Mengapa Masak Nasi di Rice Cooker Listrik Jadi Mati?

Rice Cooker (Penanak Nasi) adalah alat listrik yang berfungsi untuk memasak atau menanak nasi (Cooking). Bila menilik sejarah inovasinya, Rice Cooker adalah produk yang pertama kali dikenal di pasaran sebelum adanya Magic Jar dan Magic Com. Saat pertama kali diproduksi, Rice Cooker memang hanya berfungsi sebagai alat untuk memasak atau menanak nasi, namun seiring dengan perkembangan produksinya Rice Cooker yang kita gunakan saat ini tak hanya berfungsi untuk memasak atau menanak nasi.
Rice Cooker Philips
Rice Cooker Philips
Rice cooker pertama kali ditemukan oleh Yoshitada Minami. Pada tahun 1937, tentara Jepang mulai menjalankan prinsip kerja perangkat penanak nasi bertenaga listrik tersebut. Awalnya rice cooker yang digunakan terdiri dari wadah kayu tahan bocor dan lempengan logam bertenaga listrik. Lempengan logam tersebut berfungsi memanaskan wadah kayu yang sudah terisi beras dan air di dalamnya.

Tahun 1945, Rice cooker ini kemudian disempurnakan oleh Mitsubishi Electric Corporation Jepang dilengkapi dengan wadah alumunium dengan kumparan pemanas di dalamnya. Tetapi produk ini tidak memiliki fasilitas turn off otomatis, sehingga harus dipantau selama memasak.

Pernahkah Anda masak nasi rice cooker lalu mati listrik? hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah:
  1. Konsleting kabel - konsleting atau hugungan pendek bisa terjadi karena kabel steker rice cooker terkelupas kemudian saling bersentuhan, hal ini menyebabkan MCB mati / Off / jegleg maka listrik di rumah akan mati. Kabel yang terkelupas tersebut bisa saja disebabkan oleh gigitan tikus atau terganjal / terjepit. Untuk memperbaikinya, Anda tinggal menyambung ulang dan mengisolasi masing-masing kabel yang terkelupas, atau agar lebih aman sebaiknya kabel steker/colokan diganti baru.
  2. Kurang daya listrik - Dalam pemakaiannya rice cooker membutuhkan daya sebesar 350 watt saat menanak nasi dan sekitar 50 watt untuk menghangatkan. Bila daya listrik di rumah Anda 900 watt, kemudian anda memasak nasi dengan rice cooker sebesar 350 watt, menyetrika dengan konsumsi daya antara 300-350watt, kemudian menyalakan pompa air listrik sebesar 350 watt maka total komsumsi daya adalah: 350+350+350=1050watt. Kondisi tersebut menunjukkan konsumsi daya melebihi kapasitas MCB ( daya listrik di rumah anda 900 watt), maka dapat dipastikan listrik di rumah akan mati.
  3. Komponen rice cooker rusak - di dalam rice cooker terdapat komponen elektronik seperti thermostat, elemen pemanas (lilitan/spull), perkabelan, dan switch. Beberapa komponen tersebut bisa saja rusak dan menjadikan konsleting. Untuk memperbaikinya anda harus membuka dan memperbaiki komponen tersebut. 

Baca : 

Post a Comment for "Mengapa Masak Nasi di Rice Cooker Listrik Jadi Mati?"