Cara Pasang Mangkok Listrik Tembok/Inbow Lebih Dari Satu

Beberapa hari yang lalu blog ini menerima komentar di salah satu pengunjung, isinya tentang bagaimana trik/cara mudah memasang Mangkok Listrik 1, 2, 3, 4 biar segaris lurus. Katanya, Tukang bangunan di tempat dia pasangnya naik turun gak karuan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, admin perlu penjelasan yang lengkap dengan membuat artikel ini, selamat menyimak.
Inbow artinya adalah stop kontak dan saklar dipasang dengan kondisi "tertanam" di dinding / tembok rumah
Karena judulnya "Cara Pasang Inbow/Mangkok Listrik Tembok Lebih Dari Satu" maka yang akan dibahas adalah cara pemasangan Mangkok Listrik yang terbuat dari plastik hitam dan pipa PVC/peralon listrik di tembok tanpa instalasi listriknya. Sementara untuk pemasangan kabel instalasi listriknya silahkan klik Kategori "Instalasi listrik" lalu pilih judul yang sesuai dengan kebutuhan anda. Atau silahkan klik beberapa judul di bawah ini:

Untuk pemasangan Mangkok Listrik ini diperlukan beberapa bahan dan peralatan di antaranya adalah pipa peralon, Mangkok Listrik, paku klem (diameter sesuai peralon), gergaji peralon. Setelah alat dan bahan disiapkan, silahkan tentukan titik letak Mangkok Listrik dan jumlah yang akan dipasang sesuai kebutuhan.


Aturan pemasangan Mangkok Listrik untuk saklar dan stopkontak:
Jarak inbow, tedus, saklar, stopkontak dari lantai
Jarak inbow, tedus, saklar, stopkontak dari lantai


  • Untuk saklar tinggi dari lantai ± 150 cm. 
  • Untuk stopkontak, ketinggian bisa disesuaikan dengan kebutuhan, antara 30cm-150cm dari lantai.
  • Untuk saklar, letaknya dekat dengan kusen pintu agar mudah dicapai tangan.
  • Tertanam agak dalam sehingga bagian bibir mangkok tidak melebihi permukaan tembok.
  • Untuk pemasangan satu mangkuk, posisi lubang (kecil) mangkok menghadap ke atas.
  • Untuk pemasangan beberapa mangkok maka posisi lubang (kecil) mangkok yang letaknya di pinggir miring 45° dengan jarak antar mangkok ± 10cm.
  • Tidak boleh memasang mangkok dengan posisi lubang kecil mendatar baik itu ke kiri ataupun ke kanan, karena akan mempersulit pemasangan saklar atau stopkontak. Bagian penjepit akan masuk ke lubang mangkuk sehingga saklar atau stopkontak tidak bisa menempel kuat di mangkuk.
Pemasangan Inbow yang benar
Pemasangan Inbow yang benar 

0 Response to "Cara Pasang Mangkok Listrik Tembok/Inbow Lebih Dari Satu "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.