29 December 2012

CARA MENYAMBUNG KABEL LISTRIK SATU SAKELAR DUA LAMPU

Pada bahasan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang cara memasang, menyambung, merangkai atau merakit kabel listrik untuk dua buah lampu pada ruangan berbeda yang dapat dikontrol atau dimati hidupkan oleh satu sakelar, misalnya lampu ruang tamu dan lampu ruang keluarga, dan sakelar diletakkan di sekitar ruang keluarga.


Peralatan:
  • Obeng plus
  • Obeng minus
  • Tang buaya/tang monyong(yang dapat memotong kabel)
  • Tespen
  • Pisau cutter
 Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Sakelar untuk satu, satu buah .
  • Fitting/mangkok lampu, dua buah.
  • Kabel NYM ukuran 2X1,5mm, secukupnya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Isolasi khusus listrik, satu buah.
  • Klem kabel no.10, satu bungkus
satu saklar dua lampu
Rangkaian instalasi listrik: satu sakelar untuk dua lampu


Cara memasang:
  1. Matikan listrik di rumah dengan memindahkan posisi sakelar MCB dari "ON" (1) ke "OFF" (0).
  2. Sambungkan salah satu terminal pada sakelar memakai kabel berwarna hitam ke kabel positip jalur utama instalasi listrik((biasanya berwarna hitam dan bila diuji pakai tespen maka tespennya akan menyala).
  3. gabungkan salah satu terminal dari kedua fitting lampu memakai kabel hitam kemudian sambungkan ke terminal sakelar yang belum disambung kemana-mana.
  4. gabungkan terminal dari kedua fitting lampu yang belum disambung kemana-mana memakai kabel biru kemudian sambungkan ke kabel negatip jalur utama instalasi listrik (biasanya berwarna biru dan bila diuji pakai tespen maka tespennya tidak akan menyala).

Artikel terkait:

9 komentar:

  1. itu kabel yg masuk saklar positif/ negatif?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungannya,
      kabel yang masuk ke saklar adalah yang "positif"

      Delete
    2. berarti untuk mempermudah jangkauan saklar ke kabel jalur utama, berarti pake kabel tunggal tambahan, apa benar begitu tidak pak

      Delete
    3. itu ada macam2 warna dan merk, kira2 ada rekomen warna dan merk apa ya yg sudah SNI untuk kabel tunggal... soalne saya awam masalah listrik

      matur nuwun,

      Delete
    4. untuk kabel tunggal yang akan dipakai aliran listrik positif(setrum) sebaiknya memakai warna hitam saja. kalau "merek" sudah banyak yang bagus asal lihat saja di bagian kabelnya kalau terdapat tulisan SNI, SPLN berarti sudah bagus.

      sama-sama...

      Delete
    5. oh gitu terimakasih pak,

      oh ya satu lagi, apakah di saklar seri untuk 2 lampu, kabel yg masuk ke saklar juga positif semua ( yaitu 1 dari kabel postif jalu utama dan 2 dari kabel positif fitting lampu)

      Delete
    6. ya betul, kabel yang datang dari kabel utama ke saklar adalah positif(setrum) dan kabel dari saklar menuju ke kedua lampu adalah positif juga (apabila saklar sudah dalam kondisi on).

      Delete
  2. akhirnya saya ngerti tentang listrik berkat perawatanrtdonto.blogspot.com. makasih yaa...






























    "

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic