Rahasia Cara Mudah Memperbaiki Jam Dinding Sendiri

Peralatan untuk  Memperbaiki Jam Dinding
Jam adalah sebuah unit waktu. Lama sebuah jam adalah 1/24 (satu perduapuluh empat) hari. Satu jam bisa dibagi menjadi unit waktu yang lebih kecil lagi. Satu jam terdiri dari: 60 menit - 3600 detik. Jam juga dapat berarti "benda penunjuk waktu" misalnya: Jam tangan/arloji, Jam dinding, Jam saku, Jam weker, Jam matahari, Jam atom, Jam digital, Jam analog, Jam pasir.

Namun, bagaimanakah apabila jam yang biasa kita gunakan tiba-tiba mati? tentu kita akan kebingungan karena tidak adanya penunjuk waktu. Di bawah ini akan saya uraikan bagaimana cara memperbaiki jam dinding tanpa harus dibawa ke tukang servis jam, yakni dengan memperbaikinya sendiri. Selain Artikel dan gambar, saya sertakan pula Videonya di urutan paling bawah artikel.


Peralatan yang dibutuhkan:
  • Obeng kembang/plus (+)
  • Obeng min ukuran kecil
  • Ampelas
  • Lap kering
  • Kuas kecil



Tahap-tahap perbaikan:


1. Periksa batre

Sebelumnya, coba periksa dulu batre jam dinding anda, bila mungkin cobalah ganti dengan batre peralatan lain yang masih bagus, misalnya jam pada mainan anak atau jam remote TV.
Bila diganti dengan batre yang masih bagus jam tidak mau berputar, lanjut ke tahap 2.


2. Bersihkan Konektor batre 

Untuk membersihkan konektor, anda harus melepaskan jarum jam dan mesin jam dari badan jam agar mempermudah perbaikan selanjutnya.

Cara membongkar Jarum jam dinding:
  1. Dengan menggunakan obeng plus, longgarkan seluruh skrup/baut yang menempel pada bagian belakan jam.
  2. Lepaskan bingkai depan yang menahan kaca, lalu lepaskan kacanya.
  3. Dengan menggunakan jari tangan jepit tengah-tengan jarum, cabut satu persatu jarum jam dimulai dengan jarum detik-menit-jam. 
  4. Setelah jarum terlepas, lepaskan murnya dengan memutarnya ke arah kiri.
  5. Balikkan jam, cabut mesin jam dari badan jam dengan cara mencongkel penjepit di bagian kiri dan kanan.

Cara membersihkan konektor
Konektor batre jam dinding
Bagian konektor pada MCB jam yang harus dibersihkan
Lepaskan batre, buka penutup mesin batre dengan obeng. Konektor batre yang tertutup kotoran atau jamur akan mengganggu aliran listrik dari batre ke spull (lilitan) batre yang merupakan bagian dari mesin jam sehingga mengakibatkan matinya jam dinding.
Cara membersihkan konektor jam dinding
Konektor yang terhubung ke kutub batre jam yang harus dibersihkan
Terdapat dua pasang konektor, yaitu sepesang konektor yang terhubung ke kutub batre dan satu pasang lagi yang terdapat pada MCB. Pastikan dua pasang konektor ini bersih dari kotoran dengan cara digosok perlahan dengan ampelas halus. Bila setelah dibersihkan, ternyata jam masih belum berputar, periksa roda gigi.


3. Periksa roda gigi
cara memperbaiki roda gigi jam dinding
Pada bagian dalam mesin jam terdapat roda-roda gigi kecil yang terbuat dari plastik. periksa apakah pada tempatnya atau tertutup mdebu/kotoran. bersihkan roda gigi dengan lap kering atau kuas kecil.

Pasangkan penutup mesin batre, pasang juga batrenya. coba dengarkan apakah ada suara berdetak, bila perlu bpasangkan detik , bila detiknya merputar berbarti mesin jam sudah betul. Pasang kembali seluruh komponen jam dinding seperti semula.


4. Ganti Mesin
Mesin jam dinding
Apabila seluruh cara di atas telah dilakukan namun jam dinding anda tidak dapat berputar juga, sebaiknya ganti mesinnya. Anda dapat membeli mesin jam baik di toko-toko kesayangan anda ataupun toko online. Harga Mesin jam dinding saat ini sangatlah murah, anda dapat membelinya dengan harga sekitar Rp. 5.000,- s/d Rp. 10.000,-.

3 Responses to "Rahasia Cara Mudah Memperbaiki Jam Dinding Sendiri"

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.