Home » » SEJARAH HAIR DRYER (PENGERING RAMBUT)

SEJARAH HAIR DRYER (PENGERING RAMBUT)

Sebelum pengering rambut ditemukan banyak kaum pria ataupun wanita mengeringkan rambutnya dengan vacuum cleaner. Bahkan model asli pengering rambut diciptakan pada tahun 1890 oleh Alexander Godefroy dengan mengambil inspirasi dari vacuum cleaner. Alexander menciptakan pengering rambut untuk digunakan di salon rambutnya di Perancis yang bentuknya tidak praktis karena belum bisa dibawa-bawa ke mana-mana karena hanya bisa digunakan di sebuah tempat duduk, jadi pengguna tinggal duduk di kursi tersebut dan langsung menggunakan pengering rambut tersebut. Sebuah pengering rambut memiliki kubah plastik keras yang dapat turun ke bagian kepala orang yang akan mengeringkan rambutnya. Udara panas yang ditiupkan keluar melalui lubang kecil di sekitar bagian dalam kubah sehingga rambut seseorang dikeringkan merata. penemuan pengering rambut pada tahap awal diaplikasikan hanya untuk di salon-salon rambut saja.

tersebutlah seorang  penemu asal Amerika berkebangsaan Armenia bernama Gabriel Kazanjian yang mematenkan pengering rambut pertama di Amerika pada tahun 1911.

Penggunaan hairdryer tidak sampai tahun 1915 karena pada akhirnya pengering rambut/hairdryer akan berubah menjadi lebih praktis yaitu dengan ukuran yang lebih kecil dan dapat dibawa-bawa ke mana-mana. Hal ini disebabkan oleh inovasi  dari National Stamping and Electricworks dan kemudian AS Racine Universal Motor Company dan Hamilton Pantai Co yang memungkinkan pengering rambut menjadi lebih mudah digenggam. Di tahun 1920 banyak hairdryer yang berbobot berat yaitu sekitar 2 pound (0,91 kg), dengan berat seperti itui maka hairdryer akan sulit untuk digunakan. selain bobot yang masih berat ternyata hair dryer masih belum memiliki panas yang maksimal, pada saat itu kemampuan pengering rambut yanya mampu mengeluarkan panas sebesar 100 watt, jadi akan butuh waktu lebih banyak untuk membuat rambut bisa kering (pengering rambut saat ini telah mampu menggunakan panas hingga 2000 watt panas).

Sejak tahun 1920 pengembangan pengering rambut telah difokuskan pada peningkatan watt, bentuk dan
perubahan materia,.bahkan sejak awal sistim mekanis pada pengering rambut tidak memiliki perubahan yang signifikan. Salah satu perubahan yang lebih penting untuk pengering rambut adalah dengan dibuatnya bahan plastik untuk bagian badan hairdryer sehingga lebih ringan. tentang bentuk hairdryer telah ditemukan pada tahun 1960 dengan pengenalan motor listrik yang lebih baik dan peningkatan plastik. Perubahan penting lainnya terjadi pada 1954 ketika GEC mengubah desain pengering untuk memindahkan motor kedalam casing. Selain itu sistim keamanan untuk mekanismenya telah terpasang pada bagian dalam hairdryer, terutama karena Komisi Keamanan Produk Konsumen mengatur pedoman pada tahun 1970 bahwa pengering rambut harus bertemu dalam rangka agar aman untuk diproduksi. Sejak tahun 1991 CPSC telah dilindungi oleh hukum AS bahwa semua pengering harus menggunakan sakelar pelindung terhadap arus sehingga tidak dapat menyetrum jika seseorang kulitnya basah. Pada tahun 2000 kematian karena blowdryers telah menurun menjadi kurang dari empat orang per tahun. hal ini membuat perbedaan yang mencolok dengan ratusan kasus kecelakaan listrik selama pertengahan abad kedua puluh. 

Dalam hal kesehatan yang positif, maka jenis pengering rambut juga dapat digunakan untuk mengusir kutu-kutu. Secara keseluruhan ukuran, berat, kebisingan, dan penampilan pengering rambut telah berubah secara dramatis dari alat-alat berat berisik besar dari bagian awal abad kedua puluh, dengan plastik efisien bahwa orang-orang yang digunakan untuk hari ini.

Ada dua jenis pengering rambut selain yang dapat genggam.yaitu sebuah pengering rambut bonnet dan
pengering rambut kaku-kap. pengering rambut Kap diperkenalkan kepada konsumen pada tahun 1951. Pengering rambut disimpan pada sebuah wadah dus kecil sehingga dapat dibawa kemana-mana, terhubung ke tabung yang masuk ke kap dengan lubang di dalamnya yang dapat ditempatkan di atas kepala seseorang. alat ini bekerja dengan memberikan jumlah panas yang berlebih ke seluruh kepala hairdryer sekaligus. Tahun 1950-an juga dikenalkan pengering rambut kaku-tenda yang merupakan jenis yang paling sering terlihat di salon, dan memiliki helm plastik keras yang dipasang di atas kepala. Pengering ini bekerja mirip dengan pengering rambut bonnet tetapi pada watt yang lebih tinggi .

Judul asli: Hairdryer
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Hair_dryer


Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.