Cara Memperbaiki Tutup Atas Pengering Mesin Cuci Rusak, Patah

Kerusakan yang terjadi pada pintu atau penutup tabung mesin pengering (spin dry) pada mesin cuci sering terjadi pada beberapa merek mesin cuci dua tabung seperti : Denpoo DW-898W, Samsung WA85H3210MB, Polytron PWM 7056-GG,  LG P850R, Sanyo Aqua QW880XT, Sanken TW-882, Sharp ES-T95CR, Hitachi PS1000KJ, Electrolux EWS98261WA, Akari AWM12SM.

Tutup Pengering Mesin Cuci Dua Tabung

Rata-rata kerusakan terdapat pada engsel yang tak mampu menutup penutup pengering dengan rapat, bahkan penutup tabung pengering ini tidak dapat berada pada posisi terbuka saat kita membukanya lebar-lebar. Hal ini bisa terjadi karena patahnya per pada engsel atau engsel itu sendiri yang patah karena seringnya bergerak.

Untuk kerusakan yang terjadi pada bagian per / pegas, silahkan tinggal diganti saja per yang patah tersebut dengan per sejenis yang dapat di beli di toko-toko yang menjual asesoris mesin cuci di kota Anda.

Tidak jauh berbeda dengan kerusakan yang terjadi karena per patah, untuk kerusakan yang terjadi pada engsel yang patah, maka gantilah pintu penutup pengering dengan yang baru.

Cara membuka bagian-bagian mesin cuci agar dapat mengganti per penutup pengering:
  1. Membuka penutup mesin cuci bagian belakang dengan melepaskan seluruh sekrup / baud.
  2. Lepaskan tali pita yang terhubung ke tombol drain dari pengaitnya, tali ini berfungsi untuk membuka dan menutup klep saluran air dari tabung pencuci ke selang saluran pembuangan. Bila tali ini masih terhubung maka kita akan kesulitan untuk membuka panel.
  3. Lepaskan dua buah baud yang menghubungkan panel operasional mesin cuci dengan body mesin cuci bagian belakang. Pada beberapa merek,,, baud ini tidak ada.
  4. Buka penutup tabung pengering, lalu lepaskan seluruh baud yang ada di sekeliling lubang pengering tersebut.
  5. Setelah seluruh baud terlepas, congkel sedikit sedikit dengan hati-hati bagian yang telah dilepas baudnya. Pisahkan bagian ini dari tempatnya.
  6. Lepaskan panel yang terdapat banyak tombol ke arah atas secara hati-hati. Pada bagian ini akan terlihat bagian engsel yang rusak. Bila terlihat per patah, silahkan ganti dengan yang baru.
  7. Setelah selesai pasang kembali seluruh bagian yang telah dilepas.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton videonya di bawah ini:

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Tutup Atas Pengering Mesin Cuci Rusak, Patah"