Cara Memperbaiki Stop Kontak / Colokan Listrik Tembok

Dikutip dari wikipediaStop kontak adalah sebuah alat pemutus ketika terjadi kontak antara arus positif, arus negatif dan grounding pada instalasi listrik. Namun pengertian ini sepertinya lebih spesifik ke MCB dan ELCB. Namun pada umumnya, kita mengenal Stop Kontak adalah salah satu peralatan penunjang kelistrikan sebagai penyalur atau penyambung arus listrik searah (AC) untuk suatu keperluan.
Stop Kontak
Salah satu contoh stop kontak 
Setelah melalui waktu pemakaian yang lama, stopkontak yang terpasang di tembok akan mengalami kerusakan seperti:
  1. Steker yang masuk ke stop kontak mudah goyang dan terlepas sendiri.
  2. Lubang stop kontak bewarna hitam dan meleleh seperti bekas terbakar
  3. Stop kontak tidak dapat mengalirkan listrik ke steker.

Untuk memperbaiki stopkontak yang rusak ikuti panduannya di bawah ini:


1. Steker yang masuk ke Stop Kontak mudah goyang dan terlepas sendiri

Keadaan ini mengakibatkan aliran listrik labil (dalam kondisi antara terhubung dan tidak terhubung). Kondisi ini diakibatkan oleh plat yang berfungsi sebagai penjepit steker renggang melebihi diameter jari steker. untuk memperbaiki :
  1. Matikan sakelar MCB
  2. Buka sekrup stop kontak
  3. Jepitl plat yang berfungsi menjepit jari steker menggunakan tang buaya/tang monyong) agar diameternya mengecil, usahakan diameter lubang plat tidak terlalu kecil karena bila terlalu kecil akan menyulitkan jari steker yang masuk, untuk memastikannya cobalah masukkan steker ke lubang stopkontak.
  4. Pasang kembali tutup dan sekrup stopkontak.
  5. Nyalakan MCB, dan cobalah memasukkan steker alat elektronik (misalnya Televisi). Bila alat Televisi menyala berarti perbaikan berhasil.


2. Lubang stop kontak bewarna hitam dan meleleh seperti bekas terbakar

Hal ini terjadi akibat longgarnya steker yang masuk ke stopkontak sehingga terjadi ngefong yang mengakibatan panasna di area tersetbut.

Untuk memperbaikinya, bila stop kontak masih layak untuk dipakai maka Cara untuk memperbaikinya sama seperti poin 1, pasanglah kabel grounding/arde pada stop kontak untuk menetralisir percikan api.


3. Stop kontak tidak dapat mengalirkan listrik ke steker

Ini disebabkan oleh kabel terlepas dari terminal stop kontak atau ada jalur kabel yang putus dari stop kontak menuju kabel utama instalasi listrik.

Untuk memperbaikinya, mulailah memperbaiki dengan cara seperti pada poin 1, lalu periksa dan sambungkan kabel yang seharusnya terhubung dengan terminal yang ada di dalam stop kontak, periksa dan sambungkan jalur listrik dari stop kontak menuju jalur utama instalasi listrik di rumah.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Stop Kontak / Colokan Listrik Tembok"