Penyebab Mesin Pompa Tidak Mengalirkan Air

Pompa air listrik adalah cara mengalirkan air dari bawah ke atas, bisa dari sumur ke penampungan atau dari penampungan (tandon air) ke penampungan lain (toren). Saat air mengalir dengan normal maka kita dapat menikmati kegiatan sehari-hari dengan lancar, seperti mandi, cuci, siram tanaman dan lain-lain.

Namun dengan seiring berjalannya waktu, kadang-kadang pompa listrik tidak bekerja dengan semestinya. Misalnya Mesin menyala tapi air tidak naik, Air mengalir tapi sedikit-sedikit atau lambat, mesin pompa harus selalu dipancing setiap dinyalakan, mesin pompa air mati total. Beberapa penyebab dari tidak normanya aliran air pada mesin pompa adalah sebagai berikut:

macam-macam pompa air listrik

Lubang pada paralon

Salah satui penyebab tidak naiknya air ke mesin adalah akibat sambungan pipa paralon (yang bertugas menyedot air dari sumur menuju mesin) mengalami kebocoran. Perlu diketahui bahwa tidak boleh ada lubang sekecil apapun pada tiap sambungan ini, karena akan menyebabkan tidak naiknya air.

Biasanya kebocoran yang terjadi pada sambungan paralon adalah disebabkan saat proses pengeleman. pengeleman yang baik adalah, setelah kedua permukaan sambungan diolesi lem, langsung disambung tanpa diputar.

Selain itu bisa juga, kedua paralon yang baru disambung mengalami pergerakan atau berubah posisi.


Klep Rusak

Tesen Klep tidak bisa menahan air yang ada di dalam paralon, sehingga ketika mesin dimatikan, air kembali ke dalam sumur sehingga ir di dalam paralon kosong.


Otomatis

Bila anda menggunakan otomatis pompa air, sebaiknya diperiksa juga bagian ini. Diperlukan pemasangan dan pengaturan yang pas agar switch bekerja dengan baik. (Baca juga: "Cara Memasang Saklar Otomatis Pompa Air Listrik")


Kabel

Periksa jalur perkabelan yang menyuplai mesin pompa apakah pemasangannya sudah benar. (Baca juga: "Cara Memasang Kabel Sakelar Otomatis Pompa Air Listrik ")


Mesin rusak

Hal bisa saja terjadi bila mesin air berputar terus menerus dalam jangka waktu lama sehingga lilitan/spull motor memanas mengakibatkan terbakarnya lilitan.

Post a Comment for "Penyebab Mesin Pompa Tidak Mengalirkan Air"