Memperbaiki Sendiri Kabel Mesin Cuci yang Putus Oleh Gigitan Tikus

Kali ini Admin akan berbagi pengalaman tentang cara menyambung kabel warna yang ada pada mesin cuci dua tabung. Sebelumnya, saat akan memakai mesin cuci dua tabung milik Admin ternyata saat memutar tombol/knop "Washing"... pemutar cucian yang ada pada tabung pencuci tidak berputar.mesin cuci

Kemudian, Admin mencoba memutar tombol pemeras cucian yakni tombol "Spin". Namun ternyata tabung mesin pengering juga tidak berputar. Kemudian diperiksa kabel yang menghubungkan mesin cuci dengan stopkontak ... dan ternyata kabel tersebut baik-baik saja, tidak terdapat kerusakan baik itu putus atau terbakar.

Untuk mengetahui lebih lanjut kerusakan yang terjadi dibongkarlah mesin cuci tersebut, berikut ini langkah-langkah Memperbaiki Sendiri Kabel Mesi Cuci yang Putus Oleh Gigitan Tikus (Tonton Video lengkapnya di bawah artikel):


1. Membuka tutup belakang Mesin Cuci.

Memperbaiki Sendiri Kabel Mesi Cuci yang Putus Oleh Gigitan Tikus

Pertama-tama lepaskan seluruh baud yang ada pada bagian penutup ini, lalu lepaskan dari badan mesin cuci. Saat tutup belakang dibuka dan memeriksa perkabelan yang ada di dalamnya, diketahui bahwa empat buah kabel yang berwarna oranye, merah, putih dan biru putus. diperkirakan putusnya oleh gigitan gigi tikus, ini terlihat dari bentuk potongan yang tidak teratur. Kabel yang putus ini terhubung ke bagian panel atas yakni tombol spin dan tombil washing.

2. Melepaskan tali pengait tombol drain

Memperbaiki Sendiri Kabel Mesi Cuci yang Putus Oleh Gigitan Tikus

Melepas pengait yang mengubungkan tombol drain dan katup/klep pembuangan sangatlah penting, karena bila pengait tetap pada tempatnya maka tutup panel atas akan susah terbuka karena tertahan oleh tali yang terhubung ke pengait.

3. Membuka tutup panel atas

Memperbaiki Sendiri Kabel Mesi Cuci yang Putus Oleh Gigitan Tikus

Setelah pengait drain terlepas, lepaskan dua buah baud yang ada di bagian belakang tutup panel atas menggunakan obeng plus. Setelah kedua baut terlepas, cungkil dengan obeng min di bagian sambungan antara panel atas dan badan mesin cuci.

4. Menarik kabel yang putus ke atas.

Memperbaiki Sendiri Kabel Mesi Cuci yang Putus Oleh Gigitan Tikus

Untuk memudahkan penyambungan maka tarik kabel ke atas memalui lubang yang terhubung ke panel, caranya dengan memasukkan tali atau kawat dari atas ke bawah, Lalu ikat tali ke kabel kemudian tarik ke atas.

5. Menyambung kabel

Memperbaiki Sendiri Kabel Mesi Cuci yang Putus Oleh Gigitan Tikus

Dalam menyambung kabel, ada dua cara yaitu dengan melilitkan masing masing kabel sesuai warna lalau diisolasi, atau menggunakan timah yang dipanaskan oleh solder. Kalau Admin lebih suka menggunakan timah, karena menghasilkan sambungan yang lebih kuat.

6. Memasang kembali panel dan tutup bagian belakang mesin cuci.

Ini adalah bagian terakhir, setelah kabel tersambung dan diisolasi, tahap selanjutnya adalah menutup panel dan tutup belakang mesin cuci. Jangan lupa untuk mengujinya dengan menyalakan mesin cuci.

Demikianlah pengalaman Admin tentang cara menyambung kabel warna yang ada pada mesin cuci dua tabung, selamat mencoba...

Video terkait Memperbaiki Sendiri Kabel Mesi Cuci yang Putus Oleh Gigitan Tikus:

Post a Comment for "Memperbaiki Sendiri Kabel Mesin Cuci yang Putus Oleh Gigitan Tikus"