03 January 2013

CARA MEMPERBAIKI STOP KONTAK LISTRIK

Stopkontak tembok
Keluhan, Penyebab, dan Cara memperbaiki stop kontak :

1. Keluhan: steker yang dihubungkan ke stop kontak mudah goyang dan terlepas sendiri sehingga aliran listrik labil (dalam kondisi antara terhubung dan tidak terhubung).
Penyebab: plat yang berfungsi menjepit jari steker yang terdapat di dalam stop kontak dalam kedaan renggang melebihi diameter jari steker.
Cara memperbaiki: matikan skelar MCB,mulailah membuka sekrup stop kontak, jepitlah(gunakan tang buaya/tang monyong)masing-masing plat yang berfungsi menjepit jari steker agar diameternya mengecil,usahakan diameter lubang plat tidak terlalu kecil karena bila terlalu kecil akan menyulitkan jari steker yang masuk, untuk memastikannya cobalah masukkan steker ke lubang stopkontak.z

2. Keluhan: lubang stop kontak bewarna hitam dan meleleh seperti bekas terbakar.
Penyebab: akibat longgarnya steker(poin 1) yang masuk ke stopkontak sehingga terjadi ngefong yang mengakibatan panasna di area tersetbut.
Cara memperbaiki: bila stop kontak masih layak untuk dipakai maka Cara untuk memperbaikinya sama seperti poin 1, pasanglah kabel grounding/arde pada stop kontak untuk menetralisir percikan api.

3. Keluhan: stop kontak tidak dapat mengalirkan listrik ke steker.
Penyebab: kabel terlepas dari terminal stop kontak atau ada jalur kabel yang putus dari stop kontak menuju kabel utama instalasi listrik.
Cara memperbaiki: mulailah memperbaiki dengan cara seperti pada poin 1, lalu periksa dan sambungkan kabel yang seharusnya terhubung dengan terminal yang ada di dalam stop kontak, periksa dan sambungkan jalur listrik dari stop kontak menuju jalur utama instalasi listrik di rumah.


Cara memasang kabel grounding/arde pada stop kontak

Di bagian belakang stop kontak terdapa tiga buah terminal yang terdiri dari:

1. dua buah terminal(berupa sekrup untuk mengencangkan kabel) yang terhubung dengan plat yang berfungsi menjepit jari steker yag masuk ke lubang stop kontak. Masing-Masing terminal ini harus dihubungkan ke kabel positip/pasa (basanya berwarna hitam) dan kabel negatip/netral (biasanya berwarna biru) jalur utama instalasi listrik.

2. Satu terminal terdapat di tengah-tengah antara terminal yang terhubung dengan kabel positip/pasa dan kabel negatip/netral,terminal ini nantinya harus dihubungkan ke kabel gruonding/arde yang umumnya berwarna kuning. Bila ditelusuri maka terminal ini akan berhubungan dengan dua buah plat kecil yang terletak di depan kedua sisi kiri dan kanan stop kontak, kedua plat ini berfungsi untuk menahan steker agar tidak terlepas dari stop kontak selain itu kedua plat ini nantinya kan bersentuhan dengan plat yang sama yang terdapat pada steker/colokan. Penggunaan grounding/arde pada stop kontak sangat dianjurkan untuk menetraliir listrik yang ada pada badan alat elektronik terutama yang berdaya/watt besar seperti lemari es, komputer, dan mesin cuci.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.