TIPS MERAWAT LEMARI PLASTIK

Terdapat banyak bahan pembuat lemari yang ada di pasaran mulai dari kayu, particle board, dan plastik. Semua lemari yang dibuat dengan behan-bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan cara perawatan yang berbeda-beda pula.

Pada kesempatan ini Saya hanya akan menjelaskan tentang cara merawat lemari kain/pakaian/baju yang terbuat dari bahan plastik. Bentuk dari lemari ini kebanyakan adalah kotak dengan ketinggian antara satu meter sampai dengan satu meter lebih, terdiri dari beberapa tingkatan yang berupa laci-laci besar, pada laci bagian atas terdapat tempat khusus untuk menyimpan barang-barang selain pakaian.

Sebelum Saya menjelaskan Cara merawat, pertama-tama Saya akan jelaskan dulu kelebihan dan kekurangan dari lemari baju yang berbahan plastik ini seperti yang dijelaskan di bawah ini:


Kelebihan:
  • Karena terbuat dari bahan plastik  yang tipis maka lemari ini sangat mudah untuk dipindahkan yang berbeda sekali dengan jenis lemari yang terbuat bahan kayu atau particle board yang sangat berat meskipun di dalamnya kosong.
  • Dari pabrik pembuatnya, jenis lemari ini dibuat dengan beberapa bagian yang dapat dipasang dan dibongkar dengan mudah sehingga sangat memudahkan dalam pengangkutan.
  • Inilah salah satu kelebihan dari lemari plastik yaitu sulit ditumbuhi jamur yang biasanya terdapat pada jenis lemari  yang berbahan kayu atau particle board.
  • Karena dibuat dengan cara dicetak maka lemari ini ukurannya hampir simetris.

Kekurangan 
  • Setiap bagian pada lemari ini  mudah terlepas karena terdiri dari bagian-bagian yang terpisah dan hanya saling kait satu sama lain, jadi antar tumpukan rentan terlepas.
  • untuk beberapa jemis lemari yang dilengkapi dengan engsel maka engsel tersebut mudah rusak karena terbuat dari bahan plastik yang tipis dan ringan maka jenis lemari ini sangat mudah rusak akibat gigitan tikus.
  • Sistem penguncian yang kurang kuat sehingga kurang aman untuk dijadikan tempat penyimpan barang-baramng berharga.

Cara memindahkan lemari  

Apabila kita akan merubah posisi lemari  maka sebelumnya hendaklah dikeluarkan dulu seluruh barang-barang yang ada di dalamnya, karena bila tidak maka pada saat memindahkan akan ada sambungan antar bagian yang terlepas atau patah karena lemari tidak mampu menahan bobot yang ada di dalamnya, selain itu akan menghambat proses pemindahan ke tempat lain karena bobot lemari yang berat oleh barang-barang yang ada di dalamnya.


Untuk memudahkan saat pengangkatan lemari saat akan dipindahkan maka selain ininya yang dikeluarkan tapi tekhnik/cara mengangkatnyapun perlu diperhatikan dengan benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, caranya adalah dengan meletakkan telapak tangan pada bagian terbawah lemari, dengan cara ini maka lemari akan mudah dipindahkan, usahakan jangan memegang bagian atas atau bagian tengah lemari saat diangkat karena bila itu anda lakukan maka sambungan pada tiap-tiap bagian lemari yang terdekat dengan tangan kita akan terlepas.


Cara membersihkan lemari
  • Untuk membersihkan debu pada bagian luar lemari cukup disapu dengan kamoceng atau kain kering, bila terdapat noda yang sedikit membandel gunakanlah kain lembab untuk menghilangkannya, setelah itu dilap lagi dengan kain bersih dan kering sampai tidak ada sisa butiran-butiran air yang menempel.
  • Untuk membersihkan bagian dalam lemari, keluarkan dulu seluruh isinya kemudian tarik keluar seluruh laci  dan bersihkan laci beserta rangka bagian dalam lemari dengan kain lembab dan jangan lupa keringkan dengan lap yang bersih dan juga kering.     
  • Lakukan juga pengecekan pakaian yang berada di dalam lemari terutama untuk pakaian yang jarang dipakai atau berada pada tumpukan bagian bawah karena pakaian tersebut biasanya memiliki bau apak karena jarang dipakai, keluarkanlah pakaian tersebut lalu bersihkan bagian dalam laci kemudian  cuci ulang pakaian tersebut agar bau apaknya hilang lalu setelah bersih dan disetrika simpan lagi ke dalam lemari.

Hal-hal yang perlu dihindari:
  • Jangan membersihkan lemari dengan bahan pembersih yang berbau tajam seperti 4lk0hol, bensin, atau minyak esensial. Karena ada beberapa lemari plastik tidak tahan terhadap beberapa jenis cairan tersebut, tapi bila anda terpaksa menggunakannya karena hanya bahan tersebut yang dapat membersihkan noda pada lemari plastik anda maka lakukanlah sedikit dulu pada bagian yang tidak terlihat langsung, jadi bila cairan tersebut merusak plastik lemari maka anda dapat menghentikannya langsung dan bagian plastik yang rusak tersebut dan tidak terlihat secara langsung .
  • Hindari menyimpan barang-barang dengan bobot yang sangat berat karena dapat menyebabkan patahnya lemari.
  • Jangan mengangkat lemari yang masih penuh dengan pakaian atau barang-barang di dalamnya karena menambah berat dan merusak lemari seperti yang dijelaskan sebelumnya.

1 Response to "TIPS MERAWAT LEMARI PLASTIK"

  1. Saya setuju..
    Semua kelebihan dari lemari plastik tidak dimiliki oleh lemari-lemari berbahan lain.
    Sedangkan semua kekurangan dari lemari plastik yang tersebut di atas, juga adalah kekurangan bagi lemari-lemari berbahan lain. (kekurangan itu sudah lumrah) :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.