Cara Membersihkan Dispenser Galon Bawah

Dispenser adalah salah satu alat elektronik yang memudahkan kita mengkomsumsi air bersih secara sehat. Namun alat ini perlu perawatan yang benar agar air yang kita minum tetap dapat dikonsumsi dalam keadaan bersih dan sehat.

(Baca: "Tips Menghilangkan Jamur dan Bakteri dispenser Air Mineral")

Salah satu cara menjaga agar dispenser selalu dalam keadaan Higienis adalah dengan cara membersihkannya. Beberapa bagian yang perlu dibersihkan karena rentan kotor dan terkontaminasi benda asing seperti jamur ataupun bakteri adalah;
  1. Bagian sisi luar (body)
  2. Bagian keran
  3. Pipa penyedot air yang masuk ke botol

1. Bagian sisi luar (body)

Bagian ini adalah daerah sering terlihat kotor karena letaknya di luar sehingga sangat mudah kotor. untuk membersihkannya anda dapat menggunakan jeruk nipis. Cara ini terbukti aman, karena zat yang ada di dalam jeruk nipis tidak akan meninggalkan bau menyengat pada dispenser. Caranya dengan mengambil sari buah jeruk nipis. Lalu gunakanlah untuk membersihkan dispenser, lalu bilaslah dengan air bersih.

(Baca: "Begini Cara Mengatasi Dispenser Air Bau")

Bila anda tidak mau repot, dapat pula menggunakan sabun pencuci piring yang dicampur air, lalu usapkan menggunakan spon lembut dan bilas.


2. Bagian keran

Bagian ini sudah seharusnya dibersihkan secering mungkin, karena keran adalah bagian dispenser yang berhubungan langsung dengan air yang keluar. Apabila bagian ini kotor dan terkena bibit penyakit maka sama saja kita memasukkan penyakit ke tubuh kita. Untuk membersihkannya, Anda cukup mengusapnya menggunakan tisu basah foodgrade, atau yang biasa kita dapat dari perusahaan air minum botol galon.

(Baca: "Tips Higienis Memasang Galon Tanpa Tutup Anti Tumpah")


3. Pipa penyedot air yang masuk ke botol

Pipa ini adalah satu bagian dispenser galon bawah yang berfungsi menyedot air dari dalam galon ke atas hingga keluar dari keran. Perusahaan Sanken telah membuat terobosan teknologi yang disebut Z Pipe Tehnology inovasi. Dikutip dari https://servicesanken.com/, Teknologi Z-Pipe yang disematkan pada Dispenser Sanken bisa menjangkau air terendah dalam galon membuat air tidak banyak tersisa, sehingga menjadi lebih ekonomis.

Bentuk pipa yang dirancang seperti huruf Z menjadikan dispenser Sanken type ini berbeda dengan yang lain. Z Pipe terbuat dari bahan stainlees steel, bahan yang tidak korosif (Tidak Berkarat) dan Food grade (Aman untuk bahan makanan), sehingga higienis dan selalu sehat walaupun terendam dalam jangka waktu yang lama.

(Baca: "Cara Memasang Dispenser Galon Bawah Dengan Benar & Higienis")

Untuk membersihkan z pipe, pipa galon bawah

Untuk membersihkan z pipe ini, ada tiga tahapan yang perlu dilakukan, yaitu:
  1. Lepaskan pengunci elbo
  2. Tarik Z-pipe
  3. Bersihkan dengan larutan sanclean  atau boleh menggunakan sabun cair food grade (sabun cair yang aman untuk mencuci buah dan sayur.

0 Response to "Cara Membersihkan Dispenser Galon Bawah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.