3 Cara Membuat Minyak Kemiri yang Baik dan Benar

cara membuat minyak kemiri yang baik dan benar, tanpa blender, dengan direbus, dengan disangrai, untuk rambut beruban, berapa lama minyak kemiri dapat menumbuhkan rambut, cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut, untuk alis dan bulu mata

3 Cara Membuat Minyak Kemiri yang Baik dan Benar

Kemiri (Aleurites moluccana) adalah tanaman rempah yang bijinya digunakan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Kemiri juga dikenal sebagai candleberry, Indian walnut, dan candlenut. 

Kemiri memiliki kandungan nutrisi penting yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Biji kemiri kaya akan lemak sehat, terutama asam oleat, yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, kemiri juga mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral, seperti magnesium, fosfor, dan selenium.

Minyak kemiri adalah minyak yang terbuat dari biji tanaman kemiri (Aleurites moluccanus). Minyak ini memiliki banyak manfaat, terutama untuk kulit dan rambut. Berikut adalah beberapa manfaat minyak kemiri:

  1. Mengatasi rambut rontok - Minyak kemiri mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit kepala. Asam oleat dan asam linoleat dalam minyak kemiri juga dapat membantu merelaksasi otot-otot di folikel rambut, sehingga dapat mendorong dan mempercepat pertumbuhan rambut, serta mengurangi rambut rontok.
  2. Menambah kilau rambut - Minyak kemiri dapat menambah kilau rambut dan mengatasi ketombe membandel.
  3. Menumbuhkan dan menebalkan rambut - Minyak kemiri mengandung nutrisi penting berupa asam lemak sehat yang dapat membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih kuat dan cepat.
  4. Melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari - Minyak kemiri mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Vitamin-vitamin ini juga memberikan efek mencerahkan, membuat kulit terlihat lebih cerah dan sehat.
  5. Melembabkan dan melindungi rambut dari paparan radiasi sinar UV - Minyak kemiri dapat digunakan pada kondisi rambut kering untuk melembapkan dan melindungi rambut dari paparan radiasi sinar UV. 

Selain itu, minyak kemiri dapat digunakan sebagai masker rambut alami. Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak kemiri ke seluruh rambut dan kulit kepala, lalu diamkan beberapa saat atau semalaman. Setelahnya, cuci rambut menggunakan sampo hingga bersih. 

Meski memiliki banyak manfaat, penggunaan minyak kemiri harus hati-hati agar tidak memicu alergi dan memperparah penyakit yang sudah ada. 


Berikut ini tiga cara membuat minyak kemiri:

1. Dihaluskan

  • Haluskan biji kemiri.
  • Peras biji kemiri yang sudah halus dengan menambahkan air sedikit demi sedikit.
  • Saring air perasan kemiri ke dalam wadah untuk memisahkan cairan dengan ampasnya.
  • Tutup wadah dan diamkan selama 24 jam.
  • Masak air perasan kemiri yang sudah didiamkan tersebut hingga mengeluarkan minyak.


2. Dioven

  • Panaskan biji kemiri dalam oven hingga 15 menit.
  • Keluarkan dan biarkan berada pada suhu ruangan.
  • Tumbuk biji kemiri, kemudian masukkan dalam toples kaca.
  • Jemur di bawah sinar matahari hingga minyak kemiri keluar (maksimal 2 minggu), lalu simpan di kulkas.


3. Disangrai

  • Sangrai beberapa buah biji kemiri sampai berwarna kehitaman.
  • Lalu, tumbuk atau blender sampai mengeluarkan minyak. 
  • Minyak kemiri juga dapat dicampur dengan minyak lain, seperti minyak kelapa atau zaitun.

Sumber: Blog Industri Rumah Tangga, "Cara Membuat Minyak Penumbuh Rambut", Link: https://cara-membuat-sendiri.blogspot.com/2013/07/cara-membuat-minyak-penumbuh-rambut.html

Post a Comment for "3 Cara Membuat Minyak Kemiri yang Baik dan Benar"