Cara Membuat Lem Kertas Padat, Awet Bisa Dipakai Suatu Waktu

Mungkin Anda sama seperti Saya, menginginkan lem kertas yang bisa tahan lama tanpa takut mengering. Bila anda jarang menggunakan lem kertas, namun suatu saat butuh tentu saja membuat lem kertas yang anda beli di toko ATK menjadi kering hingga tidak bisa dipakai lagi. Namun jangan kuatir, di bawah ini akan Saya beritahu cara membuat lem kertas agar awet.

Cara Membuat Lem Kertas Padat, Awet Bisa Dipakai Suatu Waktu

Lem kertas yang satu ini sangat berguna sekali untuk merekatkan kertas-kertas tebal seperti kertas karton atau kertas duplek, bentuknya yang kering dan berupa padatan membuat jenis lem ini awet walaupun disimpan di tempat terbuka dalam waktu yang lama.

Cara menggunakannya adalah dengan merendam lem kertas ini di dalam air, perbandingannya adalah setiap 1.000cc air bersih dapat dipakai untuk lem dengan berat 1.000gr/1kg. waktu perendaman tidak terbatas, asalkan lem sudah hancur dan air sudah berubah menjadi kental maka lem sudah dapat digunakan. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana membuat lem kertas keras ini silahkan dibaca penjelasannya di bawah ini.


Bahan-bahan (Resep / formula):

  1. 1000cc Air
  2. 300gr Gummi Arabicum
  3. 200gr Gelatine
  4. 50gr Tragacanth
  5. 100cc Glycerine
  6. 4cc Phenol Liquid

Alat-alat:

  • Ketel rebus
  • Kompor, Baskom/panci
  • Gelas ukur 100cc dan 500cc
  • Timbangan dengan berat maksimum 1.000gr
  • Sendok besar
  • Gayung/ciduk
  • Botol-botol kemasan

Proses pembuatan:
  1. Siapkan sebuah sebuah baskom/panci lalu masukkan 1000cc Air, 300gr Gummi Arabicum, 200gr Gelatine, dan 50gr Tragacanth. Kemudian diamkan selama 24 jam sampai seluruh bahan-bahan menjadi lunak.
  2. Pindahkan Bahan yang sudah lunak ke dalam ketel rebus lalu panaskan dengan api sedang, kebutuhan panas untuk melelehkan bahan-bahan sekitar 50 - 60 Celsius.
  3. Setelah mendidih, masukka 100cc Glycerine dan 4cc Phenol Liquid. Kemudian aduk rata.
  4. Padamka api, masukkan cairan ke dalam cetakan (Berbentuk kotak) yang sebelumnya dilumuri dengan lilin untuk memudahkan saat melepas lem dari cetakan. diamkan selama 5-6 hari sampai lem benar-benar kering.
  5. Setelah lem mengeras lepaskanlah dari cetakan kemudian bungkuslah dengan kertas minyak lalu masukkan ke dalam kotak-kotak karton.

Sumber: INDUSTRI RUMAH TANGGA, "Cara Membuat Lem Kertas Keras"

Post a Comment for "Cara Membuat Lem Kertas Padat, Awet Bisa Dipakai Suatu Waktu "