Cara Memperbaiki Saklar/switch Alat Penanak Nasi


Sudah lama rasanya admin tidak membuat artikel tentang cara memperbaiki peralatan rumah tangga, dan kebetulan tadi pagi dapat ide saat istri Saya mengeluh karena Alat penanak nasi kami tidak dapat berfungsi seperti biasanya.

Saat diperiksa ternyata alat yang disebut orang dengan magic com, rice cooker atau magic jar ini rusak pada bagian switch atau sakelar yang berfungsi untuk memposisikan penanak listrik pada posisi warm (menghangatkan) atau Cook (memasak nasi).

Istri Saya mengatakan bahwa setelah ia meletakkan panci yang sudah berisi beras dan air ke dalam penanak, lalu menekan switch maka switch kembali ke posisi warm. (Biasanya switch akan mengunci pada posisi cook dan lampu indikator merah akan menyala)

Pada umumnya, saat penanak nasi listrik mengalami ganguan seperti ini maka kita akan mengganjal atau menahan switch agar pada posisi cook, namun Saya sarankan jangan anda lakukan, karena saat nasi matang, maka penanak nasi tidak akan mati atau berganti posisi ke warm, dan mungkin saja nasi akan gosong. Selain itu penanak nasi anda mungkin akan terbakar, kecuali anda menungguinya. Untuk memperbaiki silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Peralatan yang dibutuhkan: obeng plus dan obeng minus

Membuka/membongkar penanak:

1. Lepaskan kabel listrik dari stopkontak dan penanak
kabel penghubung listrik penanak ke stopkontak
Kabel penghubung yang sudah terlepas
2. Lepaskan panci dari dalam badan penanak 
3. Lepaskan dua buah baud/skrup yang masing-masing terletak pada bagian samping dan bawah penanak menggunakan obeng plus.
Baud penanak yang ada di bagian sisi
Bagian yang dilingkari adalah Baud/sekrup pada bagian sisi penanak
baud/sekrup pada bagian bawah
Bagian yang dilingkari adalah Baud/sekrup pada bagian bawah penanak
4. Lepaskan bagian bawah tengah penanak menggunakan obeng minus
cara membuaka penanak nasi listrik
Cara mencungkil bagian bawah penanak
Memperbaiki

1. Kerusakan umumnya terjadi pada bagian tengah yang berbentuk silinder dengan per pada bagian dalamnya, bagian ini berputar dan bergeser sehingga plat yang ada pada silinder menahan pengungkit, seperti gambar di bawah ini.
bagian bawahb penanak
Bagian yang dilingkari adalah plat pengungkit yang tertahan oleh plat pendek yang menempel pada silinder
2. Putar silinder tersebut dengan jari tangan sehingga plat pengungkit tidak terhalang oleh plat yang berjumlah tiga buah yang terdapat pada bagian silinder.
cara memutar otomatis penanak nasi listrik
Cara memutar silinder pada bagian bawah Penanak
switch
Gambar sebelum diputar, tampak dua plat pendek yang dilingkari
posisi switch yang tertahan
Silinder yang sudah diputar, tampak plat pengungkit yang sudah tidak terhalang dan bagian yang dilingkari adalah 3 plat pendek yang sebelumnya hanya terlihat dua buah tertutupi plat pengungkit switch.
saklar
(Tampak dari pinggir), plat pengungkit yang sudah tidak terhalang plat pendek silinder
3. Untuk menguji apakah perbaikan berhasil, cobalah tekan dan tahan silinder yang ada dalam penanak yang biasa tertekan oleh panci saat memasak nasi, kemudian tekan switch ke posisi cook, lalu lihat reaksinya apakah switch mengunci ke posisi cook? bila demikian maka perbaikan Anda berhasil.

4. Terakhir jangan lupa pasang kembali seluruh bagian seperti semula, lalu coba memasak nasi.
Alat penanak nasi Philips
Penanak nasi yang sudah diperbaiki

0 Response to "Cara Memperbaiki Saklar/switch Alat Penanak Nasi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.