Tabung Pemanas Dispenser Bocor? Begini Cara Mengatasinya

Beberapa hari yang lalu saya merasa aneh dengan botol galon dispenser di rumah yang cepat sekali habis. Saya kira mungkin memang pemakaian banyak yang berakibat pada cepat surutnya air pada tabung galon dispenser Saya. Namun kembali saya merasa ada yang aneh, di meja tempat meletakkan dispenser selalu basah. Saya kira mungkin anak saya yang menumpahkan air saat akan minum.

Tabung Pemanas Dispenser air minum Bocor

Namun keadaan di atas terjadi begitu lama kira kira satu minggu, karena penasaran akhirnya Saya periksa dispenser dan ternyata ada air menetes dari bawah dispenser. Kemudian Saya perbaiki dan Alhamdulillah dispenser saya sudah normal kembali. Berikut ini cara saya memperbaiki kebocoran dispenser air minum pada tabung pemanas (heater), dan di bagian bawah artikel terdapat Video turorial tentang Cara Mengatasi Kebocoran Pada Pemanas / Heater Dispenser Air:


1. Membuka tutup belakang dispenser

Membuka tutup belakang dispenser

Bukalah seluruh skrup yang menempel tutup belakang dispenser, setelah itu lepaskan penutup dengan menggeser ke bawah dan menariknya ke arah belakang.


2. Melepaskan selang dan kabel 

Melepaskan selang dan kabel

Lepaskan seluruh pipa atau selang yang terhubung ke tabung pemanas, jangan lupa cabut pula kabel yang terhubung ke elemen pemanas dan Thermostat.


3. Mengeluarkan tabung pemanas (Heater)

Mengeluarkan tabung pemanas (Heater) dispenser air minum

Lepaskan seluruh sekrup yang berada di bawah dispenser, sekrup ini yang mengunci tabung logam heater ke badan (Body) dispenser.


4. Menutup (menambal) lubang Heater

Menutup (menambal) lubang Heater / pemanas dispenser air minum

Lapisi bagian pemanas yang dicurigai terdapat lubang kebocoran menggunakan lem tembak (Glue gun). Pastikan seluruh permukaan yang bocor tertutup lem.

Baca: "Fungsi Komponen Elektronik Dispenser Air Mineral"

5. Memasang kembali Pemanas

Pasang kembali pemanas beserta kabel, selang dan pipa-pipa yang sebelumnya terlepas.


6. Pengujian

Tuang air kira-kira setengah liter ke atas dispenser, lalu perhatikan apakah kebocoran masih terjadi. Bila tidak ada air yang menetes dari tabung pemanas maka perbaikan berhasil


7. Memasang penutup dan tabung dispenser.

Pasang kembali penutup belakang dispenser dan tabung galon di atas dispenser. Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video di bawah Ini...

Post a Comment for "Tabung Pemanas Dispenser Bocor? Begini Cara Mengatasinya"