Nama Alat / Perkakas Kebersihan Dalam Bahasa Sunda

Keberadaan perkakas tradisional di jaman yang sudah modern ini sangatlah susah dijumpai kecuali di daerah-daerah atau kampung kampung Sumda yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Namun meski demikian sebagai bangsa yang mencintai budayana, maka patutlah kita mempelajari beberapa peralatan tersebut.

Berikut ini kami sampaikan beberapa perkakas kebersihan yang biasa dipakai oleh Masyarakan suku Sunda yang berada di Jawa Barat (Jabar) lengkap dengan fungsi dan gambarnya.

  1. Sapu Nyere
  2. Sapu Injuk
  3. Sapu Rayung / Sapu Jerami
  4. Pengki
  5. Sikat Injuk
  6. Sapu Palupuh
  7. Kamoceng
  8. Elap
  9. Kored
  10. Tapas Kalapa
  11. Kesed
  12. Ceumpal

1. Sapu Nyere
Sapu nyere atau dalam bahasa Indonesia disebut sapu lidi adalah salah satu jenis sapu yang digunakan untuk membersihkan sampah yang ada di pekarangan rumah, namun kadang-kadang sapu ini bisa dipakai juga untuk menyapu air yang tergenang di halaman tanah, tembok, bahkan kamar mandi. Sesuai dengan namanya, sapu nyere terbuat dari nyere (lidi), lidi ini diambil dari beberapa batang daun kelapa atau daun pohon aren (Arenga pinnata) yang dibuang bagian daunnya untuk diambil batang kecil yang berada di tengah daun. Nantinya beberapa batang daun tersebut diikat menjadi satu oleh bambu tali atau karet.


2. Sapu Injuk
Sapu injuk
Sapu Injuk (Sapu ijuk) adalah sejenis sapu yang digunakan untuk menyepu, membersihkan bagian dalam rumah. Bagian bawah yanag digunakan untuk menyapu terbuat dari serat pohon aren yang dijalin menjadi sau, berwarna hitam mirip rambut. Sementara gagang/pegangannya terbuat dari kayu bambu atau rotan lalu diikat.


3. Sapu Rayung / Sapu Jerami

Sapu Rayung / Sapu Jerami
Sapu Lantai Jerami adalah sapu yang digunakan khusus untuk menyapu lantai dalam rumah/ruangan. Sapu Lantai Jerami terbuat dari jerami (batang padi) sehingga memiliki berat yang ringan. Gagang Sapu ini terbuat dari Bambu Cuing. Sapu rayung yang berbahan lentur sangat efektif menghilangkan debu yg kecil dan halus.


4. Pengki

Pengki
Pengki atau Serokan adalah perkakas kebersihan, pada umumnya digunakan di luar rumah bersama-sama dengan sapu lidi. Pengki memiliki bentuk seperti sekop yang datar namun tanpa gagang. Pengki juga dikenal dengan istilah nama cikrak atau engkrak dalam bahasa jawa, biasanya terbuat dari bambu yang dianyam tanpa gagang (jika yang memakai gagang, disebut ikrak dalam bahasa Jawa).


5. Sikat Injuk
Sikat injuk
Sikat injuk adalah sikat yang terbuat dari serat pohon aren yang di pasang pada kayu yang berbentuk kotak. Digunakan untuk mencuci pakaian ataupun membersihkan perabotan rumah hingga membersihkan lantai dan kamar mandi. Ada beberapa variasi di antaranya ada yang tidak memiliki gagang (pegangan),  ada yang memiliki gagang pendek, bahkan ada yang memiliki gagang agak panjang.


6. Sapu Palupuh

Sapu palupuh
Sapu Palupuh adalah alat yang khusus digunakan untuk membersihkan lantai rumah panggun, di Jawa Barat lantai rumah panggung disebut palupuh. Palupuh, berfungsi sebagai lantai rumah yang memisahkan kolong dengan ruangan. Sapu Palupuh terbuat dari batang bambu yang dipotong dan dibelah kecil kecil sehingga mirip lidi, sedangkan gagang atau pegangannya terbuat dari bilah bambu atau kayu yang ujungnya diikatkan ke sekumpulan lidi bambu.


7. Kamoceng
Kamoceng
Kamoceng / Kemoceng adalah alat pembersih debu yang terdiri mempunyai bagian-bagian berbulu yang  terikat atau terpasang menjadi satu bagian. Bahan dan bentuk kemoceng bermacam-macam mulai dari bentuk kemoceng berbahan bulu, kain dan rafia, dengan batang dari kayu, besi, maupun rotan.

Tapi di pasar tradisional sendiri biasanya kemoceng terbuat dari bahan dasar bulu ayam yang berbatang rotan dengan warna yang khas yakni kecoklat coklatan.


8. Elap

Elap
Elap dalam bahasa Indonesia disebut lap adalah kain yang digunakan untuk membersihkan perabotan rumah hingga untuk mengepel lantai.


9. Kored
Kored
Kored adalah alat yang digunakan untuk membersihkan rumput di ladang, pematang sawah, atau sawah. Bentuknya seperti cangkul kecil.


10. Tapas Kalapa
Tapas Kalapa atau serat kelapa di zaman dulu dipakai untuk mencuci piring kotor, sekarang sudah digantikan dengan spon.


11. Kesed

Kesed / Keset
Kesed / Keset adalah alat kebersihkan yang berguna membersihkan alas kaki yang masih digunakan (terpasang di kaki) seperti sepatu atau sendal sebelum masuk ke dalam rumah. Diletakkan di luar rumah sebelum melewati pintu. Terbuat dari serat pohon aren atau serat buah kelapa yang dijalin / dianyam. bentuknya da yang kotak dan oval / lonjong.


12. Ceumpal
Ceumpal
Adalah sejenis kain lap yang dipakai untuk memegang atau mengangkat peralatan dapur yang masih panas, misalnya panci, katel, citel, kastrol, dll.

Post a Comment for "Nama Alat / Perkakas Kebersihan Dalam Bahasa Sunda"