet dan Kulit

Lem adalah media untuk merekatkan dua buah benda agar menempel dengan kuat. Menurut penggunannnya, terdapat beberapa jenis lem yang populer, diantaranya yaitu lem kertas, lem kayu, lem kulit, dan lem karet.

Berikut adalah beberapa merek lem yang dapat digunakan untuk merekatkan karet dan kulit:

  • Lem Dextone Contact Adhesive, Lem kuning yang diformulasikan khusus yang biasanya dipakai untuk merekatkan kulit, karet (busa), kayu, formika, vinyl, karpet, dll.
  • Lem kuning yang diformulasikan khusus untuk merekatkan kulit asli, karet (busa), kayu, formika, vinyl, dan karpet. Lem ini memiliki daya rekat yang baik dan tahan lama.
  • Lem Aica Aibon
  • Lem kuning yang dapat digunakan untuk merekatkan berbagai material seperti HPL, plywood, karet, kulit (leather), hingga plat metal.
  • Lem Rajawali
  • Lem serbaguna yang dapat digunakan untuk merekatkan kulit, karet, plastik, kayu, dan logam.
  • Lem Loctite 406
  • Perekat instan yang encer seperti air dan cepat kering. Lem ini ideal untuk menempelkan bahan plastik dan karet elastis.
  • Lem Fox Biru lem buat sepatu kulit babi. lem untuk kulit jok motor. lem jok motor paling kuat. lem untuk busa jok motor.
  • Lem yang dapat digunakan untuk merekatkan karpet, sandal, kulit, HPL, dan karet. 

Kali ini Admin akan  mermbahas lem yang digunakan untuk merekatkan karet, kulit, dan lain-lain yang memerlukan daya rekat yang kuat. Contoh merek yang mirip dengan jenis lem ini adalah Fox dan Aibon. untuk lebih jelasnya mari kita ikuti bagaimana cara membuatnya...

Cara Membuat Lem Untuk Karet dan Kulit


Bahan Baku (Resep/Formula):
  1. 1.000cc/1liter Bensin
  2. 200gr Crepe rubber
  3. 35gr Mastic Vernice

Alat-alat:
  1. Botol-botol kemasan
  2. Gayung/ciduk
  3. Gelas ukur 100cc dan 500cc
  4. Ketel rebus
  5. Kompor, Baskom/panci
  6. Sendok besar
  7. Timbangan dengan berat maksimum 1.000gr

Cara membuat:
  1. Siapkanlah sebuah kaleng berpenutup ulir, masukkan 1.000cc/1liter Bensin dan 200gr Crepe rubber. Lalu tutup kaleng dengan rapat dan diamkan sampai Crepe rubber hancur dan kedua bahan tersebut menyatu dan terlihat seperti bubur.
  2. Buka tutup kaleng, masukkan 35gr Mastic Vernice, aduk sampai menyatu dengan campuran sebelumnya. Tutup kaleng dengan rapat, agar bensin tidak banyak menguap.
  3. Pindahkan lem yang sudah jadi ke dalam botol-botol kemasan dengan tutup yang sangat rapat.

Sumber: INDUSTRI RUMAH TANGA, "Cara Membuat Lem Untuk Karet dan Kulit"

Post a Comment for "Cara Membuat Lem Untuk Karet dan Kulit"