TIPS MENGHILANGKAN BERBAGAI NODA PAKAIAN YANG MEMBANDEL

Masalah yang sering muncul pada pakaian adalah noda yang sulit sekali hilang sehingga noda tersebut mengakibatkan hilangnya keindahan pakaian yang dipakai, tak jarang pula noda-noda tersebut mengakibatkan rusaknya serat pada kain, untuk mengantisipasi noda pada pakaian harus diperhatikan cara penanganannya agar noda tersebut mudah untuk dihilangkan seperti yang akan diterangkan di bawah ini:
  1. Bersihkanlah noda sesegera mungkin begitu pakaian terkena noda karena noda yang terlalu lama menyerap ke serat kain dan melewati proses pencucian hingga pengeringan akan sukar sekali untuk dihilangkan.
  2. letakkanlah kain kering diatas noda agar cairan noda dapat terserap.
  3. Pakailah zat penghilang noda pakaian dengan cara dioleskan tepat di atas noda lalu ditekan-tekan sambil dibilas dengan air bersih.
  4. Lakukanlah penekanan dari mulai sisi terluar noda dan bergerak terus ke arah tengah, hal ini dimaksudkan untuk mencegah terbentuknya lingkaran noda. 

Terdapat banyak jenis noda yang biasanya mengenai pakaian, berikut ini cara menghilangkan noda pada pakaian menurut jenis zat penodanya:

Tinta, tetesi noda tinta dengan menggunakan Aseton yaitu bahan pembersih kuteks, setelah itu dikucek dan dicuci dengan air panas yang suhunya disesuaikan dengan jenis kain, kemudian bilaslah dengan air seperti biasa.

Jus buah, Untuk noda yang baru rendamlah pakaian menggunakan air mendidih dan dibiarkan untuk beberapa saat lalu dicuci seperti biasa. Untuk noda yang sudah lama rendamlah pakaian dengan air dingin lalu gosokkan deterjen ke atas noda  dan dicuci seperti biasa.

Kopi, Bersihkan noda kopi dengan spons lembut dan direndam dalam air dingin, buatlah larutan yang terdiri dari dua sendok makan boraks dan dua cangkir air hangat kemudian rendam bagian pakaian yang terkena noda kopi dengan larutan tersebut, setelah larutan meresap ke dalam serat kain maka bilas dan cucilah seperti biasa.

Cat minyak, keringkan noda cat menggunakan kertas yang dapat menghisap cat, siapkan campuran terpentin atau tinner dengan air kemudian digosokkan ke bagian kain yang terkena noda, noda cat akan hilang selama bahan kain bukan dari bahan yang mudah luntur.

Cat air, Untuk noda yang masih baru keringkanlah menggunakan kertas yang dapat menghisap cairan misalnya kertas tisu, teteskan sedikit air di atas noda kemudian oleskan sedikit deterjen cair menggunakan kain bersih. Untuk noda yang sudah lama oleskanlah pembersih cat tepat di atas noda, biasanya dengan berjalannya waktu noda akan memudar sedikit demi sedikit, pada saat seperti itu noda akan mudah sekali terlepas dari serat kain maka keriklah noda secara perlahan sampai bersih untuk kemudian dapat dicuci seperrti biasa.

Teh, Untuk pakaian yang berwarna putih tuangkan air mendidih di atas noda lalu dibilas dengan air hangat, selanjutnya gunakanlah pemutih untuk selanjutnya pakaian dapat dicuci dan dibilas seperti  biasa. Untuk pakaian yang berwarna basahi noda dengan larutan yang terdiri dari boraks dan dua cangkir air lalu disikat sampai bersih, bilaslah dengan air bersih dan cucilah seperti biasa.

Darah, rendamlah dengan air dingin yang sudah dicampur dua cangkir garam kemudian dibilas lalu cuci sekali lagi menggunakan pemutih pakaian.

Gosong  terkena setrika panas, gosokkan detergen cair di atas noda, cucilah pakaian menggunakan air panas bersama dengan pemutih atau Hidrogen Peroksida( H2 O2), hidrogen peroksida adalah zat kimia yang baunya sangat menyengat maka hindarilah mengirup secara langsung dalam jangka waktu lama.

Karat, rendamlah menggunakan larutan yang terdiri dari perasan lemon dan garam, selanjutnya dicuci seperti biasa.

Coklat, Gunakan spon dan air dingin untuk membersihkannya. tambahkan dua sendok makan boraks ke dalam dua cangkir air hangat, oleskan cairan tersebut di atas noda dengan spon lalu cuci dan bilaslah seperti biasa.

1 Response to "TIPS MENGHILANGKAN BERBAGAI NODA PAKAIAN YANG MEMBANDEL"

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.