Aksesori Loom Band Ternyata Pemicu Kangker

Loom Band
Aksesori Loom Band Ternyata memiliki sifat karsinogen dan bisa menyebabkan kanker, namun demikian sejumlah orangtua bangga melihat anaknya mampu merangkai karet warna warni (rubber band) menjadi sebuah loom band yang terlihat menawan bila dikenakan.

Akhir-akhir ini aksesori ini begitu poluler di kalangan anak-anak usia 5 sampai 12 tahun, usia di mana seorang anak duduk di bangku TK sampai SMP. Dalam mengerjakannya, kerajinan tangan ini menuntut seorang anak untuk lebih kreatif, dan sabar.

Orang tua yang mendapati anaknya menghasilkan rangkaian kerajinan tangan tersebut dengajn bangga memamerkannya di situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Path.

Meski Loom Band nampak indah di mata, namun tersimpan sesuatu yang menakutkan. Hasil tes yang dilakukan oleh British Assay Office untuk melihat kemurnian kandungannya, ditemukan bahwa seluruh produk loom band berisikan zat kimia berbahaya.

Juru bicara dari British Assay Office mengatakan, dalam pengujian itu menunjukkan adanya pemakaian phthalates yang melebihi batas wajar untuk digunakan di dalam produk kerajinan semacam loom band ini.

"Phthalates memiliki sifat karsinogen dan bisa menyebabkan kanker," kata juru bicara Assay Office seperti dikutip Mirror, Senin (1/9/2014)

Ia juga mengatakan bahwa Phthalates dapat bermigrasi dari plastik ke dalam tubuh jika mereka terkena air liur dan keringat. Bila itu dibiarkan terus menerus, berdampak pada terjadinya kanker.

Phthalates adalah ester dari asam flatat (atau asam benzene-1,2-dikarboksilat). Umumnya digunakan sebagai plasticzer untuk membuat semua plastik lebih fleksibel dan lebih mudah diproses. Dan paling banyak dicampurkan ke dalam berbagai produk kosmetik, jok mobil dan motor, cat, lem, dan tentunya mainan plastik anak-anak. [Sumber: Health Liputan6.com]

0 Response to "Aksesori Loom Band Ternyata Pemicu Kangker"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.