Cara Membuat Kapur Tulis Putih

Kapur tulis adalah alat tulis berbentuk batangan yang terbuat dari kapur dan biasanya digunakan di papan tulis hitam (black board). Kapur tulis juga dapat digunakan di karton, HPL, kardus, kayu, dan besi.

Kapur telah digunakan sejak zaman prasejarah. Menurut arkeolog, kapur dulu digunakan untuk menggambar dan menulis di dinding gua. Selanjutnya, seniman pun menggunakan kapur untuk membuat sketsa dan mengggambar. Kapur yang digunakan pun dilapisi dengan lak atau zat sejenis lilin atau wax.

Umumnya kapur tulis dipakai di sekolah atau kantor tata usaha. Namun pemakaian kapur tulis sekarang ini sudah jarang digunakan karena tergantikan oleh spidol yang dapat dihapus dengan mudah dengan media tulisnya adalah papan tulis putih (white board).

Meski demikian Saya akan mencoba berbagi dengan anda yang ingin mengetahui tentang cara pembuatan kapur tulis ini, untuk lebih jelasnya silahkan baca bahan, alat, dan cara membuatnya di bawah ini.

Cara Membuat Kapur Tulis Putih

Bahan baku:

  1. Carbonas Natricus
  2. Plaster of Paris
  3. Air bersih


Peralatan:

  1. Timbangan dengan kemampuan maksimal 1.000gr
  2. Gelas ukur (maatglas) ukuran 1.000cc
  3. Baskom/panci ukuran sedang
  4. Pipa cetakan


Resep/formula:

  1. 400gr Carbonas Natricus sebanyak
  2. 600gr Plaster of Paris sebanyak
  3. 1.000cc Air bersih sebanyak


Proses produksi:

  1. Siapkan panci/baskom, masukkan 400gr Carbonas Natricus dan 600gr Plaster of Paris. Kemudian diaduk sampai tercampur dengan rata.
  2. Tuangkan 1.000cc air bersih lalu diaduk-aduk sampai berubah menjadi seperti bubur tepung.
  3. Siapkanlah pipa-pipa cetakan lalu masukkan adonan tersebut ke dalam pipa tersebut, diamkanlah selama tiga sampai empat hari untuk menghasilkan kapur yang kering dan padat.
  4. Kemas kapur tulis ke dalam kotak-kotak karton.

Post a Comment for "Cara Membuat Kapur Tulis Putih"