08 February 2013

TIPS MERAWAT RUMAH AGAR BERSIH DAN NYAMAN

Alangkah senangnya bila rumah yang kita tinggali selalu dalam keadaan bersih, rapih, dan sehat. kedaan seperti itu dapat kita wujudkan dengan perawatan yang kita lakukan secara terus menerus tanpa rasa bosan, tetapi kadang-kadang kendala yang ada dapat membuat hal itu sulit untuk dilakukan karena keterbatasan waktu, tenaga dan uang, dan anak-anak seringkali menjadi alasan mengapa rumah kita sering sekali berantakan dan kotor.

Namun kita sebagai penghuni rumah tidak harus pasrah dengan keadaan seperti itu, dengan manajemen pembersihan dan perawatan yang efektif dan efisien mungkin semua masalah itu dapat teratasi. Kegiatan yang umum dilakukan dalam perawatan rumah mencakup: pembersihan, penataan perabotan, dan menjaga fungsi perabotan.

dalam pelaksanaan kegiatan perawatan rumah sebaiknya menjadi tanggung jawab semua penghuni rumah, meskipun ada pembantu di rumah maka sang pemilik rumah harus tetap mengawasi keadaan rumahnya agar tetap terawat, seorang ibu juga bukanlah satu-satunya yang harus bertanggung jawab dalam urusan kebersihan rumahnya meskipun urusan rumah kebanyakan dilakukan oleh kaum ibu.

Dalam memilih perabotan hendaknya dilihat dari beberapa segi misalnya apakah suatu perabotan yang akan kita beli mudah perawatannya atau sesuai dengan ruangan yang akan ditempatinya atau tidak, karena ada sebagian perabotajn tertentu yang sulit merawatnya sehingga akan mengurangi keindahan rumah kita.

Buatlah jadwal kebersihan di rumah dalam sebulan dan dilakukan oleh seluruh anggota keluarga, hal ini mungkin saja menjadi sarana yang menarik untuk menjaga keharmonisan diantara seluruh anggota keluarga dan sarana rekreasi sederhana yang mungkin belum pernah anda lakukan sebelumnya.

Setelah anda menata dengan baik seluruh perabotan, membuat juadwal kebersihan maka saatnya menuju tahap-tahapan pembersihan dan perawatan, ada beberapa jenis kegiatan yang dapat dilakukan oleh kita di rumah seperti: menyikat, mengelap, mengepel, menyapu.

Menyikat
Menyikat di sini adalah kegiatan membersihkan lantai dari kotoran yang tidak hilang saat disapu atau dipel, Sikatlah bagian yang kotor pada lantai dengan menggunakan air karena air adalah salah satu bahan yang dapat meresap ke dalam kotoran agar mudah terlepas. Area yang kotor biasanya terjadi pada lantai teras karena letaknya di luar yang rentan terhadap terpaan debu dan kotoran dari sendal atau sepatu. Sebelum menyikat teras pindahkanlah pot-pot, kursi-kursi yang ada di teras kemudian sapulah lantai kemudian basahi dengan air untuk kemudian dapat disikat dan dibilas dengan air, bila perlu dikeringkan menggunakan lap kering.

Mengelap
Mengelap adlah membersihkan debu yang menempel pada perabotan rumah, alat yang digunakan adalah kain lap yang mempunyai daya serap, gunakanlah kain kering dan basah untuk melakukan proses pengelapan. Lap kering digunakan untuk membersihkan debu yang tidak melekat seperti pada meja, kursi, lemari, alat elektronik, dan lain-lain. Sedangkan lap basah digunakan untuk membersihkan kotoran yang melekat seperti pada perabotan dapur. Khusus untuk membersihkan kaca atau cermin gunakanlah lap basah dan kering secara bersamaan, diawali dengan menggunakan lap basah dulu untuk membersihkan kotoran yang melekat kemudian gunakan lap kering untuk menghindari noda yang tersisa. Lakukan kegiatan mengelap dengan berurutan misalnya diawali dari ruang tamu dan berakhir di ruang dapur. saat mengelap sebuah perabotan lakukanlah dari belakang ke depan atau dari atas ke bawah agar semua debu dapat hilang dan tidak menumpuk pada satu bagian saja, untuk mengelap meja atau laci singkirkanlah dulu barang barang yang ada di atasnya untuk mempermudah pengelapan.

Mengepel 
Mengepel adalah kegiatan yang dilakukan sepelah menyapu, peralatan yang diperlukan adalah kain pel, ember berisi air, cairan pel,. Untuk rumah yang tidak terlalu luas kegiatan ini dapat dilakukan langsung menggunakan tangan, hasilnyapun terasa lebih bersih karena daya tekan tangan yang kuat tetapi akan terasa melelahkan karena badan yang selalu berjongkok. Di pasaran banyak sekali jenis cairan untuk mengepel, pilihlah cairang yang mempunyai banyak kelebihan diantaranya dapat mengusir kuman/anti septik dan memiliki wangi yang harum. Bersihkanlah seluruh peralatan menepel setelah dipakai, cucilah kain pel dan embernya lalu keringkan.

Menyapu
Menyapu adalah membersihkan kotoran kering di lantai, kegiatan inilah yang umum dilakukan setiap hari, untuk menyapu lantai gunakanlah sapu yang terbuat dari bahan ijuk, plastik, atau rami, sedangkan untuk halaman gunakanlah sapu dari bahan lidi. untuk meringankan pekerjaan gunakanlah sapu yang bergagang panjang sehingga kita tidak perlu membunggkuk saat menggunakannya. Bersihkanlah seluruh tempat terutama tempat tersembunyi seoperti daerah di bawah meja dan kursi, geserlah perabotan untuk dapat menyapu secara maksimal. lakukanlah kegiatan menyapu diawali dari dalam ruangan menuju pintu ke luar ruangan. Untuk merawat sapu agar awet letakkanlah sapu secara tergantung di dinding agar bagian sapu untuk menyapu tidak terlepas dari anyamannya.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic