12 June 2013

CARA MERANGKAI SAKLAR TUKAR

Saklar tukar atau banyak orang menyebutnya dengan nama: saklar hotel, saklar lorong, saklar tangga, adalah sebuah rangkaian instalasi listrik dengan prinsip "Kontrol satu atau beberapa lampu oleh dua saklar", Maksudnya adalah kita dapat menghidupkan dan mematikan lampu dengan dua buah saklar secara mandiri, misalnya kita memasang sebuah lampu di sebuah daerah tangga, lalu kita memasang dua buah saklar untuk lampu itu dengan posisi satu saklar diletakkan di bawah tangga sedangkan satu saklar lagi diletakkan di atas tangga, saat kita sedang berada di bawah lalu menyalakan lampu dengan saklar yang berada di bawah kemudian kita berjalan naik ke atas tangga maka untuk mematikannya tidak perlu turun ke bawah tangga lagi tetapi cukup mematikannya dengan menggunakan saklar yang berada di atas tangga. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

Peralatan: 
  • tang kombinasi
  • obeng min dan plus
  • palu
  • pisau cutter
Bahan-bahan:
  • Kabel listrik         ........Panjang disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Isolasi khusus listrik......................................................1 buah
  • Saklar tukar ................................................................2 buah
  • Fitting lampu................................................................1 buah
  • lampu .........................................................................1 buah

Gambar Rangkaian saklar tukar, saklar hotel, saklar lorong.


Cara merangkai:
  1. Sambungkan kabel pada terminal induk saklar1 kemudian disambungkan ke terminal induk saklar2 
  2. sambungkan salah satu terminal pada saklar1  ke salah satu terminal saklar2 kemudian hubungkan ke kabel positif jalur utama instalasi listrik di rumah.
  3. Pasang kabel pada Terminal saklar1 yang lainnya lalu disambungkan ke terminal saklar 2 yang lain kemudian  hubungkan ke salah satu terminal pada fitting lampu. 
  4. sambungkan terminal fitting lampu yang lain ke kabel negatip jalur utama instalasi listrik di rumah.

Demikianlah posting Saya kali ini tentang cara merangkai saklar tukar, semoga dapat bermanfaat bagi anda, bila ada yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom komentar.

Artikel terkait:

4 komentar:

  1. mantap gan..sangat membantu,,,itu kalo pake lampu TL sma aja kan gan??

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. silahkan kunjungi halaman ini: http://taufiqsabirin.wordpress.com/2009/12/27/kontrol-satu-lampu-dengan-tiga-saklar-tunggal/comment-page-1/

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.