MERAWAT JAM DINDING DAN PENGHARUM OTOMATIS

Mungkin di antara pembaca ada yang bertanya mengapa Saya membuat postingan tentang merawat jam dinding dan pengharum otomatis, sengaja Saya membuat ini karena menurut Saya terdapat beberapa persaman diantara keduanya yaitu:
- Disuplai oleh sebuah batre kecil.
- Diletakkan di dinding ruangan dalam rumah.
Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu


Jam dinding

Pada kesempatan ini Saya akan mencoba menjelaskan tentang bagaimana cara merawat jam dinding, jam dinding yang saya maksud adalah yang menggunakan batre kecil sebagai sumber tenaganya. Mungkin di antara kita ada yang menganggap bahwa jam dinding adalah barang yang sepele, padahal keberadaannya sangatlah bermanfaat saat kita ingin mengetahui "waktu" karena tidak setiap waktu (saat berada di dalam rumah) kita menggunakan jam tangan ataupun membawa HP (Handphone) yang biasanya kita perlukan untuk mengetahui "waktu".

Agar jam dinding kita  selalu berada dalam kondisi baik, tepat waktu, dan terjaga kebersihannya maka ada beberapa tips praktis yang dapat kita lakukan sendiri yaitu:
  • Usahakan menyetel jam dinding sesuai dengan waktu di daerah tempat tinggal kita, anda dapat mencocokkannya dengan sumber yang terpercaya misalnya dengan stasiun televisi lokal atau stasiun radio lakal.
  • Lakukan pembersihan debu yang menempel pada bagian luar jam mulai dari kaca sampai bagian belakang jam dinding. Bila masih ada noda yang sulit dibersihkan maka anda dapat menggunakan kain basah yang sudah diberi air dan sabun, dengan begitu maka jam dinding akan terlihat seperti baru lagi. Lakukanlah kegiatan ini menimal satu bulan sekali atau lakukan bila jam dinding sudah terlihat penuh dengan debu dan noda.
  • Gantilah Batre jam bila jarum jam terlihat mulai kendor dalam artian meskipun telah kita setel ulang tapi keesokan harinya tidak menunjukkan arah yang tepat lagi, kejadian seperti ini adalah tanda-tanda bahwa batre jam sudah habis setrumnya jadi harus segera diganti baru.
  • Jangan biarkan batre yang sudah habis setrumnya berada lama di dalam jam dinding, karena batre tersebut akan mengeluarkan cairan kimia yang  mungkin berbahaya bagi kesehatan, selain itu akan merusak komponen mesin jam.
  • Bila sebuah jam dinding sudah tidak dapat berputar normal meski sudah sering diganti dengan batre yang baru maka jam dinding tersebut harus segera diganti baru karena mesinnya sudah rusak.


Pengharum ruangan otomatis

Sekarang sudah ada alat yang berfungsi mengharumkan ruangan secara otomatis, alat ini dapat menyemprotkan cairan pengharum ruangan dengan jangka waktu yang dapat diatur sesuai dengan keinginan kita, di dalam alat ini terdapat beberapa komponen penunjang, diantaranya yaitu:
  • Satu buah batre kecil sebagai penyuplai listrik ke rangkaian otomatis dan motor penggerak tuas penekan tabung pengharum, 
  • Saklar manual, yang berfungsi menyetel waktu penyemprotan sehingga tabung cairan pengharum dapat menyemprot sesuai dengan waktu yang ditentukan pada saklar ini, ada beberapa pilihan waktu yang dapat kita atur yaitu: 10, 20, 30, 60. semua angka tersebut dalam satuan menit.
  • Rangkaian pengatur waktu otomatis
  • Motor penggerak yang berfungsi menekan tabung pengharum,
  • Tabung pengharum yang dapat diganti bila telah habis isinya.

Cara menggunakan:
  1. Buka badan alat dengan menekan bagian penguncinya 
  2. Masukkan tabung pengharum pada tempatnya.
  3. pasang batre pada dudukannya dan jangan sampai terbalik polaritasntya, agar tidak salah perhatikan gambar batre yang ada pada dudukannya. Pada tahap imi lampu indikator batre sudah dapat menyala.
  4. Setel sakelar waktu otomatisnya sesuai dengan kebutuhan, bila kita menyetel pada angka 10 maka pewangi akan menyemprot secara otomatis setiap 10 menit sekali.
  
Cara merawat:
  • Letakkan pengharum ruangan otomatis pada dinding dengan ketinggian dari lantai minimal 2m atau sedikit di atas kepala. 
  • Perhatian: Saat menginstalasi alat ini usahakan letak lubang penyemprot jauh dari wajah untuk menghindari semprotan yang terjadi secara mendadak.
  • Pewangi yang ada di dalam tabung akan habis kira-kira selama satu bulah tapi itu juga tergantung setelan sakelar otomatisnya, bila setelan otomatis pada waktu yang lebih lama maka tabung pengharum akan lebih irit.
  • Gantilah tabung yang sudah habis dengan yang baru, 
  • Ciri-ciri tabung sudah habis isinya adalah saat alat sudah tidak mengeluarkan wangi.
  • Selain tabung yang sudah habis, batre yang sudah habis setrumnya juga dapat menyebabkan alat ini tidak dapat bekerja, jadi sering-seringlah mengecek alat ini bila tidak mengeluarkan wangi.

0 Response to "MERAWAT JAM DINDING DAN PENGHARUM OTOMATIS"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.