Cara Membuat Sabun Mandi Camay di Rumah Dengan Bahan Sederhana

Sabun mandi Camay adalah salah satu dari merek sabun batangan yang terbuat dari bahan alami dan mengandung banyak vitamin. Sabun ini memiliki varian warna putih, merah, dan hitam. 

Sabun Camay dapat membuat kulit menjadi cantik, lembut, dan cerah. Selain itu, sabun ini juga memiliki manfaat dalam melembabkan dan menghaluskan kulit.

Saat ini, Camay Chic Black Sabun Batang [125 g] dapat dibeli di E Commerce. Harganya Rp7.250 untuk Camay Chic Barsoap 125g dan Rp10.300 untuk Camay Classic Bar Sabun Mandi.

Cara Membuat Sabun Mandi Camay di Rumah Dengan Bahan Sederhana

Bila tertarik, anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan dan alat-alat yang sederhana seperti berikut ini...


Bahan baku:

  1. Garam halus
  2. Kaustik Soda
  3. Minyak kelapa
  4. Minyak kamay
  5. Amylum Oryzae atau Dekstrin Alba


Peralatan:

  1. Kayu pengaduk
  2. Saringan dari kain putih
  3. Satu buah gayung
  4. Piring kecil
  5. Sendok sayur
  6. Cetakan produksi yang terbuat dari kayu atau seng
  7. Kaleng atau botol besar untuk menyimpan minyak kelapa bahan baku sabun
  8. Stoples untuk menyimpan kaustik soda
  9. Baskom plastik untuk mencuci tangan
  10. Kaun Serbet
  11. Stoples untuk menyimpan garam halus (tepung garam)
  12. Baskom untuk keperluan mencampur
  13. Sebuah meja kerja dengan ukuran: panjang 2m, lebar 60cm, tinggi 70cm.
  14. Sebuah timbangan yang mampu menimbang dengan berat maksimal 1kg.
  15. Kompor
  16. Ketel rebus ukuran 10-20 liter
  17. Ember kayu, tong kayu, atau wadah lainnya


Resep/Formula:

  1. 5 gr Garam Halus
  2. 650 gr Kaustik Soda
  3. 1000 cc Minyak kelapa
  4. 25 cc Minyak Camay
  5. 25 gr Amylum Oryzae atau Dekstrin Alba


Cara membuat (Proses Produksi):

1. Masukkan ke dalam panci bahan-bahan seperti: 650gr Kaustik Soda, 250/300cc Air panas, 1000cc Minyak kelapa. Kemudian diaduk-aduk sampai ketiga bahan tersebut menyatu, hingga terlihat seperti susu yang kental.

2. Tambahkan 5gr tepung garam halus, aduklah sampai Garam tercampur rata. Masukan tepung penambah volume produksi yaitu 25gr Amylum Oryzae atau Dekstrin Alba. Aduk adonan hingga tercampur rata selama 20menit, lalu diamkan adonan selama 20 menit.

3. Masukan 25 cc minyak Camay, lalu aduk sekitar 10 menit. Apabila sudah terhirup wangi minyak camay maka adonan sudah siap untuk dicetak.

4. Siapkanlah cetakan, lumuri bagian dalamnya dengan lilin untuk mencegah lengketnya sabun yang nantinya mengeras menempel pada dinding cetakan, segingga mempersulit saat pengambilan sabun dari dalam cetakan.

5. Tuang adonan ke dalam cetakan lalu tutuplah agar wangi sabun tidak menguap. Diamkanlah selama tiga hari agar adonan menjadi keras. Bila sudah mengeras, maka sabun dapat diambil dari dalam cetakan untuk kemudian dikemas dengan kertas minyak lalu dibungkus lagi dengan karton.


Sumber: Blog Industri Rumah Tangga, "Cara Membuat Sabun Mandi Kamai (Camay)", Link https://cara-membuat-sendiri.blogspot.com/2013/07/cara-membuat-sabun-mandi-kamay-camay.html

Post a Comment for "Cara Membuat Sabun Mandi Camay di Rumah Dengan Bahan Sederhana"