02 August 2013

CARA MEMASANG INSTALASI LISTRIK RUMAH TANGGA

Sebelum memasang instalasi listrik, sebaiknya baca pula artikel Saya yang berjudul "Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan instalasi listrik di rumah". Pemasangan instalasi di rumah-rumah sebaiknya dilakukan oleh orang yang profesional atau mengerti tentang seluk-beluk listrik misalnya para kontraktor instalatir yang sudah terbiasa menyambung peralatan listrik untuk kebutuhan rumah tangga. Meski demikian tidak ada salahnya bila kita sebagai pemilik rumah mengetahui tentang cara merangkai instalasi listrik di rumah, karena belajar itu adalah wajib apalagi saat sekarang sudah banyak sumber informasi yang dapat kita dapatkan secara mudah.

Untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang kelistrikan perlu suatu tekad yang kuat dan kesabaran, sebagusnya bila kita ingin belajar listrik hendaklah pelajari dahulu hal-hal yang mudah sedikit demi sedikit.

Sebelum kita lanjutkan dengan pelajaran selanjutnya sebaiknya pelajari dulu beberapa peralatan listrik yang ada di rumah agar tidak salah pasang yang seperti di bawah ini:

gambar saklar tembok
saklar 
gambar kabel listrik
kabel
gambar steker
Steker
gambar stopkontak
stop kontak
gambar fitting lampu
fitting

Pada postingan Saya kali ini akan membahas hal-hal sederhana yang berhubungan dengan instalasi listrik yang umum ada di rumah anda. berikut ini saya berikan beberapa contoh sederhananya, untuk tahap-tahapannya silahkan dibuka tautannya:

-Cara menyambung/melilit kabel listrik tunggal
-Cara menyambung kabel ke steker
-Cara memasang kabel ke stopkontak
-Cara merangkai kabel untuk fitting lampu + saklar
-Cara merangkai kabel untuk fitting lampu+saklar+Stopkontak

Gambar Cara menyambung/melilit kabel listrik tunggal

Gambar Cara menyambung kabel ke steker









Cara memasang kabel ke stopkontak
gambar instalasi kabel ke stopkontak
Gambar Cara merangkai kabel untuk fitting lampu + saklar
gambar instalasi listrik untuk saklar+lampu

Gambar Cara merangkai kabel untuk fitting lampu+saklar+Stopkontak
gambar instalasi listrik stopkontak+saklar+fitting lampu
Demikianlah beberapa contoh sederhana sambungan, rangkaian, dan pemasangan untuk instalasi listrik pada rumah tangga yang sederhana, untuk rangkaian yang lainnya silahkan dilihat pada artikel terkait di bawah postingan ini.

Artikel terkait:

1 komentar:

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic